Bulutangkismania's Weblog

Juni 21, 2013

Singapore Open SS 2013 : Duo Z Tumbang, Tontowi/Liliyana Kian Berpeluang

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 11:30 am

li-ning-singapore-openMundurnya dua pasangan papan atas dunia, Xu Chen/Ma Jin dan Joachim/Christinna dari turnamen ini menyebabkan satu-satunya penghalang Tontowi/Liliyana (3) di jajaran elit dunia untuk meraih gelar adalah duet China, Zhang Nan/Zhao Yunlei (2). Namun kejutan kembali terjadi saat tandem Korea Ko Sung Hyun/Kim Ha Na kembali mengulang kesuksesan mereka atas Zhang/Zhao dengan kemenangan dua gim langsung.

 

Kandas di kandang sendiri saat perhelatan Indonesia Open SS Premier 2013 pekan lalu menyimpan motivasi pribadi bagi Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ToLyn) untuk tampil lebih baik dan mengalahkan sang penantangnya, Joachim Fischer/Christinna Pedersen. Namun absennya pasangan nomor satu Eropa tersebut di turnamen ini menyababkan ToLyn harus menunda ambisinya tersebut hingga Kejuraan Dunia bulan Agustua mendatang dan tampil lebih baik di turnamen ini.

 

Menghadapi ganda Malaysia, Ong Jian Guo/Lim Yin Loo, ToLyn yang langsung ‘in’ dan beradaptasi dengan pertandingan sudah tampil menekan dan tak memberikan banyak kesempatan bagi wakil Malaysia untuk mengembangkan permainan mereka. Unggul dalam serangan dan penempatan bola, ToLyn terus memimpin perolehan poin 9-3 hingga 20-16. Namun di titik ini ToLyn seperti lengah dan dan kendor dalam melakukan tekanan. Ong/Lim pun tak menyiakan kesempatan ini dan balik menekan sehingga mampu menyamakan kedudukan. Beruntung ToLyn berhasil menutup gim ini lebih dulum 22-20

 

“Pada saat kedudukan 20-16, kami belum bisa menyelesaikan pertandingan karena masih ingin mencoba pukulan dan pertahanan,” ujar Tontowi seperti yang ditulis situs PBSI.

 

Meskipun tidak terlalu berbahaya, pertemuan kali ini bukan merupakan pertama kalinya pasangan Malaysia tersebut mampu menyulitkan ToLyn. Sebelumnya di turnamen All England Open SS Premier 2013, ToLyn harus berjibaku tiga gim cukup ketat, 18-21, 21-8, 21-19. Tontowi/Liliyana mengaku sudah melakukan evaluasi bersama pelatih mereka mengenai permainan lawannya. Strategi yang dijalankan juga berbeda dengan pertemuan sebelumnya. Tak mau meremehkan bahkan ToLyn sempat berdiskusi dengan sang pelatih untuk menerapkan strategi yang berbeda saat berhadapan dengan wakil negeri jiran tersebut.

 

Strategi ini ternyata terbukti ampuh di gim kedua. Keduanya langsung memimpin jauh 14-4 hingga 20-10. ToLyn tak hanya unggul dengan serangan dan permainan drive-drive cepatnya tapi juga menang kelas dari permainan di depan net. Tanpa kesulitan keduanya menyudahi perlawanan pasangan Malaysia, 21-13.

 

“Pasangan Malaysia ini sih tidak terlalu berbahaya, yang penting kami bisa jaga fokus. Di gim kedua juga perolehan angkanya jauh,” tambah Liliyana.

 

Hasil ini membawa ToLyn ke perempatfinal untuk menantang ganda Inggris, Chris Adcock/Gabrielle White yang di babak pertama tampil solid saat menundukkan unggulan ke-6, Robert/Nadiezda. Chris/Gabby melaju setelah memetik kemenangan atas wakil Jepang, Kenichi Hayakawa/Misaki Matsutomo, 21-16, 21-12.

 

Hasil positif ToLyn ini melengkapi raihan dua kemenangan wakil Indonesia lainnya, Muhammad Rijal/Debby Susanto (RiBby, 5) dan Praveen Jordan/Vita Marissa (PraVi). RiBby menundukkan pasangan Jepang, Ryota Taohata/Naoko Fukuman, 21-13, 21-13 sedangkan PraVi menyingkirkan Arun Vishnu/Aparna Balan asal India, 21-10, 21-18. Namun sayangnya kedua pasangan merah putih ini harus saling ‘bunuh’ di babak selanjutnya untuk memperebutkan satu tiket semi final.

 

De Javu, Ko/Kim Ulangi Prestasi atas Duo Z

 

Ko Sung Hyun/Kim Ha Na sempat membuat kejutan di  awal kemunculan mereka dengan menundukkan Zhang Nan/Zhao Yunlei (2) di turnamen Kejuaraan Asia 2013 bulan April yang lalu sebelum akhirnya tampil sebagai juara. Kali ini Ko/Kim sukses mengulang prestasi yang sama dengan untuk mencuri satu tiket delapan besar dari wakil terakhir China di sektor campuran tersebut.

 

Tidak seperti kebiasaan pemain China lainnya yang jarang mengulang kekalahan atas pasangan yang sama, duet Zhang Nan/Zhao Yunlei justru kembali takluk dua gim atas lawan yang sama, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na.  Dalam laga berdurasi 41 menit tersebut, Ko/Kim tampil memukau dengan 9 poin beruntun yang menjadi momentum mereka untuk berbalik unggul dan merebut gim pertama 21-15. Tak hanya mampu mengimbangi Zhang/Zhao dalam tempo serangan maupun permainan di depan net, Ko/Kim berhasil unggul dalam penempatan bola-bola sulit dan gagal diantisipasi oleh pasangan China.

 

Bola-bola tak terduga di area kosong kembali menjadi senjata ampuh Ko/Kim di gim kedua. Meskipun mereka kalah dalam serangan, petahanan yang baik dari pasangan Korea Selatan membuat Ko/Kim mampu membalikkan keadaan menjadi menekan. Memimpin perolehan angka dari awal hingga kedudukan 20-17, kemenangan Ko/Kim yang didepan mata sempat terhalang oleh duo Z yang mampu menyamakan kedudukan dan nyaris memaksakan rubber game. Namun Ko/Kim yang berada di atas angin tak mau menyia-nyiakan peluang yang ada dan terus menggempur pertahanan Zhang/Zhao sehingga memastikan kemenangan mereka, 23-21.

 

Dengan kekalahan Zhang/Zhao maka peluang ToLyn untuk meraih gelar terbuka lebar di turnamen ini. Hal tersebut mengingat duo Z merupakan satu-satunya pesaing ToLyn dalam jajaran peringkat elit 4 besar dunia di turnamen ini setelah absennya Xu Chen/Ma Jin dan Joachim/Christinna. Tapi seperti yang pernah di ungkap Liliyana pada turnamen Indonesia Open SS Premier 2013 yang lalu, bukan hadangan pemain-pemain besar yang sering menjatuhkan mereka namun kerikil-kerikil kecil yang beberapa kali membuat ToLyn gagal memenuhi ambisinya. Dan untuk menjadi juara memang hadangan besar ToLyn sudah tidak ada di turnamen ini namun pertanyaan selanjutnya adalah apakah ToLyn mampu melewati rintangan ‘kerikil-kerekil’ kecil tersebut? (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: