Bulutangkismania's Weblog

Maret 16, 2013

Swiss Open GP Gold 2013 : Ancaman Tunggal Tiga Negara

swissTiga negara yang saat ini menunjukkan perkembangan signifikan di sektor tunggal putri kembali menjadi ancaman China untuk meraih gelar di turnamen ini. India, Thailand dan Jepang yang memiliki beberapa bintang pemain muda masing-masing berhasil meloloskan satu wakil ke empat besar untuk kembali menutup peluang China di turnamen ini.

 

Unggulan teratas, Saina Nehwal (1) sempat kehilangan gim pertama pada laga perdananya di turnamen ini saat menghadapi pemain Perancis, Sashina Vignes. Namun di dua laga berikutnya, Saina mampu tampil lebih konsisten dan memetik kemenangan dua gim atas lawan-lawannya. Usai menjegal wakil Bulgaria, Petya Nedelcheva di babak sebelumnya kali ini kembali Saina mengalahkan bintang asal Taiwan, Tai Tzu Ying (6) dengan skor meyakinkan, 21-11, 21-12.

 

Di babak selanjutnya, Saina akan menantang wakil China yang tersisa di turnamen ini, Wang Shixiain (4). Shixian berhasil melangkah ke empat besar usai menuai kemenangan telak atas tunggal Korea Selatan, Bae Yeon Ju, 21-7, 21-12. Yeon Ju yang di turnamen sebelumnya sempat tampil menggemparkan dengan membuat kejuatan atas unggulan teratas, Li Xuerui, kali ini justru bermain di bawah performa terbaiknya. Setelah di laga sebelumnya harus berjibaku tiga gim untuk menyingkirkan wakil Hong Kong, Chan Tsz Ka, tunggal yang harus berlaga dalam tiga turnamen beruntun ini tak mampu meladeni variasi bola-bola pengembalian Shixian dan banyak melakukan kesalahan sendiri.

 

Sementara itu laga semifinal lainnya akan mempertemukan pemain muda Thailand yang pekan lalu menjadi runner up All England Open SS Premier 2013, Ratchanok Intanon (5). Konsistensi Intanon kembali teruji di event ini usai berhasil menjungkalkan wakil Jerman, Juliane Schenk (2), 21-10, 21-10.

 

Selain India dan Thailand, para pemain Jepang pun tak kalah berprestasi dan mampu tampil cemerlang. Merangkak dari babak kualifikasi, Yu Hashimoto sebenarnya sudah menunjukkan tajinya saat menghempas pemain senior Thailand, Salakjit Ponsana. Setelah lolos dari babak kedua dengan menundukkan pemain muda India, Sindhu P.V, Yui kembali menunjukkan eksistensinya dengan mengalahkan unggulan ke-7 asal China, Jiang Yanjiao.

 

Kampiun turnamen Rusia Open GP 2012 ini mampu unggul 21-12 di gim pertama. Meskipun sempat tetringgal 2-10 di set kedua, Yui tetap bermain ulet sehingga berbalik unggul 15-14. Sayangnya Yui tidak mampu mengeksekusi beberapa poin terakhir sehingga dengan kematangannya Jiang mampu merebut gim ini, 21-17. Set ketiga kembali didominasi oleh Yui hingga kedudukan 19-16. Namun Jiang tak menyerah mudah dan mampu bangkit hingga menyentuh game point 21-20. Motivasi dan semangat juang Yui yang patut di contoh oleh para pemain muda lainnya serta mampu tampil tenang di poin-poin kritis pada akhirnya mengantarkan pemain peringkat 66 dunia tersebut kepada kemenangan 25-23.

 

Berbeda dengan sektor putri, dominasi China masih terlihat di nomor putra. Unggulan teratas, Du Pengyu berhasil tampil konsisten dan membalas performa buruknya di turnamen All England Open SS Premier 2013 yang lalu saat tersingkir dini di babak pertama. Kali ini Pengyu memastikan diri ke semifinal usai menghentikan perlawanan tunggal Denmark, Hans Kristian Vittinghus, 21-13, 21-19. Tantangan Du selanjutnya adalah tunggal Hongkong, Hu Yun (3) yang meloloskan diri dengan menundukkan wakil Jepang, Takuma Ueda (13), 23-21, 21-11.

 

Peluang China untuk menyajikan All Chinese Final juga masih terbuka setelah Wang Zhengming (11) meraih kemenangan atas Chou Tien Chen (15) asal Taiwan, 21-14, 21-15. Namun perjuangan Zhengming akan lebih berat karena sang penantang, Jan O Jorgensen (4) memiliki peringkat yang lebih baik. Jorgensen sendiri mengantongi tiket empat besar dengan mengalahkan tunggal Malaysia, Chong Wei Feng (9), 13-21, 21-14, 21-14 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: