Bulutangkismania's Weblog

September 15, 2013

China Masters SS 2013 : Putri Thailand Kembali Bungkam China

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 9:46 am

China Masters SS 2013Kurang lebih sebulan yang lalu pemain nomor satu Thailand, Ratchanok Intanon berhasil menunjukkan dominasinya atas pemain nomor satu China, Li Xuerui (1) kali ini giliran Porntip Buranaprasersuk yang kembali berhasil melakukan prestasi yang sama. Meskipun belum memastikan gelar di turnamen ini, peluang Porntip akan terbuka lebar jika mampu tampil konsisten di laga pamungkas.

 

Apabila Indonesia masih dalam tahap proses mencari tunggal putri yang tepat untuk melanjutkan era keemasan Susi Susanti maka Thailand sudah memastikan dominasi dua pemainnya atas pebulu tangkis nomor satu dunia, Li Xuerui. Setelah di babak final turnamen BWF World Championships 2013 yang lalu sang cinderella, Ratchanok Intanonon memupus peraih medali emas Olimpiade Lodon 2012, Li Xuerui di kandangnya sendiri kali ini giliran Porntip Buranaprasertsuk yang berhasil mempermalukan tunggal nomor satu  China tersebut.

 

Meskipun permainan Porntip belum serapi Intanon namun kualitas tunggal peringkat 18 dunia ini tak perlu diragukan. Usai membuat kejutan atas unggulan ke-7, Minatsu Mitani di babak kedua, Porntip kembali konsisten saat menjamu Han Li dengan memetik kemenangan dua gim langsung. Di laga semi final menantang unggulan teratas, Porntip lagi-lagi mampu mempertahankan kualitasnya dengan tetap bermain dalam pola cepat dan menekan dengan netting tipis dan smash-smash keras. Antisipasi yang sigap membuat Porntip senantiasa memiliki jawaban atas pengembalian bola-bola sulit Xuerui.

 

Di paruh awal gim pertama, Porntip mampu mengimbangi permainan Xuerui yang unggul dalam perolehan poin. Smash keras menyilang dan pertahanan yang baik juga menjadi senjata Porntip untuk mengantisipasi bola-bola Xuerui. Setelah memimpin 13-10, Porntip tak terkejar dan terus unggul hingga 17-14. Meskipun Xuerui sempat mempertipis selisih angka 16-17 namun smashnya yang terlalu melebar dan pengembalian menyilang yang gagal di depan net membuat Porntip akhirnya berhasil merebut gim pertama, 21-16.

 

Kedua pemain kembali terlibat pertandingan seru hingga kedudukan 10-10 di set kedua. Penempatan bola-bola sulit di sudut-sudut lapangan serta serangan yang mematikan. Permainan di depan net Xuerui sempat membawanya unggul 5 angka beruntun dan menjadi titik balik pemain nomor satu China tersebut. Namun Porntip lagi-lagi tak mau menyerah mudah. Keuletannya mengejar bola dan terus berusaha menekan beberapa kali membuat mental Xuerui melemah. Bahkan di poin-poin kritis beberapa kali terlihat Xuerui membiarkan bola-bola sulit pengembalian Porntip. Namun karena selisih angka yang terlalu jauh memaksa Porntip akhirnya menyerah 15-21.

 

Gim ketiga kembali berlangsung seru dengan selisih 1-3 angka dan saling berkejaran untuk memimpin poin. Pengembalian Porntip juga menjadi lebih variatif dari sisi arah, sudut, penempatan dan kekuatan. Pertahanan yang juga rapi membuat Porntip mampu mengimbangi permainan Xuerui bahkan mampu berbalik unggul saat tertinggal 11-14. Hembuasan angin dalam stadium juga membuat beberapa kali antisapi yang salah dari Xuerui sehingga pengembaliannya melebar keluar.

 

Setelah kedudukan imbang di angka 14, pemain yang berhasil mengoleksi poin adalah yang mampu mengubah sudut dan arah serangan. Duel pun beberapa kali berlangsung seru dengan drive-drive cepat di depan net, netting, maupun smash keras menyilang yang bervariasi arah dan intensitasnya. Porntip sempat menyentuh match point 20-19 lebih dulu namun pengembaliannya yang melebar membuat Xuerui akhirnya mampu menyamakan kedudukan. Dua pengembalian Xuerui yang tak mampu melewati net dan terlalu melebar ke belakang memastikan tiket final untuk Porntip 22-20.

 

Dengan hasil ini Porntip akan menantang jagoan China lainnya, Liu Xin yang sudah lebih dulu memastikan diri ke partai puncak usai mengantongi kemenangan atas tunggal Jepang, Sayaka Takahashi. Liu Xin yang lebih banyak mengandalkan permainan netting dan penempatan bola-bola sulit di sudut lapangan ini membukukan kemenangannya 21-17, 21-15.

 

Pertarungan seru juga terjadi di sektor putra pada partai terakhir babak semi final. Satu-satunya wakil tuan rumah yang tersisa, Wang Zhengming (7) harus bekerja keras untuk akhirnya melenggang ke babak final. Menghadapi pemain Denmark, Jan O Jorgensen (6), Zhengming lebih dulu meraih kemenangan 21-13 dengan memanfaatkan banyaknya kesalahan sendiri  Jorgensen dan permainan menekan di gim pertama.

 

Pada set kedua giliran Jorgensen yang mendominasi permainan dengan tampil lebih sabar dan ulet dengan serangannya. Pertahanan yang sempurna dari Jorgensen membuatnya mampu mengembalikan bola-bola agresif Zhengming sehingga terus memimpin dalam perolehan angka. Enam poin beruntun yang diraih Jorgensen setelah kedudukan 14-14 menjadi momentum untuk memastikan rubber game, 21-16.

 

Jorgensen kembali mengusai pertandingan di paruh awal set ketiga hingga kedudukan 12-8. Namun Zhengming yang terus konsisten menyerang membuka jalan setelah berhasil menyamakan kedudukan di angka 12. DI titik ini kedua pemain saling bergantian memimpin dan menyamakan perolehan poin satu demi satu. Jorgensen sempat membuka match point 20-19 namun pengembaliannya tak sempurna membuat Zhengming kembali menyamakan kedudukan bahkan berbalik unggul 21-20. Meskipun Jorgensen sempat melevelkan angka, Zhengming yang bermain lebih cerdas dan sabar akhirnya menutup gim ini lebih dulu 23-21 untuk satu tiket ke laga pamungkas.

 

Lawan Zhengming selanjutnya adalah wakil Korea Selatan yang baru saja menyelesaikan wajib militernya paska Olimpiade London 2012 untuk kembali meniti karirnya di dunia bulu tangkis. Shon Wan Ho yang pekan lalu menjadi kampiun Taipei Open GP Gold 2013, kembali menunjukkan tajinya di turnamen ini usai mengantongi kemenangan atas wakil Jepang, Sho Sasaki, 17-21, 21-16, 21-18 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: