Bulutangkismania's Weblog

Juni 14, 2013

Indonesia Open SS Premier 2013 : Delapan Ganda Ke Perempatfinal

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 10:02 pm

Poster Djarum Indonesia Open SS Premier 2013Indonesia berhasil menempatkan delapan wakil gandanya ke delapan besar turnamen Indonesia Open SS Premier 2013. Dua wakil di sektor putra, tiga pasangan masing-masing di nomor putri dan campuran. Tontowi/Liliyana (2) memenangkan perang saudara menghadapi Fran/Shendy sedangkan di sektor putra duo Alvent/Markis membuat kejutan dengan menjungkalkan unggulan ke-3, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong.

 

Duet Muhammad Rijal/Debby Susanto (RiBby) yang menempati unggulan ke-7 memastikan tiket pertama sektor campuran Indonesia ke babak delapan besar. Menghadapi pasangan Inggris, Chris Langridge/Heather Olver, RiBby berhasil memetik kemenangan dua gim langsung, 21-14, 21-13. Sementara itu di lapangan yang berbeda, Tontowi/Liliyana (ToLyn) membutuhkan laga 3 gim untuk menundukkan kompatriot mereka, Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati (FraNdy), 12-21, 21-12, 21-11. Tontowi sendiri mengakui pada pertandingan ini mereka tidak lantas mendapatkan kemengan dengan mudah dan sempat tertekan khususnya di gim pertama.

 

“Set pertama kami mungkin tertekan. Set kedua, kami berhasil membalikkan keadaan dan bisa enjoy. Set ketiga, kami bisa main dengan pola kami dan memenangkannya,” ujar Tontowi.

 

Meski melawan rekan sendiri, tak ada perasaan bersalah pada diri Tontowi karena permainan tetaplah permainan. “Ini kan permainan dan Indonesia juga mengutus beberapa pasangan ganda juga kan untuk turnamen ini. Jadi biasa saja,” jelasnya.

 

“Permainan kami memang belum enak. Kami masih beradaptasi dengan lapangan karena kemarin kita absen main. Dan angin di lapangan cukup mengganggu. Tahun lalu tidak sebesar ini anginnya,” lanjut Tontowi kemudian.

 

“Kami akan mengeluarkan  kemampuan terbaik kami untuk besok. Belajar dari tahun lalu, kami percaya diri untuk tahun ini bisa jadi juara,” pungkasnya.

 

Kemenangan RiBby dan ToLyn juga diikuti oleh wakil lainnya, Riky Widianto/Richi Puspita Dili. Menantang ganda Rusia, Vladimir Ivanov/Anastasia Chervaykova, duo ‘R’ mampu memetik kemenangan dua gim langsung, 23-21, 21-18. Lawan Riky/Richi di babak selanjutnya adalah unggulan ke-3 asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Duo ‘Z’ berhasil menundukkan kolaborasi Korea Selatan, Shin Baek Choel/Jang Ye Na, 21-14, 21-12.

“Pada pertemuan terakhir di Hongkong Open kami kalah, jadi besok mau balas kekalahan. Pada pertemuan sebelumnya cukup ketat di game pertama, tapi di game kedua permainan kami sudah terbaca. Kami akan evaluasi kekalahan sebelumnya,” ujar Richi.

 

Hingga babak enam belas besar selesai dilaksanakan, belum ada satupun wakil unggulan yang kalah dini di babak-babak awal. Satu-satunya kejutan adalah mundurnya pasangan Thailand sekaligus juara bertahan, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam (6) karena cedera.

 

Alvent/Markis Buat Kejutan

 

Di sektor ganda putra, kejutan besar dipersembahkan oleh wakil non pelatnas, Alvent Yulianto/Markis Kido (AlMa). AlMa berhasil menyingkirkan ganda nomor satu Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong (3) dua gim langsung. Sementara itu juara All England Open SS Premier 2013, Liu Xiaolong/Qiu Zihan (7) harus mundur dari pertandingan karena cedera. Sementara itu di sektor putri, merah putih sukses meloloskan tiga wakilnya ke delapan besar.

 

Setelah pada laga babak pertama kita dikejutkan dengan tumbangnya unggulan teratas, Mathias Boe/Carsten Mogensen dari wakil Rusia, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov. Kekalahan Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (4) atas duo Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (SanDra) juga menambah daftar para pemain unggulan yang harus tersingkir dini.

 

Menghadapi kompatiot mereka, Berry Angriawan/Rendy Sugiarto, SanDra harus berjibaku tiga gim sebelum memetik kemenangan, 21-13, 17-21, 21-12. Di laga selanjutnya, SanDra akan menantang peraih emas Olimpiade London 2012, Fu Haifeng/Cai Yun (5). Fu/Cai sendiri menghentikan perlawanan ganda muda Indonesia, Andrei Adistia/Markus Gideon, 22-20, 21-15.

 

“Pada set kedua saya agak kendor mainnya dan mereka berhasil menekan kami sehingga bisa menang di set kedua, mereka (Berry/Rendy) bermain bagus dan kami sudah sama-sama tahu kelebihan dan kelemahan masing-masing. Tapi di set ketiga kami bisa bangkit dan fokus lagi sehingga memenangi pertandingan hari ini,” ujar Hendra tentang pertandingannya.

 

“Dari dulu kan sudah sering bertemu dengan Cai Yun/Fu Haifeng. Kami sudah mempelajari permainan mereka, kelebihan dan kekurangannya apa saja. Untuk besok kami harus lebih siap dan fokus aja menjalani pertandingan,” pungkas Hendra.

 

Hasil gemilang juga dituai tandem senior Alvent/Markis (AlMa) yang tampi digjaya menghadapi wakil Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong (3). Tampil menekan dan taktis sejak awal gim pertama, AlMa sama sekali tidak memberikan kesempatan kepada Koo/Tan untuk mengembangkan permainan mereka. Banyak menurunkan bola dan terus menyerang menjadi kunci keberhasilan AlMa untuk melenggang ke delapan besar, 23-21, 21-15. Meskipun sempat tertinggal 17-19, AlMa akhirnya mampu merebut kemenangan dengan dukungan para penonton Istora.

 

Langkah AlMa sayangnya tidak diikuti oleh wakil lainnya, Ricky Karanda/Muhammad Ulinnuha. RiLin harus megakui ganda kulifikasi asal Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, 12-21, 16-21.

 

Peraih mahkota All England Open SS Premier 2013, Liu Xiaolong/Qiu Zihan (7) menyusul daftar pasangan unggulan yang tersingkir setelah menyerah kepada duo Inggirs, Chris Adcock/Andrew Ellis. Dalam posisi unggul 15-13 di gim pertama, Liu/Qiu memilih mundur karena cedera.

 

Sementara itu di sektor putri merah putih berhasil meloloskan tiga wakilnya ke delapan besar. Perjuangan heroik yang sempat ditunjukkan oleh Greysia Polii/Nitya Krishinda (GreyNit)  saat menumbangkan unggulan ke-3, Christinna/Kamilla menjadi bekal mereka di babak kedua saat menantang junior keduanya, Gebby Ristiyani/Tiara Rosalia, 21-15, 21-18. Di babak selanjutnya, GreyNit akan menantang pasangan China, Bao Yixin/Cheng Shu (8). Bao/Cheng harus berjuang tiga gim untuk menundukkan wakil Jepang, Reika Kakiiwa/Miyuki Maeda, 21-11, 20-22, 21-14.

 

Anneke Feinya/Dela Destiara Haris (AnDel) yang tampil perdana sebagai tandem di turnamen internasional paska di rombak dengan pasangan lama masing-masing ternyata justru tampil cemerlang. Setelah sukses menjegal Duanganong/Kunchala (6) di babak pertama, AnDel berhasil memepertahankan konsistensinya saat menjamu Pradnya Gadre/Ashwini Ponnappa, 21-13, 21-19. Namun jalan terjal akan ditemui keduanya di babak selanjutnya. Unggulan teratas, Wang Xiaoli/Yu Yang akan menjadi lawan berat bagi AnDel di babak delapan besar.

 

“Kami akan main nothing to lose saja, usaha dulu yang terbaik. Lagipula kami baru dipasangkan, tidak ada target khusus di turnamen ini, kami akan main lepas dan mengeluarkan kemampuan terbaik saja,” ujar Anneke tentang peluangnya di depan besar.

 

Senasib dengan kedua rekannya, Pia Zebadiah/Rizki Amelia (PiRiz, 7) juga akan menantang pasangan China lainnya, Ma Jin/Tang Jinhua (4) setelah merebut kemenangan atas duet Inggris, Lauren Smith/Gabrielle White. Meskipun sempat kehilangan gim kedua karena lambat panas dan gagal menembus pertahanan ganda Inggris, PiRiz memastikan tiket mereka dengan kemenangan 21-19, 19-21, 21-12.

 

“Tidak mudah untuk mematikan mereka, baru di set ketiga kami bisa membaca permainan mereka,” uungkap Pia tentang lawannya.

 

Saat ditanya peluang menghadapi pasangan China di babak selanjutnya, Pia berujar, “Meski diatas kertas, ganda China ini lebih diatas kami, semua tetap bisa terjadi di lapangan, kami tidak berpikir bahwa kami lebih lemah daripada mereka.”

 

Apabila Ririn Amelia/Anggia Shitta yang lolos dari babak kualifikasi mampu menyuguhkan permainan ketat rubber game menghadapi unggulan ke-2, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, tidak demikian yang dialami oleh duet Vita Marissa/Variella Aprilsasi yang harus takluk dalam laga dua gim, 19-21, 16-21 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: