Bulutangkismania's Weblog

Oktober 26, 2013

French Open SS 2013 : ‘Banjir’ Error, Tontowi/Liliyana Tersingkir

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 12:03 pm

French Open 2013Setelah pada pekan lalu duet Tontowi/Liliyana tidak tampil dengan performa terbaiknya di babak empat besar, kali ini keduanya kembali tampil underperformed  saat menantang kolaborasi Inggris, Chris Adcok/Gabrielle White. Sebelumnya, Chris/Gabby juga sukses menjungkalkan unggulan Indonesia lainnya, Markis/Pia (8) dua gim langsung.

 

Tampil menekan di area depan dengan bloking-bloking maupun bola-bola potongnya ternyata strategi Chris/Gabby cukup ampuh membuat kesulitan pasangan Indonesia yang akhirnya mengembalikan bola dengan tidak sempurna. Selain itu Chris juga sukses mengacak pertahanan Tontowi/Liliyana dengan penempatan tak terduganya untuk kemudian melancarkan smash-smash keras yang menulitkan pasangan merah putih.

 

Meskipun penampilan tak solid Tontowi/Liliyana sempat membuat mereka tertinggal jauh 5-12 di gim pertama, kematangan dan pertahanan mereka berhasil menyamakan kedudukan di angka 16 dan 19 namun sayangnya belum mampu membalikkan keadaan karena masih banyaknya kesalahan sendiri yang dilakukan keduanya. Servis terlalu pendek, bola-bola tanggung di atas net maupun lob karena pengembalian yang  tak sempurna serta kesalahan Tontowi yang terburu-buru saat melakukan netting memastikan gim pertama menjadi milik Inggris, 22-20.

 

Penampilan Tontowi/Liliyana juga tak terlalu banyak berubah di gim kedua. Masih dalam kondisi tertekan karena kehilangan set pertama, mereka sempat bangkit di paruh awal 7-3 dan 10-7. Namun situasi ini tidak berlangsung lama karena kembali kesalahan demi kesalahan membuat Tontowi/Liliyana tertekan dan memberikan peluang bagi Chris/Gabby untuk menekan balik. Puncaknya paska kedudukan 17-16, pengembalian beuruntun Liliyana yang terlalu melebar setelah banyak dipaksa untuk mengangkat bola oleh tandem Inggis memastikan kemenangan duo pengantin baru ini 21-17.

 

Hasil ini kian memastikan keduanya diantaranya persaingan elit dunia. Meskipun hanya sempat mengecap prestasi terbaik di peringkat 10 dunia karena prestasi yang masih labil, kekompakan Chris/Gabby di tahun ini kian meningkat dan beberapa kali mampu mengatasi perlawanan ganda yang secara peringkat berada diatas mereka.

 

Seperti di laga sebelumnya, pasangan Inggris ini mampu menjungkalkan wakil Indonesia, Markis/Pia (8) dengan skor telak 21-8, 21-8. Kesuksesan ini menyambung hasil gemilang Chris/Gabby atas Markis/Pia di babak kedua Denmark Open SS Premier 2013.

 

Selanjutnya, Chris/Gabby kian dituntut konsistensinya karena unggulan teratas, Zhang Nan/Zhao Yunlei akan menjadi penantang mereka berikutnya. Zhang/Zhao berhasil merebut tiket empat besar atas wakil negeri jiran, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (5), 21-14, 21-12.

 

Indonesia akhirnya harus mengubur peluang sektor andalan ganda campuran setelah pada laga lainnya, Praveen Jordan/Vita Marissa kandas di tangan unggulan ke-2, Xu Chen/Ma Jin. Kalah agresif di gim pertama, 12-21, Praveen/Vita sempat mengubah strategi dan sukses balik menekan Xu/Ma dengan unggul dari awal gim hingga gerbang rubber set 20-17. Sayangnya penampilan kurang tenang dan terburu-buru khususnya di depan net membuat keadaan berbalik dan memontum ini dipergunakan dengan sempurna oleh Xu/Ma untuk menamatkan keduanya, 25-23 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: