Bulutangkismania's Weblog

September 16, 2012

Results Semifinal Round China Masters SS 2012 : Dua Gelar Ganda Milik China

Sang tuan rumah berpeluang besar untuk menyapu bersih gelar di sektor ganda dimana dua diantaranya sudah berada dalam genggaman setelah terjadi partai final antara sesama pemain China. Satu-satunya ganda non China yang tersisa adalah duet Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (1) yang melenggang dengan menundukkan pasangan Thailand.

 

Berharap mampu mengulang kesuksesannya di babak delapan besar yang lalu, Goh Liu Ying justru harus menalan pil pahit dengan kekalahan di dua nomor. Tampil perdana bersama Lim Yin Loo di sektor ganda putri, kedua putri negeri jiran ini tidak mambu membendung agresi yang senantiasa dilancarkan oleh duet China, Bao Yixin/Zhong Qianxin (1). Tak siap dengan pola permainan menyerang ganda China, Goh/Lim harus menelan kekalahan telak 1-21.

 

Pada gim kedua, tandem Malaysia sudah mulai mampu beradaptasi dengan permainan pasangan China. Beberapa kesalahan beruntun yang dilakukan oleh Zhong juga mempermudah ganda Malaysia untuk ‘leading’ 5-2, 8-5 dan 11-7. Namun usai jeda interval dan mendapatkan masukan dari sang pelatih, duo China berhasil memperbaiki kesalahannya dan menerapkan pola permainan yang sama seperti pada gim pertama. Sepuluh poin beruntun yang dikoleksi oleh Bao/Zhong membuat mereka kembali unggul 17-11 sekaligus merupakan titik balik untuk membukukan kemenangan 21-14.

 

Senasib dengan pasangan Malaysia adalah wakil negeri sakura, Shizuka Matsuo/Mami Naito (3). Menghadapi pasangan beda generasi yang baru di duetkan, Cheng Shu/Luo Yu (5), keduanya dipaksa menyerah 16-21, 13-21 setelah melewati permainan adu reli yang cukup melelahkan. Hasil ini sekaligus memastikan gelar sektor ganda putri menjadi milik sang negeri tirai bambu.

 

Bersama dengan Chan Peng Soon di sektor campuran, Goh Liu Ying juga belum mampu mengubah keberuntungan meskipun tampil lebih padu saat menjejal unggulan teratas, Xu Chen/Ma Jin. Unggul jauh 18-13 di gim pertama, Chan/Goh gagal bermain tenang dan menutup set ini dengan sempurna di poin-poin kritis sehingga berbalik tertinggal 18-21.

 

Tak mau mengulang kesalahan yang sama pada gim kedua, Chan/Goh yang unggul 17-9 akhirnya tampil lebih sabar sehingga sukses mendapatkan momentum untuk rubber gim, 21-15.

 

Pengalaman sebagai pasangan senior China membuat Xu/Ma berhasil keluar dari tekanan dan menyajikan permainan terbaiknya pada gim ketiga. Tak hanya unggul dari sisi serangan, penempatan bola-bola akurat dari Xu/Ma juga membuat keduanya tak tersentuh, 7-2, 12-5 dan 15-8. Duet China juga berhasil meminimalisir kesalahan sendiri seperti yang banyak terjadi pada gim kedua. Sebaliknya, Chan/Goh justru kian tampil di bawah tekanan hingga tertinggal jauh 9-19 sebelum menyerah 11-21.

 

China kembali memastikan gelar di sektor ini setelah pada laga sebelumnya duet Qiu Zihan/Tang Jinhua sukses membuat kejutan dengan menumbangkan kampiun Indonesia Open SS Premier 2012, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam (2). Dalam laga berdurasi 74 menit tersebut, Qiu/Tang memetik kemenangan 21-16, 19-21, 21-17.

 

Sementara itu di sektor ganda putra, duo Zhang Nan/Chai Biao kembali menuai kesuksesan sekaligus menyambung keberhasilan mereka yang sempat terputus sejak terpisah di tahun 2010. Menghadapi kompatiot mereka, Hong Wei/Shen Ye (2), Zhang/Chai hanya membutuhkan laga dua gim 21-13, 23-21 untuk memastikan tiket ke partai puncak.

 

Ujian selanjutnya yang akan dihadapi oleh Zhang/Chai di laga pamungkas adalah unggulan teratas, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa. Duet Jepang ini sukses melaju ke babak final dengan menundukkan bintang Thailand, Maneepong Jongjit/Bodin Issara (4). Kedua pasangan yang sama-sama memiliki keunggulan dalam hal kecepatan dan kekuatan harus berjibaku dalam laga 3 gim selama 55 menit. Menang 21-18 di gim pertama, Hiroyuki/Kenichi tidak mampu mempertahankan dominasinya di gim kedua. Setelah senantiasa tertinggal, keduanya akhirnya menyerah 19-21. Laga sengit ini kemudian dituntaskan pada gim ketiga ketiga ganda Jepang yang memiliki pertahanan lebih baik kembali memegang kontrol atas permainan dan unggul 21-11 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: