Bulutangkismania's Weblog

September 14, 2013

China Masters SS 2013 : Sektor Campuran Tumpuan Akhir

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 10:22 am

China Masters SS 2013Tanpa dimotori oleh duet Tontowi/Liliyana dan Hendra/Ahsan, wakil-wakil  Indonesia ternyata masih sulit bersaing di babak-babak puncak turnamen elit dunia. Para pemain tunggal dan beberapa pasangan lainnya memang sempat membuat kejutan bahkan menjadi juara. Namun performa yang kurang konsisten membuat mereka justru mengalami kekalahan-kekalahan tak terduga di babak-babak awal.

 

Sektor ganda campuran yang dalam beberapa tahun terakhir memang paling diandalkan oleh Indonesia kembali menjadi tumpuan harapan terakhir di turnamen China Masters Superseries 2013 setelah sukses meloloskan dua wakilnya ke empat besar. Riky Widianto/Richi Dili (RiRi) yang menempati unggulan ke-6 harus memeras keringat dalam laga tiga gim untuk menundukkan wakil Indonesia lainnya, Praveen Jordan/Vita Marissa (PraVi).

 

Minim eror dengan permainan cepat dan menemkan membuat PraVi tak terbendung di gim pertama. RiRi pun kesulitan untuk mengembangkan permainan mereka sendiri dan tak mampu berbuat banyak. Keduanya kalah mudah 8-21 di gim pertama. RiRi berhasil membuka permainan dan memperbanyak variasi serangan di gim kedua. Beberapa kesalahan sendiri Praven saat drop shot di depan net serta Vita saat mencoba bermain cepat di area depan membuat RiRi memimpin dalam perolehan poin dan berhasil memaksakan rubber game, 21-14.

 

Pertandingan seru terjadi di gim ketiga saat kedua pasangan saling bergantian mendominasi dan menekan lawan. Variasi serangan RiRi yang lebih beragam membuat peluang untuk menekan lebih banyak diperoleh keduanya dibandingkan dengan PraVi. Namun beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan mereka di poin-poin akhir membuat PraVi akhirnya bangkit dan mampu menyamakan kedudukan di angka 20. Mental bertanding yang tidak lentur saat terkejar di poin-poin kritis membuat dup R mampu merebut dua angka beruntun dan akhirnya memastikan kemenangan 22-20. Di laga 16 besar sebelumnya, PraVi mampu membuat kejutan atas unggulan ke-3, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam, 21-15, 23-21, 21-11.

 

“Pertandingan ini berlangsung ketat. Pada game pertama Riky/Richi bermain ragu-ragu, kurang percaya diri dan terus tertekan, hampir tidak ada perlawanan. Selain itu, mereka juga kalah angin. Pada game kedua saya instruksikan mereka untuk bermain menyerang karena posisi mereka menang angin dan lebih enak untuk menyerang,” jelas Nova Widianto seperti yang dikutip situs PBSI.

 

“Kami memang sering tertinggal di game ketiga, sebisa mungkin kami mengejar terus. Pada saat pindah lapangan, kami menang angin lagi, ini membuat kami semakin yakin untuk menyerang dan akhirnya memenangkan pertandingan,” ujar Richi tentang kemenangannya

 

Kemenangan RiRi atas PraVi sekaligus membalas kekalahan mereka di pertandingan sebelumnya yaitu final New Zealand Open Grand Prix 2013.

 

Lawan RiRi di babak selanjutnya adalah wakil Korea Selatan, Yoo Yeon Seong/Eom Hye Won. Yoo/Eom tanpa kesulitan menundukkan pasangan muda Indonesia, Lukhi Apri Nugroho/Annisa Saufika, 21-12, 21-9. Yoo/Eom sendiri melenggang ke delapan besar usai menghentikan kompatriot mereka yang lebih diunggulkan, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na (5), 21-13, 22-24, 21-15.

 

Satu wakil ganda campuran merah putih lainnya adalah duet kakak-adik, Markis Kido/Pia Zebadiah (4). Membuka kemenangan 22-20, 22-20 atas wakil tuan rumah, Chai Biao/Tang Jinhua di laga perdana, Markis/Pia (MarPi) berhasil mengoleksi tiket empat besar dengan menghempas unggulan ke-7 asal Korea Selatan, Shin Baek Choel/Jang Ye Na, 21-15, 21-19. Namun lawan tangguh sudah menanti MarPi di semi final. Duet Zhang Nan/Zhao Yunlei (2) mendapatkan keuntungan berupa kemenangan tanpa tanding atas kompatriot mereka, Kang Jun/Ou Dongni (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: