Bulutangkismania's Weblog

Oktober 21, 2013

Denmark Open SS Premier 2013 : Supremasi China Borong Empat Gelar

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 9:36 am

yonex-denmark-open-20131Selain mengantongi mahkota sektor campuran, China juga sukses menunjukkan dominasinya di tiga nomor lainnya, tunggal putra-putri dan ganda putri. Hanya Wang Yihan yang harus berpeluh dalam laga ketat tiga gim saat menantang Sung Ji Hyun, selebihnya China tampil perkasa dengan kemenangan straight set.

 

Meskipun harus kehilangan dua pilarnya di sektor putri, Li Xuerui (1) dan Wang Xiaoli yang memilih mundur dari tur Eropa dan kembali ke Beijing karena alergi kulit dan faktor cuaca buruk, anak-anak asuhan Li Yongbo berhasil mempertahankan hegemoni mereka atas lawan-lawannya dengan mengantongi empat gelar. Gelar perdana disumbang oleh Wang Yihan (5) yang kembali tampil konsisten ketika menghadapi pemain nomor satu Korea Selatan, Sung Ji Hyun (6).

 

Yihan Denmark 1Pertandingan melelahkan dengan reli-reli panjang dan tehnik sempurna khas tunggal putri tersebut berlangsung selama 83 menit dan kedua pemain saling berusaha menunjukkan kegigihannya untuk tetap berjuang sampai selesai meskipun kelelahan dan harus jatuh bangun. Ketahanan seorang Wang Yihan memang patut diacungi jempol mengingat sebelumnya Yihan juga bertanding tiga gim selama lebih dari 70 menit untuk menyingkirkan Ratchanok Intanon (2).

 

 

 

Sung Denmark 1Yihan membuka gim pertama dengan keunggulan 2-0 dan terus mempertahankan ritmenya hingga memimpin jauh 15-9. Namun Sung tak lantas menyerah begitu saja, berusaha tampil menekan dengan smash-smash, drop shot, netting dan penempatan bola ke area baseline tak terjangkau, Sung berusaha memanfaatkan setiap celah yang ada sehingga membuat Yihan tak berdaya. Sung mampu berbalik memimpin setelah mengantongi 8 angka secara beruntun. Yihan sempat menambah satu poin sebelum akhirnya Sung kembali mengoleksi 4 poin berturut-turut dari pengembalian melebar Yihan di area baseline dan di depan net karena posisinya yang tak sempurna sehingga menutup gim pertama 21-16.

 

Yihan Denmark 2Saling mengejar angka yang lebih intens dengan selisih maksimal 3 poin berlangsung di gim kedua. Minimnya kesalahan sendiri dari kedua pemain serta pertahanan yang baik membuat reli berjalan ekstra ketat dan bola-bola sulit yang mampu dikembalikan oleh masing-masing pemain beberapa kali mengundang decak kagum penonton. Jual beli serangan dengan berduel smash, netting, drop shot, bola-bola silang dan cop tersaji indah di gim kedua sebelum akhirnya Ji Hyun meraih dua kali keunggulan, 17-16 dan 18-17. Perubahan intensitas, sudut dan arah serangan juga kian menyulitkan posisi masing-masing. Tiga kesalahan beruntun Sung di depan net baik itu gagal menybrangkan bola maupun antisipasi netting yang terlalu tanggung setelah beradu reli memastikan Yihan untuk membuka peluangnya di gim ketiga, 21-18.

 

Sung Denmark 2Sung kembali sukse mendominasi gim ketiga dengan unggul 8-5 hingga 17-13 dengan smash-smash keras, kesalahan sendiri dan bola tanggung Yihan. Kedua pemain tetap berjuang di sela-sela energi yang terkuras untuk mendapatkan momentum dari keteledoran sang lawan. Tak hanya beradu smash dan olahan bola di depan net, beberapa kali kedua pemain juga memvariasikan serangan dengan lob dalam yang jauh dari jangkauan meskipun sempat di beberapa pengembalian kehilangan akurasinya.

 

 

 

Yihan Denmark 4Sayangnya di titik 17-13, Sung tak mampu mempertahankan ritmenya dan balik tertinggal 18-20 ketika Yihan sukses mempercepat tempo serangan dengan smash, drop shot silang, dan pengembalian melebar Sung setelah reli-reli panjang. Namun Sung mempertahankan peluangnya dengan dua poin beruntun dari pengembalian Yihan yang terlalu melebar dari area baseline. Netting Yihan yang diantisipasi Sung terlalu tinggi dan akhirnya diselesaikan dengan smash Yihan serta pengembalian melebar Sung setelah tersodok smash keras Yihan memastikan tunggal kedua China tersebut meraih gelar Superseries keduanya di tahun ini, 22-20.

 

 

Winner WS Denmark 2“Benar-benar pertandingan yang ketat. Walaupun saya merasa letih tapi saya berhasil menunjukkan kekuatan yang solid,” papar Yihan usai pertandingan.

 

“Saya merasa nyaman bermain di Denmark dan saya pernah menang disini sebelumnya dan dukungan para penonton yang tak hentinya mendukung saya juga sangat membantu,” lanjutnya kemudian.

 

“Setiap orang berharap dapat bermain seperti pertandingan kami tadi. Kami mampu menunjukkan standar pertandingan kelas tinggi. Oleh karena itu kemenangan ini terasa lebih memuaskan,” pungkas Yihan.

 

Bao/Tang Lengkapi Kejayaan Putri China

 

BaoTang DenmarkSukses di sektor tunggal, para pemain putri China Bao Yixin/Tang Jinhua juga berhasil mengemban tugas di nomor ganda dengan sempurna. Meskipun baru dipasangkan pekan lalu keduanya mampu menjadi kampiun Dutch Open GP Gold 2013 dan secara beruntun kali ini Bao/Tang kembali meingkatkan level permainan mereka dengan menjuarai turnamen ini.

 

 

Berhadapan dengan andalan tuan rumah, Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl (2), pasangan China Bao Yixin/Tang Jinhua tampil dengan pertahanan sempurna dan jeli dalam melihat peluang celah-celah tak terjaga tandem Denmark. Penempatan Bao/Tang setelah menampilkan pertahanan yang solid berbalik menjadi serangan yang mematikan bagi Christinna/Kamilla. Tak hanya bola tanggung, pengembalian duo Denmark pun akhirnya banyak terbentur net atau melebar keluar lapangan.

 

ChrisKamil DenmarkBao/Tang unggul 11-7 di gim pertama namun Christinna/Kamilla sukses menyamakan kedudukan di angka 13 dan 14. Meskipun Denmark mencoba menekan dengan bola-bola smash keras dan potongan setengah lapangannya, Bao/Tang tampil lebih cerdik menempatkan bola di sudut tak terjangkau sehingga memaksa Christinna/Kamilla melakukan kesalahan sendiri. Bahkan di beberapa poin di gim kedua, Bao tampil berani dengan maju mengadu drive untuk membloking bola serta penempatan tipis di depan net. Kesalahan yang tak terus menerus di lakukan Christinna/Kamilla membuat Bao/Tang terus memimpin set kedua dan duel berdurasi 40 menit tersebut akhirnya dimenangkan Bao/Tang, 21-16, 21-13.

 

winner wd Denmark 1“Kemenangan hari ini sama sekali tidak disangka oleh kami dan sampai sekarang kami masih belum yakin sejauh mana kolaborasi ini akan dipertahankan ke depannya,” ungkap pasangan China usai pertandingan (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: