Bulutangkismania's Weblog

September 15, 2013

China Masters SS 2013 : Gelar Superseries Ketiga, Kado Perpisahan Ko/Lee

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 11:59 pm

China Masters SS 2013Keputusan pelatih kepala tim nasional Korea Selatan, Lee Deuk Choon memang terbilang cukup berani. Belum setahun dipasangkan dan saat ini menduduki peringkat 1 dunia, Lee akhirnya memisahkan duet Ko Sung Hyun/Lee Yong Dae untuk target ke depan yang lebih baik. Dalam laga Superseries terakhir mereka kali ini, keduanya justru membuat prestasi gemilang dengan mengantongi mahkota Superseries yang ketiga.

 

Pada bulan Oktober yang lalu paska Olimpiade London 2012, sang pelatih akhirnya memutuskan Ko Sung Hyun untuk menjadi pasangan Lee Yong Dae yang baru saja ditinggalkan oleh Jung Jae Sung karena pensiun. Debut karir mereka di turnamen Denmark Open SS Premier 2012 memang tidak begitu baik. Keduanya langsung kandas di babak pertama setelah gagal melewati Koo Kien Keat/Tan Boon Heong dalam laga tiga gim. Namun kesolidan mereka akhirnya teruji pada turnamen pekan selanjutnya French Open SS 2012 dengan merebut gelar juara.

 

Seiring dengan berjalannya waktu, Ko/Lee memang kerap melenggang ke babak final. Dari 9 turnamen Superseries sebelumnya, 6 diantaranya berhasil mereka lalui hingga laga pamungkas, termasuk menjadi juara di Perancis dan Korea Selatan. Namun prestasi ini ternyata belum dianggap cukup oleh sang pelatih. Tercatat dalam tiga pertemuan terakhir menghadapi duo Indonesia Ahsan/Hendra, keduanya tak mampu berbuat banyak dan menyerah dua gim langsung. Begitupun kekalahan tak terduga seperti saat menantang Fran/Bona di Taiwan pekan lalu, Lee/Tsai di babak kedua BWF World Championships 2013, serta Ingo/Johannes di babak pertama All England Open SS Premier 2013.

 

Hal tersebut belum ditambah tiga kekalahan beruntun Ko/Lee atas Liu/Qiu di pertemuan sebelumnya serta Chai Biao/Hong Wei di laga final Swiss Open GP Gold 2013. Sehingga pelatih menganggap bahwa peringkat 1 dunia yang mereka pegang hari ini hanya berasal dari posisi runner up di banyak turnamen, bukan sebagai juara termasuk di event-event besar sepanjang tahun 2013 seperti All England dan World Championships.

 

“Asian Games hanya berjarak setahun sehingga keputusan ini (memisahkan mereka) sudah tidak dapat ditunda lagi. Saya harus membuat keputusan dan mencari terobosan lainnya,” papar Lee seperti yang ditulis Sports Chosun.

 

Opini pun akhirnya beredar bahwa Ko dianggap belum mumpuni menggantikan posisi Jung Jae Sung yang berhasil mengantarkan Lee menjadi kampiun All England sebanyak dua kali serta perunggu Olimpiade London 2012 dengan permainan solidnya serta kemampuannya meng-cover lapangan. Rapuhnya pertahanan Ko serta agresivitas dan inisiatif yang minim seperti saat menghadapi duo merah putih beberapa waktu yang lalu disinyalir menjadi penyebab utama perceraian tandem teratas negeri ginseng ini.

 

Lee Gandeng Yoo, Ko Jajaki Partner Sedaerah

 

Di turnamen yang akan menjadi duet pamungkas mereka setelah hampir setahun, Ko/Lee justru tampil dominan termasuk saat menghadapi Liu/Qiu (4) yang menaklukkan mereka pada tiga pertemuan sebelumnya. Lolos ke babak final dengan mendepak Liu/Qiu, 21-13, 21-12, Ko/Lee kembali menunjukkan keperkasaan mereka di babak final atas tandem Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (2).

 

Gim pertama sebagian besar didominasi oleh Ko/Lee hingga kedudukan 19-12 dengan permainan  menekan melalui serangan, netting dan penempatan bola yang akurat. Drive-drive cepat yang menjadi ciri khas Korea beberapa kali tak mampu diantisipasi oleh Hiroyuki/Kenichi. Namun di titik kritis, Ko/Lee justru membuat kesalahan sendiri, persis seperti yang dikhawatirkan oleh sang pelatih. Kesempatan ini digunakan dengan baik oleh duet Jepang untuk balik menekan sehingga akhinya mampu menyamakan di angka 20 bahkan berbalik unggul 1 angka. Beruntung pasangan Korea mampu tampil lebih tenang dan stabil sehingga menutup gim lebih dulu 25-23.

 

Skenario serupa nyaris kembali terjadi di angka-angka tua gim kedua. Ko/Lee kembali menguasai jalannya pertandingan hingga 11-2. Terus memimpin dengan permaian cepat dan menekan di depan net mengantarkan Ko/Lee pada titik nadir 19-13. Variasi serangan baik sudut, arah maupun intensitasnya yang diperagakan Hiroyuki/Kenichi membuat mereka mampu bangkit dan memperkecil selisih angka hingga 19-20. Namun kesolidan Ko/Lee kembali teruji dan kembali sukses mengunci wakil Jepang, 21-19.

 

Gelar pamungkas yang menjadi kado perpisahan Ko/Lee ini merupakan mahkota Superseries ketiga mereka semenjak dipasangkan tahun lalu. Paska turnamen ini, Lee akan disandingkan dengan Yoo Yeon Seong yang merupakan mantan partner Ko Sung Hyun sebelum pensiunnya Jung Jae Sung. Yoo dianggap lebih layak karena tidak hanya prestasi gemilangnya di sektor putra namun juga performanya yang memukau di nomor campuran. Sementara itu Ko akan disandingkan dengan Shin Baek Choel yang di beberapa turnamen lokal keduanya sudah sering berpasangan. Selain itu, Ko/Shin juga dianggap memiliki keterikatan karena berasal dari provinsi yang sama yaitu Gyeongbuk. Masing-masing pemain dengan pasangan barunya dijadwalkan akan mulai bertanding di turnamen Denmark Open SS Premier 2013 bulan Oktober mendatang (FI).

 

Berikut prestasi Ko/Lee selama setahun bersama :

  1. Juara French Open SS 2012
  2. Juara Korea Open GP Gold 2012
  3. Juara India Open International Challenge 2012
  4. Juara India Open GP Gold 2012
  5. Juara Korea Open SS Premier 2013
  6. Juara Badminton Asia Championships 2013
  7. Runner Up China Open SS Premier 2012
  8. Runner Up Malaysia Open SS 2013
  9. Runner Up Swiss Open GP Gold 2013
  10. Runner Up India Open SS 2013
  11. Runner Up Indonesia Open SS Premier 2013
  12. Runner Up Singapore Open SS 2013

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: