Bulutangkismania's Weblog

Oktober 26, 2013

French Open SS 2013 : Kirsty Gilmour Naik Daun, Intanon Tersingkir

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 11:47 am

French Open 2013Setelah beberapa waktu yang lalu pemain Spanyol, Carolina Marin mampu menunjukkan eksistensi Eropa di tengah dominasi para pemain Asia kali ini giliran tunggal Skotlandia, Kirtsy Gilmour yang mencoba untuk menyusul kesuksesan Marin dalam mendobrak hegemoni Asia.

 

Menjadi runner up turnamen London Open GP Gold 2013 dengan menghempas dua pemain Asia Maria Febe dan Sayaka Sato dua gim langsung, Kirsty kembali sukses menunjukkan konsistensinya di turnamen French Open SS 2013 dengan menundukkan pemain muda India, Pusarla Venkata Sindhu. Dalam pertandingan berdurasi satu jam tersebut, Kirsty tampil dengan perfroma terbaiknya dan mampu mengimbangi sang penakluk runne rup Denmark Open SS Premier 2013 ini dalam laga tiga gim, 10-21, 21-19, 21-16.

 

Di laga delapan besar, langkah Kirsty akhirnya dihentikan oleh tunggal Korea Selatan, Bae Yeon Ju yang sebelumnya membuat kejutan atas Saina Nehwal (4). Jika di babak enam belas besar Yeon Ju menang ketat, 20-22, 21-15, 22-20 maka di laga delapan besar tunggal kedua Korea Selatan tersebut menyingkirkan Kirsty 19-21, 21-14, 21-15.

 

Sindhu sendiri sebenarnya mampu membuat kejutan terbesar di laga babak pertama sebelumnya. Kurang dari 30 menit, Sindhu sukses memanfaatkan penampilan tak sempurna Sung Ji Hyun (6) setelah pada pekan lalu berjibaku dalam laga melelahkan hingga ke partai final, 21-8, 21-12. Sayangnya pemain muda India ini masih labil dan akhirnya kandas di babak kedua.

 

Juara bertahan tahun lalu, Minatsu Mitani sempat membuat kejutan terbesar di babak kedua untuk mempertahankan mahkotanya dengan melibas unggulan ke-3 asal Jerman, Juliane Schenk, 21-18, 21-14. Namun sayangnya konsistensi performa Mitani justru menurun saat menghadapi lawan lain yang berperingkat lebih rendah. Porntip Buranaprasertsuk mengubur impian Mitani untuk mengulang kesuksesannya 18-21, 21-12, 21-16.

 

Meskipun harus kehilangan Minatsu Mitani, Jepang masih menyimpan peluangnya di sektor ini setelah pemain senior Eriko Hirose berhasil mengatasi perlawanan unggulan ke-8 asal Taiwan, Tai Tzu Ying dalam laga tiga gim 11-21, 21-14, 21-18.

 

Juara Dunia Tersingkir

 

Performa yang menurun juga dialami oleh unggulan ke-2 asal Thailand, kampiun BWF World Champhionships 2013, Ratchanok Intanon. Setelah pada pekan lalu Intanon dijegal Wang Yihan di empat besar, kali ini giliran Wang Shixian (7) yang menambah panjang daftar kemenangannya atas pemain muda sang gajah putih tersebut.

 

Banyaknya kesalahan sendiri yang dilakukan Intanon di gim pertama membuat Shixian dengan mudah mendominasi serangan dan penempatan bola-bola sulitnya. Usai mengunci Intanon dan menang telak 21-10 d gim pertama, Shixian sempat dibuat ketar ketir saat Intanon mulai menemukan ritme terbaiknya dan mengimbangi serangan tunggal ke-3 China tersebut. Saling bergantian memimpin perolehan poin dengan selisih 1-3 angka berlangsung dari awal hingga kedudukan 20-20 di gim kedua. Smash silang dan penempatan lob serang Shixian ke area baseline yang di kira keluar oleh Intanon akhirnya memastikan kemenangannya 22-20 untuk meraih tiket semi final.

 

Indonesia sendiri sudah kehilangan wakilnya di babak pertama setelah satu-satunya wakil yang tersisa, Lindaweni Fanteri gagal mengimbangi permainan tunggal Hong Kong, Chan Tsz Ka, 13-21, 21-15, 10-21 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: