Bulutangkismania's Weblog

Oktober 25, 2012

Results 1st Round French Open SS 2012 : Sepuluh Ganda Meloloskan Diri

Diantara tiga belas wakil Indonesia yang berlaga di babak perdana turnamen French Super Series 2012, sepuluh pasangan berhasil melenggang ke babak enam belas dimana tiga diantaranya sukses membuat kejutan. Duet Ahsan/Hendra (ANdra) di luar dugaan mampu menundukkan unggulan teratas, Mathias/Carsten dalam laga dua gim.

 

Duet anyar Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ToLyn) yang diunggulkan di tempat ke-4 menjadi pembuka kesuksesan sektor ganda merah putih di babak pertama turnamen French Open SS 2012 yang berhadiah total USD 200,000 ini. Menghadai wakil terbaik tuan rumah berperingkat 41 dunia, Bapstiste Careme/Audrey Fontaine, ToLyn memetik kemenangan 21-15, 21-17 dalam laga berdurasi 29 menit.

 

Langkah ToLyn juga diikuti oleh unggulan asal Indonesia lainnya, Muhammad Rijal/Debby Susanto (RiBby). Menempati unggulan ke-6, RiBby sukses memetik kemenangan atas ganda kualifikasi asal Korea Selatan, Kim Ki Jung/Kim So Young. Unggul jauh dari sisi serangan dan permainan strategi di depan net, RiBby tanpe kesulitan menyudahi perlawanan duo Kim ini, 21-12, 21-9.

 

Keberhasilan ToLyn dan RiBby sayangnya tidak diikuti oleh tiga wakil lainnya, Markis Kido/Pia Zebadiah (MarPi), Indra Viki/Gustiana Megawati (InNa), dan Riky Widianto/Puspita Richi (RiRi). MarPi yang langsung dihadapkan dengan unggulan teratas, Xu Chen/Ma Jin, sempat memberikan perlawanan ketat di gim pertam dan membuntuti perolehan poin wakil China hingga kedudukan 15-15. Namun serangan Xu/Ma yang lebih dominanan membuat mereka mampu menyudahi gim pertama lebih dulu, 21-18.

 

Pada set kedua, kedua pasangan lebih banyak mengandalkan penempatan bola dan permainan drive-drive cepat di depan net. Meskipun tidak seketat di gim pertama, MarPi beberapa kali sempat terlihat mampu mengimbangi kesolidan Xu/Ma. Beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan oleh Xu/Ma juga menguntungkan MarPi untuk mengoleksi poin demi poin. Namun seperti pada gim pertama, set kedua kembali menjadi milik Xu/Ma setelah keduanya berhasil mempertahankan keunggulan dari titik 12-7 hingga kedudukan 21-16.

 

“Mereka kuat sekali. Saya masih belum begitu mengerti pola bermain campuran. Masih sering salah,” ujar Kido seperti dikutip dari Antara.

 

Duet lainnya, InNa juga harus menghadapi ganda senior Eropa asal Jerman, Michael Fuchs/Birgit Michels. Kalah dari sisi pengalaman dan strategi permainana, InNa harus menyerah, 11-21, 9-21. Sementara itu duet peraih gelar Osaka International Challenge 2012, RiRi juga harus mengakui ketangguhan sang senior Vita Marissa yang kali ini menggandeng pasangan barunya asal Skotlandia, Robert Blair. Dalam pertarungan berdurasi 33 menit, RiRi menyerah, 22-24, 15-21.

 

Sementara itu satu-satunya kejutan yang terjadi di sektor campuran diciptakan oleh duo China, Jiaming Tao/Tang Jinhua yang menghempas wakil negeri jiran semifinalis Denmark Open SS Premier 2012 yang lalu, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (5) dua gim langsung, 21-17, 21-17.

 

Meskipun gagal di sektor campuran, Goh Liu Ying yang menggandeng Lim Yin Loo membuat kesuksesan besar di nomor putri. Menghadapi unggulan ke-4 asal Korea Selatan, Eom Hye Won/Jang Ye Na, Hog/Lim menuai kemenangan 21-12, 21-15.

 

Indonesia sendiri berhasil meloloskan keempat pasangan srikandinya ke babak 16 besar. Duet Tiara Rosalia/Gebby Ristiyani (TiBby) berhasil menaklukkan wakil Thailand, Savitree Amitrapai/Sapsiree Taerattanachai, 21-17, 12-21, 21-13 sedangkan Suci Rizky/Dela Destiara (SuDel) mengalahkan tandem Thailand lainnya, Duanganong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchaikul (8), 21-9, 16-21, 21-12.

 

Meskipun sempat menelan kekalahan di gim pertama, 21-23 setelah sebelumnya tetringgal dan nyaris mengejar, duet Anneke Feinya/Nitya Krisindha (AnNya) yang harus berdapatasi lebih dulu menghadapi wakil Jerman, Johanna Goliszewski/Birgit Michels, pasangan srikandi Indonesia ini akhirnya mampue merebut tiket babak kedua dengan memenangi duel di dua gim berikutnya, 21-13, 21-13. Namun di laga selanjutnya, dibutuhkan kerja keras AnNya saat menantang unggulan ke-2 asal China, Bao Yixin/Zhong Qianxin.

 

Pasangan peraih mahkota Chinese Taipei Open GP Gold 2012 yang lalu, Pia Zebadiah/Rizky Amelia (PiaRi) juga ikut melenggang ke babak kedua usai menghentikan perlawanan ganda Swedia, Emelie Lennartsson/Emma Wengberg, 21-16, 22-20. Sempat tertinggal 15-19 di poin kritis gim kedua, Emelie/Emma di luar dugaan mampu menyamakan kedudukan dan berbalik unggul 20-19. Namun beruntung PiaRi mampu tenang dan akhirnya menamatkan gim ini lebih dulu.

 

Dua unggulan lainnya di sektor ganda putri yang ikut terjungkal adalah wakil Singapura, Yao Lei/Shinta Mulia Sari (6) dan tandem Hongkong, Pon Lok Yan/Tse Ying Suet (7). Yao/Shinta dilangkahi oleh pasangan China, Cheng Shu/Luo Yu, 12-21, 8-21 sedangkan Pon/Tse menyerah kepada wakil Korea Selatan, Choi Hye In/Kim So Young, 21-9, 21-15.

 

Ahsan/Hendra Buat Kejutan

 

Menantang peraih perak Olimpiade London 2012, Mathias Boe/Carsten Mogensen (1), andalan merah putih Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ANdra) berhasil membuat kejutan dan melenggang ke babak kedua. Kemenangan juga ditorehkan oleh Yonathan Suryatama/Hendra Aprida (YoNdra) saat menghadapi unggulan ke-3 asal Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa.

 

Dalam tempo kurang dari 30 menit, duet yang pekan lalu terhenti langkahnya di babak semifinal Denmark Open SS Premier 2012 dari sang kampiun, Yoo Yon Seong/Shin Baek Cheol ini berhasil mengubur ganda nomor satu Eropa, Mathias Boe/Carsten Mogensen. Bermain dalam tempo cepat dengan bola-bola drive di depan net dan minim kesalahan sendiri, ANdra langsung mendominasi gim pertama dan unggul jauh 10-4. Meskipun Mathias/Carsten sempat mencoba untuk menekan dengan smash-smash dan penempatan bolanya, kesolidan duo merah putih senantiasa mampu menyajikan pertahanan yang sempurna dan berbalik menyerang pasangan Denmark.

 

Memimpin jauh dengan 13-5 dan 19-10, ANdra sempat kehilangan fokus permainan dan beberapa kali kalah dalam duel di depan net. Mathias/Carsten mampu meraup 5 angka beruntun sebelum kemudian ditamatkan oleh ANdra, 21-16.

 

Memasuki gim kedua, Mathias/Carsten sempat menaikkan tempo permainan dan beberapa kali sukses tampil menekan. Namun beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan oleh duet Denmark menjadi keuntungan bagi pasangan Indonesia untuk memimpin perolehan poin dan akhirnya memenangkan pertandingan. Unggul 5 angka, 13-5, menjadi momentum awal bagi ANdra untuk kembali menutup gim kedua, 21-15.

 

Kejutan juga diciptakan oleh duet Yonathan Suryatama/Hendra Aprida (YoNdra) ketika menantang andalan Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (3). Unggul dari segi serangan dan mendominasi paruh akhir gim pertama dan kedua, YoNdra menyudahi perlawanan tandem Jepang dua gim langsung, 21-15, 21-16.

 

Dua wakil merah putih lainnya yang ikut melaju adalah pasangan Ryan Agung/Angga Pratama (RyNgga) dan Afiat Yuris/Bona Septano (AfNa). RyNgga memetik kemenangan atas Ronan Labar/Mathias Quere asal Perancis, 21-10, 21-13 sedangkan AfNa membutuhkan laga tiga gim berdurasi 56 menit sebelum mnaklukkan ganda kualifikasi asal Denmark, Rasmus Bonde/Mads Conrad, 21-17, 13-21, 21-17.

 

Selain Mathias/Carsten dan Hiroyuki/Kenichi, andalan China, Liu Xiaolong/Qiu Zihan(8). Menantang wakil Korea Selatan yang baru disandingkan, Lee Yong Dae/Ko Sung Hyun, Liu/Qiu harus menyerah, 19-21, 8-21 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: