Bulutangkismania's Weblog

Juni 15, 2013

Indonesia Open SS Premier 2013 : Bella, Peluang Menjadi Bumerang

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 10:51 am

Poster Djarum Indonesia Open SS Premier 2013Pupus sudah harapan Indonesia di sektor tunggal putri usai kekalahan yang diderita wakil terakhir, Belaetrix Manuputi saat menghadapi tunggal Hong Kong, Yip Pui Yin. Unggul dalam perolehan poin khususnya di gim ketiga justru membuat Bella lengah dan membuka peluang berkembangnya permainan lawan.

 

Dalam laga yang berlangsun selama lebih dari 70 menit tersebut, Belaextrix Manuputi sebenarnya mampu mengimbangi permainan cepat yang diperagakan oleh Yip Pui Yin. Menang angin dalam pola permainan cepat membuat Bella unggul jauh hingga 16-10 di gim pertama. Serangan-serangannya juga membuat Yip kewalahan sehingga menyerah 16-21.

 

Smash-smash keras menyilang masih menjadi senjata andalan Bella di gim kedua. Namun beberapa kali Bella harus kecolongan ketika Yip mampu mengkolaboasikan permainan reli, smash-smash kencang dan penempatan sempurna di depan net. Meskipun selalu tertinggal dalam perolehan poin, Bella senantiasa menempel ketat angka Yip hingga kedudukan 20-20. Di titik ini, Yip yang memiliki motivasi dan semangat juang lebih baik berhasil memaksa rubber, 23-21.

 

Peluang Bella kembali terbuka di gim ketiga saat sebelumnya di paruh akhir set senantiasa tertinggal dalam perolehan poin memetik 4 angka beruntun sehingga berbalik unggul 20-18. Namun momentum ini sayangnya tidak mampu dipergunakan dengan baik oleh Bella yang beberapa kali lengah dalam mengembalikan bola meskipun mampu terus menekan Yip. Kondisi akhirnya berbalik menjadi bumerang bagi Bella ketika Yip mampu mengoleksi 4 poin beruntun yang ditutup dengan pengembalian menyangkut Bella di depan net, 22-20.

 

“Saya sempat ingin mundur karena merasa pergelangan tangan kanan saya cedera,” ungkap Yip

 

“Saya berencana untuk mencoba bermain satu set, kalau tidak kuat saya akan mundur. Di luar dugaan, saya mampu bermain dengan baik,” beber Yip tentang skenarionya

 

Sementara itu Bella mengakui posisinya yang berada di atas angin khususnya gim ketiga, membuatnya lengah terhadap perkembangan permaian lawan.

 

“Saat unggul, saya merasa sudah menang, inilah yang membuat posisi saya lemah dan Yip bisa membalikkan keadaan. Saya sudah memberikan yang terbaik, tetapi memang belum dikasih saja,” papar Bella perihal kekalahannya.

 

“Saya sempat dikasih kartu kuning, menurut saya keputusan wasit banyak merugikan saya,” jelas pemain asal klub PB Jaya Raya ini.

 

Sang pelatih, Liang Chiu Sia menyebutkan bahwa dari segi teknik, Bella harus meningkatkan kekuatan pukulan-pukulannya.

 

“Dari segi mental, sudah bagus. Sayangnya pukulan-pukulannya kurang kuat. Stamina juga sudah lumayan, tetapi lawannya memang punya power kuat dan lebih nekad,” ujar Liang.

 

Dengan hasil ini Yip berhak untuk melangkah ke empat besar dan menantang unggulan teratas, Li Xuerui. Li yang selama pertandingan ini belum pernah kehilangan satu setpun tanpa kesulitan menyudahi perlawanan Bae Yeon Ju, 21-10, 21-12.

 

Semi final lainnya akan mempertemukan sang juara bertahan, Saina Nehwal (2) dan tunggal Jerman yang akhirnya memutuskan hengkang dari Pelatnas di negaranya, Juliane Schenk (4). Dengan kematangannya Saina menundukkan pemain muda Spanyol, Carolina Marin, 21-16, 21-19 sedangkan Schenk harus berjibaku tiga gim untuk menyingkirkan Tai Tzu Ying, 23-21, 10-21, 21-16 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: