Bulutangkismania's Weblog

September 15, 2013

China Masters SS 2013 : Tanpa Tontowi/Liliyana-Ahsan/Hendra, Indonesia Masih Gamang

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 9:48 am

China Masters SS 2013Indonesia boleh berbangga saat mampu menyamai prestasi China di turnamen BWF World Championships 2013 dengan 2 gelar juara. Namun yang perlu di garis bawahi adalah dua emas tersebut berhasil disumbang oleh Tontowi/Liliyana dan Ahsan/Hendra yang memang sudah menunjukkan tajinya sejak awal tahun ini. Hasil semi final di turnamen ini semakin membuktikan bahwa selain dua pilar tersebut, posisi Indonesia masih tak sempurna.

 

Dua wakil terakhir di sektor campuran akhirnya menemui jalan buntu dan menyerah di tangan lawannnya masing-masing. Duet Riky Widianto/Richi Puspita Dili (RiRi, 6) sempat menghembuskan angin segar saat mampu meladeni permainan agresif ganda Korea Selatan, Yoo Yeon Seong/Eom Hy Won. Dengan banyak menurunkan bola di depan net dan terus menekan ganda Korea Selatan khususnya Eom Hye Won RiRi senantiasa mampu menyamakan kedudukan bahkan berbalik unggul 18-17. Sempat kembali tertinggal 18-20, permainan akurat dari Riky yang tidak hanya menguasai area depan lapangan namun juga gencar menggempur dari sektor baseline membuat duo R mampu menyamakan kedudukan bahkan berbalik unggul 21-20. Sayangnya kesalahan beruntun khususnya Richi di depan net membuyarkan mimpi Indonesia di gim pertama, 21-23.

 

“Riky/Richi sebetulnya sudah bermain bagus hari ini, tetapi di game pertama mereka kalah tenang. Ada dua bola tanggung yang gagal dikembalikan. Satu out, yang satunya luput dari jangkauan. Tetapi secara keseluruhan sudah bagus,” ungkap Nova Widianto seperti yang dilansir situs PBSI.

 

Richi kembali menjadi titik lemah duet Indonesia saat beberapa kali mengembalikan bola tanggung dan mengambang di depan net. Bermain sedikit ragu-ragu, bola-bola Richi juga berhasil ditebak dan dipatahkan dengan mudah oleh Yoo/Eom. Tak hanya itu, para pemain Korea juga berhasil memanfaatkan pertahanan yang kurang sempurna dari ganda Indonesia. Meskipun Riky sempat mencoba meminimalisir serangan Yoo/Eom dengan penempatan silang dan tak terduganya serta meng-cover sebagian besar area lapangan , beberapa pengembalian tak sempurna Richi membuat wakil Korea terus unggul dalam perolehan poin dan akhirnya memastikan kemenangan 21-17.

 

“Di game kedua, pasangan kita kurang berani adu permainan depan, makanya Richi banyak tertekan,” lanjut Nova.

 

Hasil ini sekaligus memupus peluang merah putih di turnamen ini setelah pada laga sebelumnya duet kakak-adik, Markis Kido/Pia Zebadiah (4) juga tak kuasa membendung unggulan ke-2 tuan rumah, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Peluang Kido/Pia (KiPi) untuk merebut gim pertama sebenarnya sempat terbuka saat mampu mengimbangi permainan cepat Zhang/Zhao dengan akurasi di depan net dan penempatan bola-bola tak terduganya. Keduanya bahkan mampu unggul 14-12, 16-14 dengan terus menekan duo Z. Namun di titik ini justru Zhang/Zhao kembali menemukan ritme mereka saat kesalahan beruntun dilakukan oleh KiPi yang menguntungkan duo China. Tujuh angka beruntun yang dikoleksi Zhang/Zhao mengubur impian KiPi, 16-21.

 

Pada gim kedua giliran pasangan China yang berkuasa dan mendominasi bola-bola di depan net. Beberapa kali KiPi gagal membendung drive-drive dan netting yang diperagakan duo Z. Tertinggal 0-4 hingga 5-13, KiPi hanya mampu memperkecil selisih angka di poin kritis 14-18. Selebihnya, kendali permainan dipegang oleh ganda China yang akhirnya mengamankan tiket final sang tuan rumah, 21-14 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: