Bulutangkismania's Weblog

September 23, 2012

Final Results Japan Open SS 2012 : Malaysia Panen Dua Gelar

Turun dengan kekuatan terbaiknya, tim negeri jiran berhasil meloloskan tiga wakilnya ke babak final dimana dua diantaranya sukses mengoleksi gelar. Raihan ini berbalik dari sang tuan rumah yang harus gigit jari di kandang sendiri.

 

Peraih dua kali perak Olimpiade Lee Chong Wei (1) sebenarnya masih belum dapat sepenuhnya melupakan kekalahan menyesakkan atas Lin Dan yang dialaminya di laga pamungkas Olimpiade London 2012 yang lalu. Menghadapi wakil Thailand, Boonsak Ponsana, Chong Wei sempat kesulitan dengan hembuasan angin di gim pertama. Memberikan beberapa poin gratis kepada Boonsak, Chong Wei akhirnya tertinggal 10-13 setelah sebelumnya memimpin 8-4.

 

Sang tunggal peringkat dua dunia tersebut kembali mampu mempercepat tempo sehingga berbalik mengungguli Boonsak, 16-14. Namun Boonsak tak mau menyerah mudah dan terus menempel ketat perolehan poin Chong Wei hingga kedudukan 17-17. Konsistensi permainan cepat Chong Wei menutup gim pertama lebih dulu 21-18.

 

Skenario gim kedua kurang lebih berjalan sama seperti pada set sebelumnya. Chong Wei unggul lebih dulu 10-6 namun Boonsak kembali berbalik unggul 11-10 dari bola-bola defensifnya yang tidak mampu dikembalikan dengan sempurna. Reli-reli panjang yang tersaji antara kedua pemain sempat membuat para penonton Yoyogi Gymnasium berdecak kagum. Sang peraih runner up Singapore Open SS 2012 tidak menyerah dengan mudah namun pada akhirnya kematangan Chong Wei berhasil memenangkan duel tersebut sekaligus membukan gelar Japan Open SS ketiganya.

 

“Chong Wei seorang pemain top dunia, sehingga saya bermain hati-hati di setiap reli. Grip raket saya sampai basah sehingga sulit untuk mengontrol bola,” ujar Boonsak usai pertandingan.

 

“Kondisi saya sebenarnya belum pulih benar. Saya masih trauma dengan kekalahan saya di Olimpiade London 2012 dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk berlatih keras. Saya terlalu fokus untuk menggunakan pukulan sesuai tehnik sehingga banyak membuat kesalahan. Namun saya sangat senang bisa mendapatkan gelar ini di depan sponsor saya, Yonex,” papar Chong Wei panjang lebar.

 

Gelar Perdana Tzu Ying

 

Di sektor tunggal putri, tumpuan publik tuan rumah Eriko Hirose berjalan tidak sesuai dengan harapan. Mengahadapi wakil Taiwan, Tai Tzu Ying (5), Eriko mampu memanfaatkan beberapa kesalahan sendiri dari tunggal Taiwan tersebut dengan mengantongi kemenangan telak 21-9 di gim pertama. Namun Tzu Ying berhasil memperbaiki kelemahannya dan memercepat tempo permainan yang membuatnya berbalik unggul 21-9.

 

Tzu Ying kembali menjalankan pola yang sama pada gim ketiga. Meskipun Eriko berusaha untuk bermain defensif, Tzu Ying tak terbendung untuk memastikan gelar Super Series perdananya di tahun ini, 21-14. Perbandingan permainan Tzu Ying dan Eriko terlihat jelas di gim kedua dan ketiga.

 

Tidak hanya unggul dari sisi pukulan yang kompleks (overhead, netting, drop shot dan backhand), Tzu Ying yang sepintas mengingatkan kita pada gaya permainan mantan pebulutangkis Indonesia, Mia Audina ini juga dominan dalam hal kekuatan dan penempatan bola. Sebaliknya, Eriko justru tampil monoton dengan lob dan netting.

 

“Saya tidak dapat bergerak bebas dan mengimbangi kecepatannya,” ujar Eriko usai pertandingan.

 

Sementara itu Tzu Ying mengaku sempat tidak percaya diri menghadapi pebulutangkis senior Jepang tersebut, “Saya tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup baik menghadapi Eriko karena saya kalah dalam dua pertandingan terakhir sebelum Olimpiade.”

 

“Turnamen ini adalah yang pertama setelah Olimpiade dan artinya merupakan langkah awal menuju Olimpiade Brazil 2016. Saya membuat permulaan yang sangat baik,” lanjutnya kemudian (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: