Bulutangkismania's Weblog

September 21, 2013

Japan Open SS 2013 : Akane Yamaguchi, Rising Star-nya Jepang?

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 8:19 am

yonex-open-japan-2013Perkembangan sekor tunggal putri beberapa tahun terakhir memang di monopoli oleh para pemain muda di bawah usia 20 tahun. Jika Thailand memiliki Ratchanok Intanon, Spanyol dengan Carolina Marin, India-pun tak mau ketinggalan dengan PV Sindhu. Kali ini dua pemain muda beda negara, Jepang dan Taiwan akan sama-sama berduel untuk memperebutkan satu tiket final.

 

BWF World Junior Championships 2012 yang lalu di sektor tunggal putri memang didominasi oleh para pemain Jepang. Nozomi Okuhara dan Akane Yamaguchi berhasil melesat ke babak final untuk mengantongi gelar juara dan runner up. Setahun setelahnya, dua pemain ini ternyata mampu menunjukkan tajinya di turnamen kelas senior. Sayangnya di turnamen Malaysia Open SS 2013 yang lalu, Nozomi mengalami cedera saat menghadapi Saina Nehwal dan hingga saat ini belum pulih dengan kondisnya. Namun sang runner up, Akane Yamaguchi behasil menunjukkan kompetensinya di turnamen ini dengan mengantongi tiket semi final superseries perdananya.

 

Menghadapi kompatriotnya, Yu Hashimoto, Akane Yamaguchi yang dibabak sebelumnya membuat kejutan atas PV Sindhu (8) berhasil tampil taktis dengan serangan smash-smash-nya. Usai berjibaku selama 46 menit, Akane akhirnya berhasil mengukir kemenangan 21-12, 21-16.

 

Lawan Akane di empat besar adalah pemain muda lainnya asal Taiwan sekaligus sang juara bertahan, Tai Tzu Ying (6). Tai yang saat ini masih berusia 19 tahun merupakan tulang punggung Taiwan di sektor tunggal putri menggantikan sang veteran, Cheng Shao Chieh. Menghadapi andalan Jepang lainnya, Sayaka Takhashi, Tai yang terkenal dengan ritme ‘lambat panas’ ini berhasil memetik kemenangan dua gim langsung meskipun sebagian besar tertinggal dalam perolehan poin gim pertama. Dua kali match point yang berhasil direbut Sayaka berhasil digagalkan oleh Tai dengan ketenangannya untuk merebut kemenangan 22-20.

 

Kesalahan sendiri yang banyak dilakukan oleh Sayaka memudahkan Tai untuk mendominasi gim kedua dengan serangan dan penempatan bolanya di depan net, kemenangan 21-17 mengantarkan Tai pada babak semifinal untuk menantang Akane.

 

“Sejujurnya saya tidak mengira akan menang, saya sangat senang dengan hasil hari ini,” papar Tai bersemangat.

 

Sementara itu empat besar lainnya akan mempertemukan wakil negeri sakura lainnya, Shizuka Uchida dan Wang Yihan (4). Kedua pemain ini masing-masing berhasil membukukan kemenangan atas lawan senegaranya untuk memastikan tiket semi final. Shizuka menumbangkan Minatsu Mitani (7), 19-21, 21-13, 21-17 sedangkan Yihan mengalahkan Wang Shixian (5), 21-17,2 1-15.

 

“Saya tidak tahu dia, tidak pernah mendengar namanya bahkan tidak tahu penampilannya seperti apa. Tapi saat ini hanya ada 4 pemain tersisa dan saya berharap besok akan terjadi perlawanan sengit dan saya akan siap,” papar Yihan tentang calon lawannya.

 

Di sektor putra sang juara bertahan sekaligus unggulan teratas, Lee Chong Wei masih belum menemui kendala berarti untuk melenggang ke babak selanjutnya. Menghadapi pemain kualifikasi tuan rumah, Jun Takemura, Lee memetik kemenangan dua gim 21-10, 21-11. Selanjutnya andalan Malaysia ini akan menantang tunggal veteran lainnya, Nguyen Tien Minh (5) yang berhasil mengantongi kemenangan atas wakil India, Ajay Jayaram, 21-18, 21-13.

 

Semifinal lainnya akan mempertemukan wakil Jepang lainnya, Kenichi Tago (7) dan pemain muda China, Gao Huan. Kedua pemain ini sama-sama lolos dari hadangan para pemain India yang memang secara kuantitas memoloskan tunggal putra terbanyak di babak perempat final. Tago menundukkan Srikanth K, 21-12, 21-16 sedangkan Gao harus berjibaku tiga gim untuk melibas Prannoy H, 21-11, 20-22, 21-13 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: