Bulutangkismania's Weblog

Oktober 26, 2013

French Open SS 2013 : Tunggal Indonesia Habis

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 12:02 pm

French Open 2013Dua wakil merah-putih tersisa di babak delapan besar turnamen French Open SS 2013, Tommy Sugiarto (8) dan Hayom Rumbaka sama-sama harus menelan pil pahit kekalahan 2 gim atas lawan mereka yang lebih diunggulkan. Sementara itu unggulan teratas Lee Chong Wei masih belum menemui kesulitan dan menang dua gim langsung atas lawan-lawannya.

 

Setelah di babak sebelumnya Hayom Rumbaka sempat membuat kejutan dengan menumbangkan runner up turnamen ini, Viktor Axelsen serta sang senior Sony Dwi Kuncoro yang sukses menumbangkan Marc Zwiebler (8) 21-19, 16-21, 21-9. Prestasi tersebut ternyata belum cukup mampu untuk membuat kejutan atas unggulan ke-4 yang juga merupakan tunggal nomor satu Denmark, Jan O Jorgensen.

 

Hayom yang menantang Jorgensen sebanarnya mendominasi perolehan poin di gim pertama. Memimpin jauh 11-5 hingga 18-14 di angka kritis, mental bertanding Hayom yang sedikit goyah memberikan kepercayaan diri bagi Jorgensen untuk mengembangkan permainannya dan balik menekan sehingga berhasil membalikkan keadaan dengan 6 angka beruntun. Tak mau menyiakan peluang yang ada, Jorgensen menutup harapan Hayom, 21-19.

 

Paska kedudukan 12-11 di gim kedua, anti klimaks kembali dialami oleh Hayom yang beberapa kali tak mampu mengembalikan bola-bola sulit yang dilancarkan oleh Jorgensen. Lima poin beruntun kembali menjadi momentum bagi Jorgensen untuk memupus mental Hayom sehingga Jorgensen sukses memastikan kemenangannya 21-13.

 

Senasib dengan Hayom, Tommy juga harus mengalami kekalahan dua gim atas unggulan ke-3, Kenichi Tago setelah sempat mengimbangi permainan tunggal terbaik Jepang tersebut dan tampil ngotot. Paska berimbang 6-6 di gim pertama, kedua pemain yang sama-sama tampil taktis ini saling bergantian memimpin perolehan poin hingga kedudukan 19-19. Sayangnya inisitiaf dan peluang untuk menyerang lebih dulu berada di atangan Tago sehingga sukses mengantongi kemenangan dengan dua poin beruntun.

 

Tommy kembali menunjukkan di gim kedua kalau dirinya mampu bersaing dengan elit dunia berperingkat lebih baik dengan sukses mengimbangi Tago di angka 17 setelah sebelumnya tetringgal 7-11 hingga 13-17. Kembali berimbang di angka 19, faktor mental dan kematangan mengeloloa tempo serangan menjadi kunci penting dan posisi Tommy yang sudah kehilangan gim pertama membuatnya beberapa kali tertinggal. Meskipun sempat dua kali meredam peluang match point Tago, Tommy akhirnya harus kembali menyerah 21-23.

 

Dengan kemenangan ini Tago akan menghadapi unggulan teratas Lee Chong Wei sekaligus mengulang final Japan Open SS 2013 yang lalu. Chong Wei sendiri belum nemenui kesulitan berarti atas lawan-lawannya dan senantiasa mampu menang dua gim langsung. Menjajal unggulan ke-6 asal Thailand, Boonsak Ponsana, Lee unggul 21-13, 21-17.

 

Namun peluang Thailand di sektor ini masih terbuka setelah andalan lainnya, Tanongsak Saensomboonsuk berhasil menekuk tunggal Hong Kong, Hu Yun, 21-15, 21-19 untuk menjajal Jan O Jorgesen (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: