Bulutangkismania's Weblog

Oktober 27, 2013

French Open SS 2013 : Ganda Campuran Milik China

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 1:20 pm

French Open 2013Dua unggulan teratas sektor ganda campuran sama-sama sukses memastikan diri ke laga pamungkas sekaligus mengamankan satu gelar untuk China. Zhang/Zhao sempat terseok menghadapi duo pengantin baru, Chris/Gabby di gim pertama namun tak menemui banyak kesulitan di dua set berikutnya sedangkan Xu/Ma justru melewati laga ketat di gim kedua saat menjajal tandem senior Thailand.

 

Duet Inggris yang sempat membuat dua kejutan beruntun mengalahkan dua ganda teratas Indonesia, Markis/Pia (8) dan Tontowi/Liliyana di babak sebelumnya tampil percaya diri di gim pertama dengan bola-bola agresif dan menyulitkan pasangan China, Zhang Nan/Zhao Yunlei (1). Sergapan dan bloking Chris/Gabby di depan net membuat mereka senantiasa mampu memimpin perolehan poin meskipun akhirnya disamakan oleh duo Z. Momentum diraih oleh tandem Inggris saat tertinggal 15-16 dengan 3 poin beruntun. Beberapa pengembalian tak sempurna Zhang/Zhao kian melejitkan Chris/Gabby 20-17 dan akhirya menutup set pertama, 21-18.

 

Kesalahan sendiri yang beruntun dilakukan Chris/Gabby dalam berduel di depan net paska kedudukan 7-7 di gim kedua berbalik menjadi bumerang yang membuat tandem China akhirnya berkembang dan mengontrol permainan. Zhao Yunlei yang sukses menjalankan fungsinya sebagai pemain putri dengan bloking-bloking ceoat di depan net menjadi kunci bagi China untuk meredam perlawanan duo Inggris di set kedua, 21-14.

 

Mencoba untuk menerapkan strategi yang sama seperti pada gim pertama, Chris/Gabby masih belum mampu meminimalisir kesalahan sendiri dan beberapa bola tanggung di atas net. Sementara itu Zhang/Zhao terus melakukan variasi serangan baik di depan net maupun smash-smash keras dari area baseline. Unggul jauh 7-1 hingga 16-9, duo Z akhirnya kembali sukses merebut gim ini dan memadamkan semangat pasangan Inggris untuk melangkah ke final Superseries pertama kalinya, 21-13.

 

China akhitnya memastikan diri merebut gelar sektor campuran setelah pada laga lainnya Xu Chen/Ma Jin (2) juga melenggang ke partai final dengan menekuk kolaborasi Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam (7). Bermain menekan sejak awal gim pertama duo China sukses mengantongi poin demi poin meskipun beberapa kali sempat terkecoh dengan penempatan tak terduga dan variasi serangan Sudket/Saralee. Kesenioran pasangan Thailand sangat terlihat dengan olahan bola mereka di tempat tak terduga serta intensitas dan arah pukulan yang berubah tiba-tiba.

 

Usai menelan kekalahan 12-21 di gim pertama, Sudket/Saralee sebenarnya memiliki peluang untuk membalas 5 kali kekalahan beruntun atas Xu/Ma ketika mampu membalikkan keadaan di gim kedua dari kedudukan 7-9 dengan 5 angka berturut-turut. Keduanya bahkan sanggup meluncur hingga 17-12 dan membuka peluang untuk memaksa rubber game dengan variasi bola tipuan dan penempatan tak terduga. Namun Zhang/Zhao kembali meraih momentum kedua mereka saat sukses mengoleksi 6 angka beruntun dengan bloking dan sergapan cepat di depan net. Sudket/Saralee kembali menyeimbangkan angka di  titik 18 namun antisipasi yang salah ganda Thailand dan penempatan akurat dari Zhang/Zhao memastikan tiket final bagi mereka, 21-19 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: