Bulutangkismania's Weblog

Juni 22, 2013

Singapore Open SS 2013 : Tommy Tantang Nguyen

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 6:53 am

li-ning-singapore-openTommy Sugiarto akhirnya berhasil mempertahankan catatan baiknya di turnamen ini dengan melaju ke babak empat besar tanpa kehilangan satu set pun. Menghadapi tunggal Inggris, Tommy sempat dibuat bimbang saat penantangnya mampu tampil ngotot di poin-poin kritis. Lawan Tommy selanjutnya adalah veteran asal Vietnam, Nguyen Tien Minh yang berhasil memanfaatkan cedera paha yang dialami oleh Marc Zwiebler.

 

Meskipun kalah dari sisi serangan, pemain Indonesia berperingkat 13 dunia tersebut mampu menyajikan permainan memukau di depan net saat menghadapi wakil Inggris, Rajiv Ouseph. Setelah bersaing ketat hingga 9-10, Tommy mendapatkan momentumnya saat memetik 5 poin beruntun yang membuatnya unggul atas Rajiv. Meskipun tunggal Inggris tersebut mampu memperkecil selisih angka 15-16, Tommy kembali meluncur 20-15 dengan serangan-serangannya dan penempatan bola tak terjangkau.

 

Namun pemain berusia 26 tahun tersebut tak lantas menyerah mudah dan terus agresif melancarkan serangan. Tommy sempat dibuat galau saat Rajiv mampu memetik 4 angka beruntun sebelum akhirnya melakukan kesalahan sendiri saat smash silangnya gagal melewati net. Tommy menutup gim pertama, 21-19.

 

Set kedua kembali didominasi oleh Tommy dengan serangannya dan permainan di depan net. Beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan oleh Rajiv membuat tunggal nomor 2 Indonesia tersebut kian tak tersentuh dalam perolehan poin. Tommy pun memimpin jauh 12-6 hingga 16-10. Kembali seperti skenario pada gim pertama, Rajiv kembali intens melakukan serangan saat memasuki angka-angka kritis. Serangan Tommy yang terburu-buru juga mampu dimentalkan oleh Rajiv yang akhirnya berbalik menjadi bumerang untuk Tommy.  Pemain Inggris tersebut berhasil menyamakan kedudukan di angka 18. Beruntung Tommy yang kian matang dengan pengalamannya tak terpengaruh dengan keadaan ini dan tetap tenang untuk mengumpulkan 3 poin berturut-turut sehingga sukses mengantongi kemenangan, 21-18.

 

“Kali ini Rajiv tampil lebih baik dibanding pertemuan sebelumnya. Sebagai pemain dengan postur tinggi, Rajiv memiliki bola-bola atas yang tajam, tapi tadi saya bisa mengatasi tekanan ini,” papar Tommy yang sempat menang mudah 21-15, 21-10 pada pertemuan sebelumnya di German Open GP Gold 2013 ini.

 

“Tadi saya buru-buru mau cepat mematikan bola, banyak serangan yang terbuang sia-sia. Saya juga jadi tidak siap dan tidak berpikir cepat bagaimana cari poin selanjutnya,” sambungnya kemudian.

 

Dengan hasil ini Tommy berhak untuk melaju ke semifinal dan menantang pemain veteran asal Vietnam, Nguyen Tien Minh. Nguyen sendiri melenggang setelah mendapatkan kemenangan atas runner up Indonesia Open SS Premier 2013, Marc Zwiebler. Pemain Jerman tersebut sempat menyajikan pertandingan ketat di gim pertama sebelum akhirnya menyerah 21-23. Kambuhnya cedera paha yang sempat dialami Zwiebler saat menjalani laga melelahkan menghadapi Du Pengyu (1) di babak sebelumnya memaksa peringkat 14 dunia tersebut untuk tidak melanjutkan pertandingan saat jeda interval 8-11 di gim kedua.

 

Sementara itu pada laga semifinal lainnya, sang juara bertahan Boonsak Ponsana (5) masih belum terbendung untuk memenuhi ambisinya mempertahankan gelar yang diraihnya di turnamen ini setahun yang lalu. Sama seperti Tommy, Boonsak juga tampil meyakinkan tanpa pernah kehilangan satu gim pun di turnamen ini. Menghadapi wakil terakhir Malaysia yang tersisa, Chong Wei Feng, Boonsak unggul 21-10, 21-19.

 

Lawan Boonsak selanjutnya adalah pemain Jepang berusia 24 tahun, Takuma Ueda. Ueda yang di babak pertama membuat kejutan atas Kashyap Parupalli (7) terus konsisten dalam turnamen ini saat menghadapi rekan senegaranya. Setelah sebelumnya unggul atas Kazumasa Sakai, Ueda kembali memetik kemenangan atas Kenta Momota, 21-14, 21-19 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: