Bulutangkismania's Weblog

September 21, 2012

Results 2nd Round Japan Open SS 2012 : Kejutan Terbesar YoNdra

Indonesia berhasil meloloskan dua dari tiga wakilnya ke babak delapan besar turnamen Japan Open SS 2012. Bahkan satu diantaranya menciptakan kejutan terbesar dengan mendepak unggulan teratas. Tak hanya di sektor putra, di ranah putri pun kejutan justru di bukukan oleh ganda tuan rumah terhadap kompatriotnya yang lebih diunggulkan.

 

Setelah sempat beberapa kali berganti pasangan dan mengenyam atmosfer pertandingan dan kehidupan di Eropa khususnya Jerman, pemain spesialis ganda Indonesia Yonathan Suryatama Dasuki akhirnya memantapkan pasangannya bersama Hendra AG sejak turnamen Indonesia Open SS Premier 2012 yang lalu. Meskipun pada awal persandingan mereka, keduanya sempat tumbang di babak-babak awal Indonesia Open SS Premier 2012 dan Singapore Open SS 2012, YoNdra (Yonathan/Hendra) berhasil memetik kemenangan manis perdana mereka pada turnamen Indonesia International Challleng 2012 yang lalu dengan menjadi runner up.

 

Kali ini YoNdra kembali membuat kejutan terbesar dalam karir bulutangkis mereka dengan menekuk unggulan teratas sekaligus peraih perak Olimpiade London 2012, Mathias Boe/Carsten Mogensen. Bersaing ketat sejak awal gim pertama hingga kedudukan 13-13, YoNdra akhirnya menyerah 16-21 ketika gagal mengimbangi serangan agresif yang dilancarkan oleh tandem Denmark.

 

Namun memasuki gim kedua, YoNdra mampu tampil lebih padu dan beberapa kali menciptakan peluang meskipun tidak sepenuhnya tercipta dari serangan smash-smash. Tak tersentuh, YoNdra terus meluncur 8-0, 14-7 dan memaksakan rubber, 21-13.

 

Momentum kemenangan YoNdra terbuka lebar saat duo merah putih ini mampu merebut 10 poin beruntun di gim ketiga yang membuat mereka berbalik memimpin 14-8. Meskipun Mathias/Carsten sempat memperkecil selisih poin 16-17, namun permainan di depan net yang dipadi dengan kesolidan serangan membuat YoNdra menutup gim ketiga lebih dulu, 21-19. Hasil ini memperetemukan YoNdra dengan ganda muda tuan rumah, Hiroyuki/Ryota yang kembali tampil agresif dengan menundukkan wakil Singapura, Ashton/Derek, 21-12, 21-15.

 

Langkah YoNdra sayangnya gagal diikuti oleh wakil Indonesia lainnya, Alvent/Kido (VerDo) yang menghadapi unggulan tuan rumah, Hiroyuki/Kenichi (3). Sempat tampil agresif dan tak terbendung di gim pertama dengan menuai kemenangan 21-17, VerDo tidak mampu mengimbangi permaianan taktis yang dilancarkan tandem Jepang di gim kedua. Keduanya akhirnya menyerah, 15-21, 9-21.

 

Satu-satunya andalan merah putih di sektor campuran, Rijal/Liliyana (RiLyn) harus berpeluh 3 gim untuk menaklukkan wakil Taiwan, Lu Chia Bin/Shuai Pei Ling. Tampil perkasa 21-12 di gim pertama, RiLyn justru balik tertinggal dan tidak mampu mengembangkan serangan di gim kedua. Pertarungan yang sebagian besar menyajikan adu smash antara kedua pasangan berhasil dimenangkan oleh Lu/Shuai, 21-11 pada gim kedua. Beruntung RiLyn kembali pada pola terbaiknya di gim ketiga. Tidak hanya unggul dari serangan, keduanya juga tampil sempurna di depan net. Memimpin jauh 10-3 dan 15-7, RiLyn memastikan kemenangannya, 21-11.

 

Sektor ganda campuran merupakan yang paling banyak terjadinya kejutan tumbangnya para unggulan. Empat pasangan sudah harus tersingkir dini sebelum memasuki laga perempatfinal. Duet Shoji Sato/Shizuka Matsuo (3) takluk atas wakil Denmark, Andres Kristiansen/Julie Houmann, 18-21, 21-16, 16-21. Andalan Taiwan, Chen Hung Ling yang menggandeng pasangan baru, Wu Ti Jung (8) juga menyerah atas Kang Ji Wook/Jang Ye Na, 20-22, 18-21.

 

Dua unggulan asal Thailand, Maneepong Jongjit/Savitree Amitrapai (4) dan Songphon Anugritawayon/Kunchala Voravichitchaikul (6) juga tak mampu berbuat banyak saat menantang lawan-lawannya dan takluk 2 gim langsung. Maneepong/Savitree dihempaskan Tan Wee Kiong/Ng Hui Lin, 12-21, 15-21 sedangkan Songphon/Kunchala menyerah dari Kenichi Hayakawa/Misaki Matsumoto, 16-21, 14-21.

 

Kalah Tetap Fair

 

Duel fair antara senior-junior akhirnya terjadi di sektor ganda putri yang diperagakan oleh wakil tuan rumah. Seolah-olah ingin membuka mata dunia terhadap beberapa kasus yang melanda BWF dalam beberapa turnamen terakhir, persaingan antara uanggulan teratas, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa dan juniornya, Yonemoto Koharu/Yuriko Miki.

 

Dalam laga 68 menit tersebut, Yonemoto/Yuriko secara dramatis merebut 7 poin beruntun di saat-saat kritis gim pertama yang membuat posisi berbalik unggul 20-18. Meskipun sempat nyaris tersusul, ganda peringkat 52 dunia tersebut tak mau menyia-nyiakan kesempatan emas dengan menutup gim ini lebih dulu, 21-19

 

Gim kedua sepenuhnya didominasi oleh Fuji/Reika. Tak hanya solid dalam hal serangan, keduanya juga jeli dalam menempatkan pengembalian bola di sudut tak terjangkau. Setelah tertinggal 14-21 di gim kedua, Yonemoto/Yuriko bangkit dengan lebih agresif dan pertanahan yang solid pada gim ketiga. Unggul 3-1 sejak awal gim, keduanya berada di atas angina dan senantiasa memimpin perolehan poin hingga kedudukan 14-9 dan 17-12.

Permainan di depan net yang baik dari ganda ke-6 Jepang ini membuat mereka tak tersentuh hingga 21-17. Di laga perempatfinal, keduanya akan menantang unggulan ke-7 asal Hongkong, Poon Lok Yan/Tse Ying Tsuet. Poon/Tse menyingkirkan tandem sakura lainnya, Aya Ohari/Akane Yamaguchi, 18-21, 21-13,2 21-8.

 

Langkah Yonemoto/Yuriko sayangnya tidak diikuti wakil Jepang lainnya, Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi (5). Menantang ganda Korea Selatan, Choi Hye In/Kim So Young,  Misaki/Ayaka harus takluk, 16-21, 14-21. Kemenangan ini sekaligus memastikan langkah Choi/Kim ke semifinal karena mundurnya sang lawan, Naoko/Kurumi dan Bao/Zhong sejak hari pertama pertandingan ini dimulai (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: