Bulutangkismania's Weblog

Juni 24, 2013

Singapore Open SS 2013 : Euforia Indonesia, Tiga Gelar Dari Negeri Singa

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 10:13 am

li-ning-singapore-openUntuk pertama kalinya dalam sejarah perheletan Seperseries yang dirintis pada tahun 2007 Indonesia berhasil mengoleksi tiga gelar sekaligus dalam satu turnamen. Tren prositif dan konsistensi luar biasa yang mampu ditunjukkan oleh para pemain sang garuda sejak laga babak pertama hingga partai puncak spontan menumbuhkan euforia bulu tangkis Indonesia yang memang sudah ‘kering’ prestasi.

 

Untuk pertama kalinya dalam sejarah perolehan gelar turnamen Superseries Indonesia berhasil menggantikan posisi China dan mendominasi podium juara. Setelah pekan lalu para pemain tuan rumah harus puas dengan title semata wayang, kali ini sang garuda tampil dengan konsistensi luar biasa, tidak hanya di satu nomor tapi juga di sebagian besar nomor. Hasilnya cukup signifikan, para pemain merah putih hanya kecolongan di sektor putri dan sukses mengantongi 3 mahkota lainnya.

 

ToLyn 1Gelar pertama dikoleksi oleh sektor ganda campuran lewat duet Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ToLyn, 3). Menghadapi wakil Korea Selatan yang baru diduetkan, Yoo Yeon Seong/Eom Hye Won, pasangan Indonesia langsung tampil menekan dengan smash-smash keras dan penempatan bolanya. Meskipun di paruh awal set pertama Yoo/Eom sempat mengimbangi ToLyn hingga kedudukan 10-12, 7 angka beruntun yang dikoleksi ToLyn dari serangan, penempatan bola dan permainan di depan net mengantarkan ToLyn pada ambang kemenangan. Selisih yang terlalu jauh membuat ToLyn dengan mudah menutup set pertama, 21-12.

 

Gim kedua kembali didominasi oleh ToLyn dengan smash-smashnya. Penempatan bola-bola halus Liliyana di depan net serta smash-smash beruntun Tontowi kembali membuat Indonesia meluncur hingga 5-0 dan 11-3. Eom Hye Won beberapa kali terlihat tak siap menerima tekanan ToLyn dan bola-bola tipis Liliyana di depan net. Namun ganda Korea sempat bangkit paska jeda interval dengan variasi serangan dan sudutnya sehingga membuka pertahanan pasangan Indonesia. Beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan ToLyn juga membuat Yoo/Eom mendekat  8-12.

 

YooEom1Namun di titik ini ToLyn kembali meningkatkan tempo serangan dan terampil dalam mengolah bola di depan net. Keduanya berhasil memimpin jauh 17-9 dan 20-11. Di titik ini Liliyana sempat salah strategi mengembalikan bola tanggung dengan pengembalian menyilang di depan net sehingga berpotensi untuk balik ditekan oleh Yoo/Eom. Permainan netting Tontowi yang gagal diantisipasi oleh Eom memastikan gelar perdana Indonesia di turnamen ini, 21-12.

 

Gelar di turnamen Singapore Open SS 2013 ini merupakan mahkota Superseries ke-3 yang berhasil dikantongi ToLyn di sepanjang tahun 2013. Dua gelar sebelumnya dikoleksi ToLyn dari turnamen All England Open SS Premier 2013 dan India Open SS 2013.

 

Hal ini juga berarti selama perhelatan event Singapore Open, Tontowi bersama Liliyana sudah mengoleksi dua gelar termasuk raihan sebelumnya di tahun 2011. Liliyana sendiri sudah 5 kali naik podium juara dimana 3 mahkota lainnya diraih Liliyana bersama Nova Widianto pada tahun 2004, 2006 dan 2010.

 

ToLyn 2“Saya merasa memiliki ‘ikatan’ dengan tempat ini sehingga senang bermain disini. Semoga tahun depan bisa kembali dan meraih lebih banyak gelar,” Liliyana mencoba menjelaskan kemenangannya.

 

“Kami senang bisa juara lagi di Singapura walau minggu lalu kami kalah di Indonesia, dengan kemenangan ini percaya diri kami jadi naik lagi. Dari awal kami bermain bagus dan selalu memimpin perolehan poin sampai pasangan Korea tidak bisa berkembang,” ujar Liliyana.

 

ToLyn 3

 

“Saya tidak menyangka poinnya bisa jauh, padahal mereka pasangam yang cukup bagus dan tidak gampang mati. Seperti kata Liliyana, gelar ini berarti buat kami karena di Indonesia kemarin belum juara. Di sini memang beda dengan waktu di Indonesia, dari babak awal kami mainnya sudah enak,” Tontowi menembahkan (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: