Bulutangkismania's Weblog

September 20, 2012

Results 1st Round Japan Open SS 2012 : Unggulan Tunggal Bertumbangan

Empat pemain tunggal yang menempati deretan unggulan dipaksa harus mengangkat koper lebih dini setelah gagal melewati lawan-lawannya. Sementara itu hubungan yang memanas antara Bejing dan Tokyo akibat sengketa teritorial menyebakan 22 pemain China yang sedianya dijadwalkan bertanding menarik diri dari turnamen ini.

 

Tunggal Denmark, Jan O Jorgensen (6) membuka kejutan di sektor putra setelah gagal melewati hadangan pemain kualifikasi tuan rumah, Kazuma Sakai. Sakai yang tampil agresif dihadapan pendukungnya sendiri bersaing ketat dan mampu mengimbangi permainan taktis yang deparagakan Jorgensen. Dalam pertandingan berdurasi 40 menit tersebut, Jorgensen harus menyerah 22-24, 16-21. Hasil ini memperpanjang catatan buruk tunggal kedua Denmark berperingkat 11 dunia tersebut setelah pada pekan lalu juga tersingkir di babak pertama turnamen China Masters SS 2012.

 

Kejutan lainnya dan terbesar di babak pertama adalah takluknya pebulutangkis senior nomor satu Eropa, Peter Gade yang menempati unggulan ke-2 di turnamen ini. Menghadapi runner turnamen China Masters SS 2012 pekan lalu, Hu Yun, Gade yang tidak tampil dengan permainan terbaiknya sempat memberikan perlawanan ketat di paruh akhir gim kedua sebelum mencatat kekalahan 11-21, 20-22.

 

“Tentu saja saya ingin melakukan yang terbaik namun sama mengalamai cedera pergelangan tangan beberapa minggu yang lalu. Hari ini saya tidak tampil lepas, sakitnya masih terasa,” ungkap Gade yang baru saja melepas plester pembalut pergelangan tangannya jumat lalu ini.

 

“Saya membawa serta keluarga saya kesini dan berharap bisa menikmati hari-hari indah bersama mereka. Hu mampu mencapai final China Masters SS 2012 pekan lalu, jika saya mampu bermain normal pertandingan tadi pasti akan ketat,” lanjut Gade yang mengaku bahwa kemenangan di tahun 1999 pada turnamen ini adalah memori terbaiknya di Tokyo.

 

Pebulutangkis yang juga harus tersingkir dini adalah andalan tuan rumah, Kenichi Tago (5). Setelah kalah mengejutkan atas tunggal Srilangka Niluka Karunaratne pada babak penyisihan Olimpiade London 2012, hasil buruk kembali dialami oleh Tago pada babak pertama turnamen China Masters SS 2012 pekan lalu dengan dikandaskan wakil India, Ajay Jayaram. Kali ini, giliran pemain Malaysia, Chong Wei Feng yang menghempas Tago melalui laga rubber game, 8-21, 21-16, 21-17.

 

Merah putih sendiri mengirimkan tiga wakil tunggalnya di turnamen ini. Taufik Hidayat (7) yang mengisyaratkan akan gantung raket paska turnamen Indonesia Open SS 2013 mendatang melaju ke babak 16 besar dengan menundukkan tunggal India, Kashyap Parupalli, 21-18, 21-18. Kemenangan Taufik juga diikuti wakil Indonesia lainnya, Simon Santoso (3) dengan menaklukkan Hsu Jen Hao asal Taiwan, 21-15, 21-11.

 

Taufik dijadwalkan akan bertemu dengan tunggal kualifikasi tuan rumah, Akira Koga yang secara mengejutkan melumpuhkan wakil Denmark, Hans Kristian Vittinghus, 13-21, 21-15, 21-13 sedangkan Simon akan menantang tunggal Thaialnd, Tanongsak Saensomboonsuk setelah peringkat 56 dunia tersebut mengalhakan pebulutangkis Hongkong, Chan Yan Kit, 21-17, 12-21, 21-15. Sayangnya apabila Taufik dan Simon mampu melaju ke babak delapan besar, keduanya akan saling berjibaku memperebutkan tiket semifinal.

 

Langkah Taufik dan Simon tidak mampu diikuti oleh wakil merah putih lainnya, Sony Dwi Kuncoro. Sony yang sempat melaju hingga babak perempatfinal Singapore Open SS 2012 yang lalu, harus mengakui ketangguhan tunggal Thailand, Boonsak Ponsana setelah berseteru selama 66 menit, 21-14, 17-21, 18-21.

 

Mitani Taklukkan Gu Juan

 

Para pemain muda Jepang, India dan Thailand yang sempat menjadi sorotan pada turnamen China Masters SS 2012 yang lalu kembali unjuk gigi di turnamen ini dan salah satunya sukses membuat kejutan di laga perdannya.  Menghadapi unggulan ke-7 asal Singapura, Gu Juan, Minatsu Mitani tanpa kesulitan menyusdahi perlawanan Gu, 21-16, 21-17.

 

Selain Mitani, andalan tuan rumah lainnya yaitu Ai Goto (8), Nozomi Okuhara, dan sang senior Eriko Hirose juga ikut meloloskan diri ke babak kedua. Sementara itu tunggal India Sindhu yang menjadi sorotan pada turnamen pekan lalu mengalahkan wakil tuan rumah, Kaori Imabeppu, setelah melewati laga selama hampir 1 jam, 21-18, 17-21, 21-13.

 

Tak mau kalah dengan eksistensi para pemain muda tuan rumah, deretan duta sang negeri gajah putih, Ratchanok Inthanon (3), Porntip Buranaprasertsuk (6), Sapsiree Taerattanachai, Busanan Ongbumrungpan, dan tambahan satu pemain kuda hitam lainnya, Nichaon Jindapon juga siap untuk bertanding dan membuat kejutan di turnamen ini. Kelima pemain muda Thailand ini berhasil mengalahkan lawan-lawannya untuk memastikan tiket 16 besar (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: