Bulutangkismania's Weblog

September 15, 2013

China Masters SS 2013 : Liu Xin-Zhengming Selamatkan Muka China

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 11:56 pm

China Masters SS 2013Dua pemain yang awalnya tidak diperkirakan menjadi juara justru pada akhirnya menyelamatkan muka sang tuan rumah China untuk memastikan gelar sektor tunggal. Liu Xin memupus harapan Porntip Buranaprasertsuk di babak final sedangkan Wang Zhengming lolos dari laga ketat saat menjamu Shon Wan Ho. Di sektor ganda, Zhang/Zhao melengkapi mahkota juara yang sudah lebih dulu dikantongi oleh sektor putri.

 

Menghadapi Porntip Buranaprasertsuk yang di babak sebelumnya membuat kejutan terbesar di turnamen ini, Liu Xin langsung mampu berdaptasi dengan ritmenya. Variasi serangan dan kecepatannya sulit diimbangi oleh Porntip di gim pertama. Antisipasi yang lambat serta kesalahan sendiri yang dilakukan oleh Porntip memudahkan Liu untuk merebut gim pertama, 21-4.

 

Pesimisme publik atas Porntip yang sebelumnya bermain 3 gim selama hampir satu jam sempat terbantahkan di gim kedua saat peringkat 18 dunia ini mampu meminimalisir unforced error serta memainkan ritme terbaik yang seperti sebelumnya. Ulet dalam mengejar bola dan terus agresif menyerang membuatnya mampu memaksakan rubber game untuk merebut set kedua, 21-13. Namun dampak dari permainan yang menguras energi di gim kedua serta sehari sebelumnya kembali terlihat di gim ketiga saat beberapa kali Porntip gagal mengantisipasi bola-bola serangan Liu Xin maupun netting tipisnya di depan net. Tak seperti gim sebelumnya, Porntip juga lebih banyak meladeni permaian Liu dan berada dalam tempo lambat. Tertinggal jauh 2-12 hingga 10-19, Porntip akhirnya harus rela menyerahkan podium juara untuk sang lawan, 12-21.

 

Pertarungan lainnya yang juga tak kalah sengit adalah sektor tunggal putra antara Wang Zhengming (7) dan Son Wan Ho. Paska menjalani wajib militer setelah mengikuti Olimpiade London 2012, Son terlihat lebih siap dan sudah berhasil menemukan performa terbaiknya. Usai menjuarai Taipei Open GP Gold 2013 pekan lalu, Son juga berhasil mengimbangi Zhengming di babak pertama. Unggul dengan variasi pengembalian bolanya baik itu serangan, netting maupun penempatan bola, Son yang unggul 13-6 dan 16-8 terus meluncur hingga menutup gim pertama, 21-11.

 

Zhengming berbalik mendominasi jalannya pertandingan di gim kedua paska jeda interval dengan permainan taktisnya mengatur tempo serta smash dengan sudut tolakan setinggi-tingginya. Memimpin dengan 16-14, lima angka beruntun yang dikoleksi Zhengming membuatnya berhasil menamatkan gim kedua untuk memastikan rubber game, 21-14.

 

Son kembali bangkit di sebagian besar jalannya pertandingan gim ketiga. Tujuh poin berturut-turut menjadi momentum bagi Son untuk memimpin 9-5 hingga terus meluncur 17-13. Namun kendornya pertahanan Son membuat Zhengming mampu menyamakan kedudukan di angka 17 bahkan berbalik unggul 21-20 dengan merebut 3 angka beruntun. Meskipun sempat dirugikan oleh wasit kerena servisnya dianggap fault, Wang yang mendapat dukungan penuh dari para penonton atas setiap poin yang diraihnya tak mau terbebani dan tetap tenang hingga mampu memastikan gelar juara, 24-22.

 

Hasil ini merupakan di luar seknario yang diprediksi oleh sebelumnya. Mundurnya Chen Long (1) dan Wang Yihan (3) serta Wang Shixian (5) menyebabkan favorit juara sebenarnya berada di pundak Du Pengyu (2) dan Li Xuerui (1). Namun kekalahan tak terduga yang dialami oleh para pemain unggulan ini menyebakan para pemain China ‘yang terlupakan’ lainnya berusaha untuk menunjukkan tajinya sekaligus memanfaatkan momentum untuk membuka mata dunia bahwa mereka masih ada dan mampu bersaing di antara elit dunia lainnya.

 

Zhang/Zhao Lengkapi Gelar Ke-4 China

 

China kembali menambah satu gelar di sektor ganda setelah sebelumnya memastikan mahkota nomor putri yang mempertemukan final sesama pemain China. Zhang/Zhao tak menemui banyak kesulitan dan tampil menekan sejak awal pertandingan berhasil mebgantongi kemenangan dua gim langsung.

 

Duel antara sesama pasangan China di sektor putri akhirnya dimenangkan oleh unggulan teratas, Wang Xiaoli/Yu Yang usai berjibaku selama 38 menit. Tak hanya mendominasi dalam permainan di depan net, Wang/Yu yang ditantang oleh Ma Jin/Tang Jinhua (2) beberapa kali mampu mematahkan agresivitas yang senantiasa dilancarkan oleh kompatiot mereka. Dalam adu reli dan kecerdikan penempatan bola, Wang/Yu juga unggul saat Ma/Tang mencoba untuk memecah kesolidan mereka dengan serangan beruntun di sudut dan arah yang berbeda. Kemenangan 21-17, 21-16 akhirnya mengantarkan Wang/Yu ke podium juara.

 

Zhan Nan/Zhao Yunlei (2) yang dimainkan di partai pamungkas babak final turnamen ini ikut menyumbang gelar bagi sang tuan rumah dengan mengamankan sektor campuran yang sekaligus memastikan China sebagai juara umum dengan 4 gelar. Menghadapi runner up BWF Singapore Open SS 2013, Yoo Yeon Seong/Eom Hye Won, duo Z tak memberikan banyak kesempatan bagi sang lawan untuk mengembangkan permaianannya. Drive-drive cepat yang di kolaborasi dengan smash-smash tak terduga dan mengejutkan menjadi kunci kemenangan mereka untuk merebut kemenangan dua gim langsung. Sebagian besar angka yang diraih Yoo/Eom berasal dari pembukaan yang baik dan kesalahan sendiri yang dilakukan oleh ganda China. Zhang/Zhao yang berada di atas angin memastikan kemenangan mereka, 21-18, 21-12 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: