Bulutangkismania's Weblog

Oktober 27, 2013

French Open SS 2013 : Jinakkan Chong Wei, Tago Sukses Balas Dendam

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 1:22 pm

French Open 2013Empat belas kali pertemuan dengan sang peringkat satu dunia yang terhelat sejak tahun 2009, tak satupun mampu dimenangkan oleh Kenichi Tago (3). Kali ini tunggal nomor satu Jepang tersebut berhasil membalikkan fakta sejarah tersebut dengan merebut kemenangan perdananya setelah tampil tiga gim dalam laga berdurasi 60 menit.

 

Permainan agresif Kenichi Tago (3) saat menantang unggulan teratas, Lee Chong Wei sebenarnya sudah tersaji sejak awal gim pertama. Meskipun senantiasa tetringgal dalam perolehan angka, Tago tak pernah surut menantang Lee dalam berduel di depan net maupun menghujamkan serangan demi serangan ke bidang pertahanan Lee. Tertinggal 2-7 hingga 10-16, Tago meraih momentum pertamanya saat sukses menyamakan kedudukan dengan tampil menekan dalam penempatan bola di depan net, drive-drive cepat maupun smash-smash keras. Sayangnya akurasi Tago yang kurang cermat di angka kritis membuat Lee kembali unggul 19-16 dan akhirnya menutup set pertama, 21-17.

 

Penempatan bola akurat Tago yang sulit diantisipasi Lee serta serangan beruntun dan kesalahan sendiri yang dilakukan Lee membuat Tago mampu mengoleksi 10 angka beruntun setelah sebelumnya berimbang di angka 6. Lee sempat bangkit dan mencoba mengejar dengan serangan khas drop shot, netting dan smash nya serta duel adu drive di depan net dengan mengubah sudut serangan dan intensitasnya hingga kedudukan 16-20. Mental Tago yang sedikit goyah juga membuatnya melakukan beberapa kesalahan sendiri di titik ini. Namun selisih poin yang terlalu jauh ditutup oleh netting Lee yang tidak sempurna sehingga memaksa terjadinya rubber game.

 

Lee Chong Wei sempat mencoba mempercepat tempo serangan di paruh awal gim ketiga. Usai kedudukan 3-3, Tago kembali mengontrol jalannya pertandingan dengan serangan smash-smash, penempatan bola, serta adu drive yang di antisipasi tak sempurna Chong Wei. Netting tipis Tago yang memaksa Lee mengangkat bola dan dieksekusi dengan smash Tago, penempatan Tago di area baseline, pengembalian Lee yang terlalu melebar, smash beruntun Tago yang dikembalikan tanggung Lee dan ditutup oleh cegatan Tago di depan net menutup interval gim pertama 11-5 untuk Tago.

 

Tak hanya giat melancarkan serangan, Tago juga berkali-kali terlihat berani dalam mengadu netting tipi di depan net serta drive-drive cepat. Penempatan bola Tago di area baseline, netting Lee yang tak melewati bidang permainannya serta smash Tago yang gagal diantisipasi Lee membuat tunggal Jepang tersebut kian menjauh 15-8 hingga 16-10.

 

Duel netting yang dimenangkan Tago, smash potong, menyilang yang dilakukan Tago serta serangan Lee yang membentur net mengantarkan peringkat 4 dunia tersebut merebut 4 angka beruntun sehingga meraih game point 20-10. Lee sempat menambah 2 angka dari pengembalian Tago yang tak melewati net serta adu netting yang dikembalikan tanggung oleh Tago. Duel drive-drive cepat yang ditutup oleh smash Tago dari pengembalian tanggung Lee akhirnya menamatkan gim ketiga sekaligus menorehkan sejarah bagi Tago untuk pertama kalinya sukses menekuk tunggal terbaik dunia tersebut.

 

Selanjutnya Tago akan ditantang oleh wakil Eropa yang tersisa di turnamen ini, Jan O Jorgensen (4) untuk memperebutkan podium juara. Jorgensen sendiri harus berjibaku 3 gim untuk menghempas wakil Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk, 21-18, 18-21, 21-10 dalam pertandingan berdurasi 50 menit (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: