Bulutangkismania's Weblog

September 23, 2013

Japan Open SS 2013 : China Koleksi Dua Gelar

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 8:31 am

yonex-open-japan-2013Tim negeri tirai bambu berhasil menambah koleksi gelar di turnamen Japan Open SS 2013 melalui sektor ganda putri lewat unggulan teratas, Ma Jin/Tang Jinhua setelah sebelumnya memastikan mahkota nomor campuran. Menghadapi tandem Denmark yang membuat kejutan di babak sebelumnya, dominasi duet peraih mahkota French Open SS 2013 dan Denmark Open SS Premier 2013 tanpa banyak kesulitan memenangkan pertandingan 2 gim langsung.

Setelah disepanjang tahun 2013 Ma Jin/Tang Jinhua hanya mampu menjadi ‘bayang-bayang’ seniornya, Wang Xiaoli/Yu Yang dan Tian Qing/Zhao Yunlei, kali ini mereka berhasil lepas dan berdiri sendiri untuk meraih gelar Superseries perdana di tahun ini. Menghadapi pasangan Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl (3) yang dua kali mereka taklukkan di pertemuan sebelumnya, Ma/Tang tampil percaya diri dan tak memberikan banyak peluang bagi tandem Denmark untuk mengembangkan permainan mereka.

Belajar dari kesalahan duet Jepang sebelumnya, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (2), Ma/Tang berhasil meredam serangan smash-smash keras yang biasanya menjadi senjata ampuh duo Denmark, Christinna/Kamilla. Tak seperi pada laga sebelumnya yang lebih menguras tenaha melalui reli-reli panjang, kali ini Ma/Tang lebih banyak menurunkan bola dan fokus serangan ke arah forehand tandem Denmark sehingga beberapa kali memaksa Christinna/Kamilla untuk bermain dengan tipe defensif.

Japan OpenMembuka keunggulan dengan 6-2 dan terus meluncur hingga 14-7, tak banyak yang mampu dilakukan oleh kolaborasi Denmark untuk meredam permainan Ma/Tang. Pasangan China akhirnya menutup gim pertama, 21-11. Beberapa olahan bola Ma Jin baik dengan mengubah pace maupun penempatan bola di area baseline kian membuat ganda China sukses mendulang poin demi poin.

Mencoba untuk bangkit dan terus menekan, Christinna/Kamilla jusru berbalik melakukan kesalahan sendiri saat Ma/Tang berhasil mementalkan serangan dan bloking yang mereka lakukan serta balik menyerang dengan placing tak terduganya. Meskipun tidak sedrastis seperti pada gim pertama, kali ini Ma/Tang kembali memegang kontrol permainan.

Dari titik 7-4 hingga 13-7, duet China beberapa kali berhasil mengantisipasi permainan cepat yang coba diperagakan Christinna/Kamilla. Meskipun ganda Denmark sempat memperkecil selisih angka 11-14, banyaknya unforced error yang dilakukan oleh Christinna/Kamilla kembali membuat mereka tertinggal dalam perolehan angka 20-12. Tak membutuhkan banyak peluang, Ma/Tang akhirnya sukse mengantongi kemenangan 21-14 untuk mempersembahkan gelar bagi negaranya.

“Kami sudah menyiapkan pertandingan ini tapi ternyata berjalan lebih mudah dari yang kami perkirakan. Ini gelar perdana kami sejak dipasangan, saya sangat senang,” ungkap Tang Jinhua paska pertandingan.

WD Winner Japan Open 2013“Segenap anggota tim kami sangat letih karena jadwal turnamen yang sangat padat. Keinginan untuk  meningkatkan kemampuan kami adalah motivasi yang membuat kami terus bertahan. Saya senang karena jadwal Japan Open membuat kami bisa makan tepat waktu, tidur dengan cukup, bahkan memberikan sedikit waktu untuk berbelanja,” ujar Ma menambahkan.

“Saya pikir saya akan menggunakan semua uang hadiah saya untuk berbelanja. Kami berencana untuk ke Disneyland malam ini!,” lanjutnya sembari tersenyum.

Gelar ini merupakan raihan kedua bagi tim China karena sebelumnya anak-anak asuhan Li Yongbo tersebut sudah memastikan mahkota di sektor campuran yang akhirnya menjadi milik Zhang Nan/Zhao Yunlei (2). Zhang/Zhao mendapatkan kemenangan ‘gratis’ tanpa bertanding setelah sang lawan Xu Chen/Ma Jin mengundurkan diri karena alasan demam tinggi yang dialami oleh Xu Chen (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: