Bulutangkismania's Weblog

Maret 18, 2013

Swiss Open GP Gold 2013 : Tiga Negara Berbagi Gelar

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 7:02 am

swissMeskipun berpeluang menyabet empat gelar di turnamen Swiss Open GP Gold 2013, sang negeri tirai bambu hanya mampu mengantongi tiga diantaranya setelah di sektor campuran China gagal membendung dominasi wakil Denmark, Joachim/Christinna (2). Korea Selatan yang sudah memastikan satu gelar, gagal menambah perolehannya usai kekalahan yang diderita unggulan teratas, Ko Sung Hyun/Lee Yong Dae (1).

 

Di sektor tunggal putra, unggulan teratas Du Pengyu gagal mengantisipasi perlawanan kompatriotnya, Wang Zhengming (11) setelah berjibaku selama 47 menit. Sempat bangkit dan berbalik unggul setelah tetringgal 7-15, Pengyu akhirnya dipaksa menyerah 18-21 di gim pertama. Mencoba untuk meningkatkan tempo serangan dan tampil menekan, Pengyu justru banyak kehilangan poin saat beberapa kali melakukan kesalahan sendiri. Meskipun mencoba untuk mengejar di poin-poin kritis, tunggal ke-2 China tersebut kembali takluk, 18-21.

 

Wang Shixian menambah raihan mahkota untuk kubu China setelah sukses menundukkan satu-satunya harapan Thailand yang tersisa di turnamen ini, Ratchanok Intanon. Antiklimaks performa Intanon yang pekan lalu menjadi runner up All England Open SS Premier 2013 menjadi keuntungan bagi Shixian untuk membukukan kemenangan 21-16, 21-12.

 

Kolaborasi baru China yang disandingkan pada turnamen German Open GP Gold 2013 yang lalu  dan mampu langsung naik ke podium tertinggi, Chai Biao/Hong Wei (6) kembali membuktikan kesolidan mereka saat menantang unggulan teratas asal Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Lee Yong Dae. Bermain dengan tempo cepat dan banyak menurunkan bola membuat peluang lebih terbuka bagi Chai/Hong untuk merebut gim pertama, 21-14.

 

Keadaan berbalik di gim kedua saat Ko/Lee mampu memvariasikan serangan mereka dan cerdik dalam menempatkan bola-bola sulit. Drive-drive cepat di depan net dan tekanan dari ssmash-smash beruntun membuat Ko/Lee unggul hingga 11-4 dan 18-13. Chai/Hong sempat memperkecil selisih angka 18-20 namun tandem Korea sukses membuka peluang mereka di set ketiga, 21-18.

 

Dominasi Ko/Lee sayangnya tidak berlanjut di gim ketiga. Chai/Hong kembali mendominasi pertandingan meskipun terus dibayang-bayangi oleh Ko/Lee hingga 13-12. Memasuki poin-poin kritis, pertahanan Ko/Lee yang mulai mengendor dimanfaatkan dengan baik oleh Chai/Hong untuk memastikan gelar ke-3 bagi China, 21-14.

 

Sang negeri panda sebenarnya berpeluang untuk menambah gelar di sektor campuran usai kemenangan besar yang diciptakan Zhang Nan/Tang Jinhua atas unggulan teratas, Tontowi/Liliyana di babak sebelumnya. Namun ambisi dan motivasi tandem Eropa asal Denmark, Joachim Fischer/Christinna Pedersen (2) yang tampil memukau di depan net membuat keduanya yang mencoba untuk terus menekan gagal merebut gim pertama, meskipun sempat menyamakan angka di titik 20 setelah sebelumnya senantiasa tertinggal.

 

Unggul 22-20 di set pertama tidak membuat langkah Joachim/Christinna menjadi lebih mulus di gim kedua. Zhang/Tang semakin memperketat permainan di depan net dan serangan smash-smash tajam. Usai berbagi di angka 10, Zhang/Tang yang sempat tetringgal 12-17 mampu nyaris mampu menyamakan kedudukan saat-saat kritis 19-20. Namun Joachim/Christinna yang tampil lebih tenang sukses menutup set ini lebih dulu dan memastikan gelar untuk Denmark, 21-19.

 

Sementara itu pertandingan sektor ganda putri yang mempertemukan sesama pemain Korea Selatan akhirnya dimenangkan oleh sang senior, Jung Kyung Eun/Kim Ha Na (3), 23-21, 21-16 atas kompatiot mereka, Lee So Hee/Shin Seung Chan (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: