Bulutangkismania's Weblog

Oktober 27, 2013

French Open SS 2013 : Shixian Tantang Porntip

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 1:19 pm

French Open 2013Setelah di beberapa turnamen level Superseries dan BWF, Wang Shixian (7) sempat tampil inkonsisten dan hanya mampu menjadi bayang-bayang dua pemain China lainnya, Li Xuerui dan Wang Yihan, kali ini Shixian berhasil menjadi satu-satunya harapan China dan tampil dominan untuk memastikan diri ke babak final.

 

Usai mengantongi kemenangan atas kampiun BWF World Championships 2013, Ratchanok Intanon (2) dua gim langsung di laga perempat final sebelumnya, motivasi dari seorang Wang Shixian kembali terlihat saat berhadapan dengan Bae Yeon Ju untuk meloloskan diri ke parta puncak. Meskipun Bae sempat bangkit di paruh akhir gim kedua, bekal 9 kali kemenangan Shixian tanpa kalah membuat tunggal ketiga China tersebut tampil percaya diri.

 

Unggul dari variasi serangan smash-smash silang dan olahan bola di depan net, Shixian langsung membuka gim pertama dengan perolehan poin 7-1. Meskipun Yeon Ju sempat mencoba bangkit dan permainan depannya namun kesalahan sendiri yang juga seringkali dilakukan Bae membuat Shixian terus memimpin hingga kedudukan 14-7 dan 18-12. Meskipun Bae sempat mempertipis selisih angka 19-20, Shixian yang tampil lebih taktis akhirnya sukses mengunci Bae di gim pertama, 21-19.

 

Gim kedua berlangsung lebih dinamis dan saling mengejar poin sudah terjadi sejak awal set. Keunggulan Shixian 12-7 atas Bae dari penempatan bola dan permainan di depan net tak bertahan lama saat Bae mampu menyamakan kedudukan dan balik unggul 15-12. Memanfaatkan beberapa kesalahan Shixian serta akurasi penempatan bola di depan net Bae terus memimpin hingga match point 20-17. Namun peluang untuk memperpanjang ‘nafas’ ternyata urung terealisasi setelah Shixian sukses mempercepat tempo dan mengubah variasi dan intensitas serangan. Empat angka berturut-turut yang di koleksi oleh Shixian memastikan tiket final jatuh ke tangannya, 21-17.

 

Lawan Shixian berikutnya adalah tunggal Thailand, Porntip Buranaprasertsuk yang tanpa kesulitan menyudahi perlawanan Eriko Hirose dengan skor telak 21-13, 21-8. Eriko sempat unggul di apruh awal gim pertama namun banyaknya kesalahan sendiri yang dilakukan oleh tunggal Jepang tersebut serta antisipasi yang sedikit lambat membuat Porntip memegang penuh kendali permainan khususnya pada gim kedua. Tak hanya unggul dari serangan, Porntip juga terampil mengolah bola untuk menunggu momentum yang tepat dalam melancarkan serangannya.

 

Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan Ponrtip di dua pertemauan sebelumnya di turnamen Japan Open SS 2012 dan Singapore Open SS 2013 dimana kala itu Pontip menyerah dua gim langsung (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: