Bulutangkismania's Weblog

Oktober 28, 2012

Results Semifinal Round French Open SS 2012 : China Pastikan Satu Gelar

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 9:43 am
Tags: , , , , ,

Meskipun sang negeri tirai bambu tidak dalam performa terbaiknya di beberapa turnamen terakhir namun konsistensi para pemainnya saat menyentuh partai puncak senantiasa membuat China minimal menggondol satu gelar dari setiap turnamen Super Series yang mereka ikuti. Kali ini gelar itu dipersembahkan oleh sektor campuran dengan meloloskan dua wakilnya ke laga pamungkas.

 

Duet unggulan teratas, Xu Chen/Ma Jin kembali mengulang prestasinya pada pekan lalu dan melenggang ke babak final usai menghentikan wakil Eropa, Chris Adcock/Imogen Bankier (7) dalam laga dua gim. Tampil menekan dengan bloking dan bola-bola cegatan di depan net membuat Xu/Ma senentiasa unggul dalam perolehan poin. Meskipun di gim pertama kedua pasangan banyak melakukan kesalahan sendiri, kesolidan Xu/Ma mampu memimpin perolehan poin 11-7 saat jeda interval. Chris/Imogen sempapt memperkecil selisih poin dan mengejar ketertinggalan mereka 14-16 namun Xu/Ma tidak memberik kesempatan kepada keduanya untuk mengembangkan permainan dan menutup gim pertama, 21-14.

 

Pertarungan berlangsung lebih alot dan imbang di gim kedua. Beberapa kesalahan Xu/Ma di depan net serta serobotan bola-bola pendek Imogen di depan net membuat kolaborasi Inggris-Skotlandia ini unggul 11-8 saat jeda interval. Beberapa tekanan yang diberikan oleh Xu/Ma membuat kesalahan beruntun yang dilakukan oleh Chris Adcock saat mengembalikan bola. Xu/Ma kembali memimpin 16-14, namun penempatan bola yang sempurna dari Chris/Imogen di area tak terduga sempat membuat pengembalian tanggung pasangan China dan diselesaikan dengan sempurna oleh Chris/Imogen sehingga menyamakan kedudukan di angka 16.

 

Adu drive bol-bola cepat di depan net yang dimenangkan oleh Xu/Ma dan serobotan Imogen yang tak diduga mampu dikembalikan oleh Ma Jin kembali membuat tandem China unggul 19-16. Meskipun wakil Eropa sempat menambah dua angka dari pengembalian Xu Chen yang melebar dan netting Ma Jin yang tidak sempurna sebelum Xu/Ma meraih match point dari penempatan bola Ma Jin di area baseline. ‘Bad Call’ yang dialami Ma Jin ketika servisnya dianggap terlalu tinggi tidak mampu membendung ganda China untuk menutup gim ini 21-19 dari smash Xu Chen yang gagal dikembalikan dengan sempurna oleh Chris.

 

Pada lapangan yang berbeda duo China lainnya, Qiu Zihan/Bao Yixin sukses membalas kekalahan rekan senegaranya, Zhang Nan/Zhao Yunlei (2) atas duet Korea Selatan, Shin Baek Cheol/Eom Hye Won. Unggul dengan serangan smash-smash kerasnya, Qiu/Bao memetik kemenangan mudah 21-13 di gim pertama. Duet China kembali mendominasi jalannya set kedua namun saat memasuki paruh akhir gim, Shin/Eom mampu bangkit dan nyaris menciptakan peluang rubber gim ketika berhasil memperekecil selisih poin dari kedudukan 12-19 menjadi 19-20. Namun keberutnungan yang lebih berpihak kepada Qiu/Bao membuat pasangan China yang tampil lebih tenang mampu menamatkan set ini lebih dulu, 21-19.

 

Hasil ini memastikan gelar sektor campuran berhasil diamankan oleh China. Peluang untuk meraih satu gelar tambahan juga masih terbuka di sektor ganda putri setelah kampiun Denmark Open SS Premier 2012, Ma Jing/Tang Jinhua kembali memetik kemenangan atas kompatriot mereka, Bao Yixin/Zhong Qianxin (2) dalam laga tiga gim. Bertanding lebih dari satu jam, duel antara srikandi China tersebut akhirnya dimenangkan Bao/Zhong, 18-21, 21-15, 21-9.

 

Di laga pamungkas hari minggu besok, Ma/Tang akan menantang unggulan teratas, Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl yang merampas tiket final dari duo Jepang, Shizuka Matsuo/Mami Naito (3). Pertadingan antara kedua pasangan ini berlangsung cukup seru dan alot khususnya pada gim pertama dimana kedua pasangan berusaha untuk saling menyerang setelah beberapa kali melakukan reli. Meskipun ganda Denmark unggul dari sisi serangan dan smash yang keras akurasi yang baik dari Shizuka/Mami terutama menjelang poin-poin kritis gim pertama membuat ganda Jepang mampu membalikkan keadaan setelah tertinggal 16-19.

 

Beberapa bola tanggung dan kesalahan sendiri yang dialkukan Chistinna setelah duel reli yang cukup panjang membuat Shizuka/Mami meraih game point lebih dulu 20-19. Kamilla yang unggul dengan smash-smash kerasnya mampu menyamakan kedudukan di angka 20 dan berbalik unggul 21-20 ketika cegatan Shizuka gagal melewati net. Penempatan bola yang akurat dari Shizuka kembali menyamakan kedudukan kedua pasangan di angka 21 dan smash keras Kamilla membuat Denmark meraih kesempatan game point kedua, 22-21.

 

Christinna yang tidak tampil tenang dan gagal menyeberangkan bola membuat level kedua pasangan kembali sama di angka 22. Kesalahan servis yang dilakukan Mami dan bola tanggung yang diselesaikan dengan smash keras Kamilla memastikan keunggulan Denmark, 24-22 untuk merebut gim pertama.

 

Permainan agresif Kamilla kembali menjadi kunci kemenangan tandem Denmark di set kedua. Meskipun beberapa cegatan bola Shizuka/Mami mampu menghasilkan poin namun beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan oleh pasangan Jepang membuat mereka tertinggal 6-11 pada jeda interval hingga kedudukan 19-13. Mencoba untuk tampil lebih agresif dan mempercepat tempo permainan, Shizuka/Mami mampu memperkecil selisih poin menjadi 18-20 yang beberapa diantaranya juga disebabkan pengembalian tak sempurna dari Christinna namun smash beruntun Kamilla yang menghantam pertahanan Shizuka/Mami memastikan kemenangan duet Denmark, 21-18.

 

Ko/Lee Songsong Gelar Perdana

 

Berhasil mengantongi kemenangan atas duo Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong (2) menjadi modal besar bagi tandem baru Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Lee Yong Dae. Duet yang dipasangkan menyusul pensiunnya pemain senior Jung Jae Sung ini diharapkan mampu menjadi tulang punggung sang negeri ginseng di turnamen internasional.

 

Menghadapi rekan seneraganya sekaligus junior mereka, Kim Ki Jung/Kim Sa Rang, duo Ko/Lee tampil matang dengan serangan dan bola-bola cepat di depan net. Meskipun duo Kim lebih solid dan sempat unggul dalam perolehan poin, pertempuran kedua pasangan berlangsung imbang dan saling mengejar dengan selisih 1-2 poin hingga kedudukan 16-14. Lima poin beruntun yang dikoleksi Ko/Lee memastikan kemenangan mereka, 21-14.

 

Ko/Lee kembali mendominasi gim kedua meskipun mampu ditempel ketat oleh Sa Rang/Ki Jung. Saling menyerang dan menurunkan bola serta penempatan di depan net diperagakan oleh kedua pasangan. Penempatan yang akurat membuat pengembalian yang tidak sempurna dan akhirnya menguntungkan pasangan lain. Ko/Lee sempat unggul 13-9 namun mampu disusul oleh duo Kim di angka 19 dan berbalik unggul 20-19. Namun Ko/Lee yang bermain lebih sabar sukses menutup gim ini dengan 3 angka beruntun, 22-20.

 

Ko/Lee akan menghadapi ganda muda Thailand, Maneepong Jongjit/Bodin Issara (7) yang berhasil membenamkan duo China, Hong Wei/Shen Ye (5). Duet peraih mahkota India Open SS 2012 ini mampu meungguli Hong/Shen dari sisi serangan dan drive-drive cepat di depan net namun beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan Maneepong/Bodin membuat pasangan China mampu balik mengembangkan serangan dan menempel ketat perolehan poin. Beberapa kesalahan Hong/Shen dan tekanan yang dialukan oleh Maneepong /Bodin di paruh akhir gim pertama membuat mereka mampu meraih 4 poin beruntun dan menamatkan set ini, 21-17.

 

Maneepong/Bodin berhasil meminimalisir kesalahan sendiri dan tampil lebih solid di gim kedua. Sebaliknya, Hong/Shen justru tidak mampu mempertahankan ritme pertandingan mereka dan beberapa kali melakukan unforced error saat mengembalikan bola di depan net. Kesalahan beruntun tersebut akhirnya memaku pasangan China di angka 11 dan serangan bertubi dari Maneepong/Bodin membuat ganda Thailand tak terbendung untuk memastikan tempat mereka di babak final, 21-11 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: