Bulutangkismania's Weblog

Desember 15, 2012

Results Day 3 BWF Superseries Finals 2012 : Saina, From Zero To Semifinal

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 8:30 am
Tags: , , , , ,

lMenempati peringkat terbawah klasemen grup B usai menelan dua kekalahan atas Intanon dan Tine Baun, Saina di luar dugaan mampu tampil cemerlang saat menantang unggulan ke-2, Juliane Schenk asal Jerman dan memetik kemenangan dua set langsung. Di sektor putra, Hans Kristian Vittinghus berhasil menempati posisi runner up grup B meskipun pada laga terakhir menelan kakalahan rubber game atas Daren Liew.

 

Dua kekalahan di laga sebelumnya sempat menempatkan Saina Nehwal (4) sebagai juru kunci grup B. Namun di laga pamungkas, tunggal India tersebut berhasil membuat kejutan dengan menghempas Juliane Schenk (2) yang sedianya menempati posisi runner up grup ini. Pada pertandingan berdurasi 37 menit tersebut, Saina tampil dominan dengan smash-smash kerasnya sebaliknya, Juliane justru banyak membuat kesalahan sendiri dan tak mampu keluar dari tekanan. Memimpin dengan 6-0 dan 13-5, Saina menyudahi perlawanan Juliane, 21-7.

 

Juliane mampu bangkit dan menyajikan permainan ketat di gim kedua. Tidak hanya mengandalkan serangan-serangan yang agresif dan mempercepat tempo, Juliane juga mampu menunjukkan pertahanan efektif dalam membendung permainan Saina. Saling mengejar perolehan poin berlangsung dari awal gim hingga kedudukan 16-16. Schenk sempat unggul lebih dulu 18-16 namun berhasil disamakan oleh Saina bahkan berbalik memimpin 21-18.

 

Pada pertandingan yang berbeda, Ratchanok Intanon memastikan diri sebagai juara grup B usai menuai kemenangan ketiga atas wakil Denmark, Tine Baun. Untuk ketiga kalinya di turnamen ini, Intanon meraih kemenangan straight set, 21-15, 21-14.

 

Tiga srikandi lainnya yang sama-sama membukukan 1 kemenangan akhirnya mementukan posisi runner up dengan perhitungan agregat poin. Juliane yang takluk 2 gim harus puas menempati posisi juru kunci sedangkan Saina dan Tine yang sama-sama mengantongi kekalahan rubber game berpeluang untuk melaju ke babak semifinal. Saina yang menuai kemenangan dua set atas Juliane seta kalah rubber dengan skor 14 dan 19 akhirnya berhasil menjadi runner up dengan selisih agregat 30 poin dari Tine yang harus berjuang tiga gim untuk menaklukkan Saina dan menyerah rubber game dengan poin 16 dan 8  dari Juline.

 

Dua pemain putri China, Li Xueurui (1) dan Wang Shixian (3) memastikan diri sebagai juara dan runner up grup A dengan mendepak dua pemain lainnya, Sung Ji Hyun dan Eriko Hirose. Xuerui membukukan kemenangan 21-9, 21-12 sedangkan Shixian harus berjuang tiga gim atas Eriko sebelum unggul 21-15, 8-21, 21-15.

 

Di sektor putra, Du Pengyu dan Chen Long (2) yang memetik kemenangan ketiga berhasil menjadi juara grup A dan B dan terhindar dari pertemuan dini di semifinal. Du Pengyu menyudahi perlawanan Boonsak Ponsana dengan memerah keringat, 24-22, 21-23, 21-8. Meskipun mampu mengimbangi Pengyu, Boonsak tampil tak konsisten di gim ketiga dan kehabisan stamina. Kekalahan yang diderita Boonsak atas Hu Yun (4) di laga sebelumnya membuat tunggal Thailand ini harus puas di peringkat ketiga dan tersingkir dari turnamen ini.

 

Sementara itu Chen Long kembali bermain rubber untuk menghentikan tunggal Jepang, Kenichi Tago (3) sebelum akhirnya memastikan diri sebagai juara grup B. Setelah bermain lebih dari satu jam, Chen Long berhasil unggul 21-15, 14-21, 21-15.

 

Sementara itu Hans Kristian Vittinghus meskipun menelan kekalahan rubber game atas Daren Liew, 21-17, 13-21, 14-21 unggul agregat dari Kenichi Tago dan Daren Liew. Daren Liew yang memetik kemenangan rubber game atas Vittinghus menempati posisi keempat karena Vittinghus dan Tago masing-masing mampu menang dengan straight game. Namun Vittunghus keluar sebagai runner up karena memiliki agregat yang lebih baik. Meskipun kalah, Vittinghus mampu bermain rubber atas Daren sedangkan Tago menelan kekalahan dua gim langsung atas Vittinghus.

 

Hasil ini mempertemukan Chen Long dengan Hu Yun sedangkan Vittinghus akan menantang DU Pengyu untuk memperebutkan tiket partai final (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: