Bulutangkismania's Weblog

November 25, 2012

Results Semifinal Round Hong Kong Open SS 2012 : Tommy Terjungkal

Menghadapi peringkat dua dunia yang saat ini menjadi tunggal nomor satu China, Chen Long (2), andalan Indonesia Tommy Sugiarto sempat memberikan perlawanan ketat di gim pertama. Sementara itu di sektor putri, Juliane Schenk (5) gagal mengulangi pretasinya seperti pada pekan lalu di turnamen China Open SS Premier 2012 ketika menghadapi unggulan teratas, Wang Yihan.

 

Sempat tartinggal 6-12 di paruh awal gim pertama, satu-satunya andalan merah putih yang tersisa di turnamen ini, Tommy Sugiarto mampu bangkit dan memberikan perlawanan dengan serangan smash-smashnya dan olahan bola di depan net saat menghadapi peraih medali perunggu Olimpiade London 2012, Chen Long. Tommy bahkan sempat memimpin 15-14 dan terus berjibaku hingga kedudukan poin-poin kritis 17-17. Beberapa pukulan atraktif yang diperagakan Tommy sempat mendapatkan apresiasi dari para penonton. Meskipun memiliki catatan dua kekalahan dari pertemuan sebelumnya, Tommy mampu tampil lepas dengan permainannya dan mengimbangi perolehan poin Chen Long. Sayangnya di kedudukan 18-19, beberapa bola lambung yang di kembalikan Tommy di selesaikan dengan baik oleh Chen Long dengan senjata pamungkasnya, overhead silang. Chen Long pun sukses membukukan kemenangan 21-18.

 

Beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan Tommy  menyebabkan bola keluar dan gagal melewati net membuat pertandingan menjadi tidak menarik dan seketat gim pertama. Chen Long yang tetap konsisten dengan serangannya gagal diantisipasi oleh Tommy sehingga membuatnya tak terbendung dan memimpin perolehan poin dari 12-5 hingga 19-9. Penampilan antiklimaks Tommy memudahkan Chen Long untuk menamatkan gim ini, 21-10.

 

“Saat kedudukan 18-19, saya melakukan kesalahan dengan memberikan bola yang memang ‘makanannya’ dia. Pada poin-poin kritis, Long mematikan pengembalian saya dengan overhead silangnya,” papar Tommy seperti yang dilansir oleh situs resmi PB PBSI.

 

“Saya kesulitan mengontrol angin di lapangan pada gim kedua. Maksudnya ingin memberikan bola netral, tapi tiap saya angkat bola malah selalu out. Saya tidak puas dengan penampilan di gim kedua, padahal pada gim pertama saya bisa mengimbangi permainan lawan dengan menetralkan serangan-serangannya,” lanjut Tommy kemudian.

 

Dengan demikian turnamen ini merupakan final Superseries ketiga secara beruntun sejak perhelatan Denmark Open SS Premier 2012 yang lalu dimana tidak satupun pemain Indonesia berhasil meloloskan diri ke laga pamungkas.

 

Kemenangan Chen Long atas Tommy mengantarkannya pada peraih perak Olimpiade London 2012, Lee Chong Wei yang merampas tiket partai puncak dari tunggal Jepang, Kenichi Tago (6), 21-19, 21-15. Tago sempat memberikan perlawanan ketat di gim pertama bahkan mampu unggul 18-16 dan menyamakan kedudukan di angka 19. Namun Chong Wei dengan kematangannya akhirnya berhasil menutup gim ini lebih dulu.

 

Sementara itu di sektor putri Juliane Schenk (5) yang menjadi satu-satunya wakil non China di babak semifinal gagal memenuhi ambisinya untuk mengulangi prestasinya saat menundukkan Wang Yihan (1) di laga perempatfinal China Open SS Premier 2012 yang lalu. Dalam pertarungan berdurasi 63 menit tersebut, Schenk yang menyerah mudah 8-21 di gim pertama mampu bangkit di paruh akhir set kedua dengan 4 poin beruntun setelah tertinggal 17-19 sekaligus memaksakan rubber game, 21-19. Serangan agresif Yihan dan penempatan bola tak terduganya menjadi penebus kekalahan Yihan pada pekan lalu sekaligus memastikan tiket ke babak final, 21-15.

 

Kemenangan ini mengantarkan Yihan pada final Superseries ketiganya di tahun ini untuk menantang kompatriotnya, Li Xuerui (2). Xuerui menyudahi perlawanan mantan pemain nomor satu China, Wang Lin 21-12, 21-13 hanya dalam tempo kurang dari 30 menit (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: