Bulutangkismania's Weblog

Juni 21, 2013

Singapore Open SS 2013 : Menang Mental, Tommy Ke Perempat Final

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 8:34 am

li-ning-singapore-openSatu-satunya wakil Indonesia di sektor putra, Tommy Sugiarto, berhasil meloloskan diri ke babak delapan besar turnamen Singapore Open SS 2013. Meskipun sempat tertinggal di set kedua, Tommy berhasil memanfaatkan keputusan hakim servis saat mendiskualifikasi servis yang dilakukan oleh sang lawan di angka-angka kritis.

 

Sempat menyentuh ‘deuce’ pada gim kedua saat menghadapi sang lawan, Tommy akhirnya lolos dari laga rubber untuk sekaligus memastikan tiket laga delapan besar. Tommy Sugiarto berhasil membuat kejutan dengan menumbangkan unggulan ke-8 asal China, Wang Zhengming. Pada gim pertama, Tommy yang tidak hanya unggul dalam permainan di depan net namun juga agresif melancarkan serangan ke sisi pertahanan Zhengming. Paska kedudukan 4-4, Tommy tak tersentuh dan senantiasa memimpin dalam perolehan poin hingga menutup set pertama, 21-16.

 

Zhengming sempat mengubah permainannya menjadi lebih ekspresif dan menekan pada gim kedua. Permainan cepatnya ternyata ampuh menyulitkan Tommy yang beberapa kali gagal mengantisipasi serangan Zhengming. Tunggal ke-3 China tersebut mampu membalikkan keadaan 9-6 dan terus meluncur hingga 16-13. Namun Tommy yang tak mau menyerah akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di angka 16 dan kedua pemain saling berjibaku ketat hingga 19-19.

 

Zhengming sempat menyentuh match point 20 terlebih dahulu namun keputusan hakim servis yang menganggap servisnya ‘fault’ tidak hanya membuat skor kedua pemain menjadi imbang namun juga memberikan efek psikologis kepada pemain peringkat 9 dunia tersebut. Zhengming yang sempat ingin berbicara dan memprotes hakim servis, namun tidak mendapatkan izin dari wasit pertandingan.

 

Fokus permainan Zhengming yang terganggu menyebabkan dua bola pengembaliannya menjadi tak sempurna dan menguntungkan Tommy. Satu-satunya andalan Indonesia di turnamen ini pun membukukan kemenangan dua gim langsung, 22-20.

 

“Tadi saat ketinggalan memang pressure tinggi sekali. Tapi kejadian itu cukup berpengaruh juga, saya bisa lebih relax dari lawan dan usaha cari satu demi satu poin seperti diinstruksikan pelatih,” ujar Tommy seperti yang ditulis situs PBSI.

 

Sang pelatih, Joko Supriyanto, memang tak henti-hentinya memberikan instruksi dari sisi lapangan kepada Tommy. Bahkan saat situasi kritis seperti tadi, Joko tetap menginstruksikan anak didiknya untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh serta fokus dalam meraih satu demi satu poin.

 

Angin dalam stadium yang cukup kencang juga membuat para pemain harus menerapkan strategi yang tepat sehingga pengembalian yang dilakukan tidak menjadi berbalik menguntungkan sang lawan.

 

“Pada game kedua saya menang angin, jadi harus banyak menurunkan bola, sehingga kelihatannya terburu-buru, padahal tidak,” sambung Tommy.

 

Kemenangan ini akan mempertemukan Tommy dengan wakil Inggris, Rajiv Ouseph. Rajiv melenggang usai membuat kejutan lainnya dengan menundukkan unggulan ke-4, Kenichi Tago. Pemain terbaik Jepang berperingkat 5 dunia tersebut memang sedang tidak dalam performa terbaiknya dalam dua sebelumnya. Kalah dini di babak kedua turnamen All England Open SS Premier 2013, Tago juga langsung angkat koper saat kandas dari Alamsyah Yunus di babak pertama Indonesia Open SS Premier 2013. Namun hal tersebut tidak lantas membuat Tommy meremehkan sang lawan, Rajiv Ouseph.

 

“Kans saya cukup terbuka, apalagi pertemuan terakhir saya menang. Tapi saya tetap waspada, dia bisa mengalahkan Kenichi Tago yang diunggulkan, berarti dia bermain bagus,” ujar Tommy tentang Rajiv.

 

Kejutan terbesar sektor tunggal putra ditorehkan oleh runner up turnamen Indonesia Open SS Premier 2013, Marc Zwiebler. Pemain Jerman yang pekan ini meluncur drastis dalam jajaran elit 15 besar dunia tersebut membuatuhkan laga tiga gim selama 70 menit untuk menuai kemenangan, 21-18, 12-21, 21-19.

 

Zwiebler akan menantang unggulan ke-6 asal Vietnam, Nguyen Tien Minh untuk memperebutkan satu tiket semi final. Nguyen sendiri harus berjibaku tiga gim untuk melumpuhkan Tanonngsak Saensomboonsuk, 17-21, 21-5, 21-13.

 

Sementara itu Jepang berhasil memastikan satu tiket empat besar setelah dua pemainnya sama-sama sukses menundukkan sang penantang dan akan saling bertemu di delapan besar. Takuma Ueda menjinakkan kompatriotnya, Kazuma Sakai, 21-13, 21-14 sedangkan Kenta Momoto melibas pemain muda Hong Kong, Ng Ka Long, 21-17, 21-12.

 

Sang juara bertahan, Boonsak Ponsana (5) belum menemui kesulitan berarti untuk mempertahankan mahkotanya. Dalam tempo 38 menit, Boonsak berhasil mengalahkan Wong Wing Ki, 21-15, 21-13 untuk menajajal wakil Malaysia, Chong Wei Feng (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: