Bulutangkismania's Weblog

Januari 18, 2013

Malaysia Open SS 2012 : Tiga Tunggal Tersingkir, Sony Jadi Tumpuan

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 10:26 am
Tags: , , , , , , , , ,

2013_Maybank_Malaysia_Open_bannerPaska mundurnya Taufik Hidayat di sektor tunggal putra karena cedera pinggang, Sony Dwi Kuncoro menjadi satu-satunya peluang Indonesia yang tersisa di turnamen ini. DI sektor putri, kemajuan pesat dan regenerasi para pebulutangkis negeri sakura membuat para srikandi harus gigit jari setelah dua pemain terbaik merah putih, Lindaweni Fanetri dan Adriyanti Firdasari ditekuk oleh pemain muda Jepang dua set langsung.

 

Sony Dwi Kuncoro memastikan diri ke babak delapan besar turnamen Malaysia Open SS 2012 usai mengukir kemenangan atas tunggal China, Gao Huan. Bermain dengan pola reli, Sony mendapat beberapa tekanan dari Gao Huan dengan smash-smash kerasnya. Namun pertahanan yang cukup kuat dari Sony berhasil mementalkan serangan-serangan tersebut. Beberapa kesalahan sendiri dari pengembalian Gao Huan membuat Sony unggul lebih dulu 11-7 di gim pertama. Beberapa pengembalian cepat yang coba diperagakn oleh Gao berhasil diimbangi dengan sempurna oleh Sony, bahkan beberapa kali smash Sony mampu menyusupi bidang pertahanan Gao. Sony terus memimpin hingga 19-12 sebelum menutup set pertama, 21-15.

 

Gao masih dengan pola agresif dan menyerang di set kedua namun Sony dengan sabar meladeni permainan tersebut dan tetap mencari momentum yang tepat untuk menyerang. Unggul 11-6 saat jeda interval, Sony terus menjaga momentumnya dengan smash silang dan lob serang ke area baseline. Sony terus memimpin hingga 19-11 dengan tetap bermain konsisten. Namun tunggal ke-6 China berperingkat 40 dunia tersebut tak lantas menyerah mudah. Beberapa overhead smashnya mampu menambah angka hingga 16-20. Namun Sony tetap tampil tenang dan akhirnya merebut kemenangan, 21-16.

 

“Lawan sebetulnya pemain yang bagus, tapi dia punya penempatan bola yang halus. Melawan dia harus bisa tenang dan tidak terburu-buru untuk mematikan bola,” papar Sony seperti yang ditulis oleh situs http://www.badmintonindonesia.org.

 

“Pada akhir-akhir set kedua, banyak bola tanggung dari saya yang mampu dimanfaatkan Gao, jadi agak keteteran juga, tapi untungnya bisa tetap tenang dan merebut kemenangan,’’ lanjut Sony.

 

Dengan hasil ini Sony berhak untuk melaju ke delapan besar dan berhadapan dengan tunggal Jepang, Sho Sasaki (4). Sasaki membutuhkan laga tiga gim berdurasi 56 menit untuk menumbangkan tunggal Inggris, Rajiv Ouseph, 12-21, 21-19, 21-15. Saat diatanya peluangnya menghadapi Sasaki, Sony berujar, “Dia pemain yang tidak terduga, kadang pukulannya ngawur. Tapi ngawur disini maksud saya adalah saat posisi terjepit dia malah bisa memberi pengembalian yang baik. Saya juga perlu mewaspadai smash nya yang keras.”

 

Sony menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa karena mundurnya Taufik Hidayat akibat cedera pinggang. Taufik memberikan kemenangan tanpa tanding kepada pemain tuan rumah, Daren Liew. Begitupun Lee Chong Wei (1) yang tanpa keringat mendapatkan tiket delapan besar dari Boonsak Ponsana asal Thailand.

 

“Saya sebenarnya sudah menyiapkan diri untuk menghadapi Boonsak hari ini, tapi sayang sekali dia tidak bisa bermain karena sedang sakit. Semoga ke depannya BWF dapat mempertimbangkan jeda jadwal antara turnamen sehingga setiap pemain memiliki waktu rehat yang baik,” ungkap favorit asal tuan rumah tersebut.

 

Tunggal Thailand yang membuat kejuatan di babak sebelumnya, Suppanyu Avihingsanon gagal memepertahankan kosnsistensinya saat berhadapan dengan wakil Denmark, Hans Kristian Vittinghus. Suppanyu menyerah dua gim langsung, 23-21, 21-15.

 

Di sektor putri, dua srikandi harapan merah putih sepertinya belum mampu berbuat banyak saat mengimbangi permainan tunggal Jepang. Lindaweni Fanetri yang membuat kejutan dan mencatat kemenangan di laga sebelumnya atas Eriko Hirose (8) justru tak mampu mempertahankan konsistensinya saat kembali menantang wakil Jepang lainnya, Nozomi Okuhara. Nozomi yang ditaklukkan Linda di dua pertemuan sebelumnya mampu menunjukkan permainan menyerang yang diawali dengan reli-reli panjang. Banyaknya kesalahan sendiri yang dilakukan Linda membuat Nozomi dengan mudah merebut kemenangan, 21-13, 21-13. Linda bebrapa kali terlihat kurang sabar dan kurang tahan menghadapi pukulan-pukulan pemain Jepang tersebut.

 

“Saya tak bisa menguasai keadaan, tak bisa keluar dari tekanan. Selain itu saya banyak buang poin dari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu,” komentar Linda mengenai pertandingannya.

 

Sementara itu Nozomi sendiri mengaku dua kekalahan yang dialaminya di laga sebelumnya menjadi motivasi tersebar untuk memenangkan laga ini. “Sebelumnya saya kalah dua kali dari Linda, saya tidak mau kalah tiga kali berturut-turut. Namun menurut saya Linda adalah pemain yang cukup bagus dan kuat,” papar Nozomi

 

“Target saya selanjutnya adalah masuk dalam top 24 dunia sehingga bisa lolos kualifikasi Kejuaraan Dunia 2013,” lanjutnya kemudian.

 

Adriyanti Firdasari juga tak mampu berbuat banyak saat menghadapi unggulan ke-7, Minatsu Mitani. Sempat mengimbangi permainan reli Minatsu di gim pertama dan paruh awal set kedua, Firda tak mampu berkutik di paruh akhir sehingga menyerah 19-21, 15-21. Firda yang unggul dari serangan di gim pertama sempat membalikkan keadaan 19-18 setelah sebelumnya tertinggal 12-16 namun smash Mitani ke arah badan Firda dan pengembalian Firda yang gagal melewati net membuat Firda harus menelan kekalahannya.

 

Sementara itu kejutan terbesar di sektor putri di ukir oleh tunggal Korea Selatan, Bae Yeon Ju saat menantang kompatriotnya, Sung Ji Hyun (4). Yeon Ju yang selama ini hanya mampu menjadi bayang-bayang kampiun Korea Open SS Premier 2013 tersebut tampil cemerlang dengan penempatan bola-boal tak terduganya meskipun kalah dari sisi serangan dibandingkan Ji Hyun. Dalam tempo 40 menit, Yeon Ju mengurai kemenangan, 21-17, 22-20 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: