Bulutangkismania's Weblog

Oktober 28, 2013

French Open SS 2013 : Duel Campuran China, Suguhan Elit Kelas Dunia

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 11:19 pm

French Open 2013Jika biasanya para penonton dikecewakan dengan aksi ‘walkover’ para pemain China saat bertemu kompatriotnya, tidak demikian yang terjadi di laga puncak turnamen ini. Disaksikan langsung oleh kepala pelatih utama, Li Yongbo di tribun penonton, masing-masing para pemain China khususnya sektor campuran terlihat mati-matian mengerahkan kemampuan terbaiknya sehingga beberapa kali mengundang decak kagum para penonton.

 

Adu smash beruntun serta pertahanan yang solid saling bergantian ditunjukkan oleh dua pasangan papan atas China, Zhang Nan/Zhao Yunlei (1) dan Xu Chen/Ma Jin (2). Meskipun saling berjibaku di bawah bendera yang sama, terlihat benar bahwa kedua pasangan saling berusaha untuk menjadi yang terbaik sejak awal hingga titik akhir set kedua. Dalam laga berdurasi 63 menit tersebut, para penonton yang memadati Stade Pierre De Coubertin di suguhkan permainan elit kelas dunia antara kedua ganda China.

 

Saling bergantian menyerang dan mengandalkan pertahanan membuat kedua pasangan beberapa kali harus jatuh bangun baik dalam arti sebenarnya maupun dalam perolehan poin. Tak lebih dari 3 angka selisih yang mampu dikumpulkan oleh masing-masing pasnagan. Duel Zhao Yunlei dan Ma Jin di area depan sangat menentukan bagi Zhang Nan dan Xu Chen untuk melepaskan serangan demi serangan. Secara agresivitas dan peluang untuk menekan, Xu/Ma memang lebih diunggulkan namun secara pertahanan dan kerapian permainan termasuk konsistensi serangan, Zhang/Zhao mampu tampil lebih baik. Serangan beruntun Xu sebagai ‘the most aggressive player’ memang patut diacungi jempol, dengan segenap usaha tekanannya memaksa sang lawan hingga beberapa kali mengubah rotasi dimana Zhao Yunlei lebih banyak berada di belakang,

XuMa French 2ZhangZhao French 1

 

Beberapa kali Xu/Ma sempat unggul 10-7, 16-13 hingga 19-17, namun Zhang/Zhao dengan pertahanan dan konsistensi serangannya senantiasa mampu menyamakan kedudukan bahkan membalikkan keadaan. Termasuk saat tertinggal dengan 3 angka beruntun dari smash beruntun Zhang/Zhao, adu drive cepat dan netting serta bola tanggung Ma Jin yang diselesaikan dengan smash Zhao justru membalikkan keadaan menjadi 20-19. Dua poin beruntun Xu/Ma dari pengembalian tak sempurna Zhao dan smash backhand Xu kembali mengantarkan mereka pada game point 21-20, lagi-lagi Zhang/Zhao membalas dengan pengembalian melebar Xu dan smash beruntunnya.

XuMa French 1

Enam kali kesmepatan match point Xu/Ma berhasil dipatahkan oleh duo Z dan jual beli serangan antara kedua pasangan senantiasa mengundang decak kagum dan tepuk tangan para penonton. Xu/Ma sebenarnya lebih agresif dan mendapatkan peluang lebih banyak dalam menekan namun kesalahan sendiri karena tidak tenang atau terburu-buru saat mengembalikan bola khususnya oleh Xu Chen justru membuat peluang yang ada berbalik menjadi bumerang bagi mereka.

XD French 1

Pengembalian Ma Jin yang melebar kembali menyamakan kedudukan di angka 26. Smash beruntun Xu yang ditutup dengan kesalahan sendiri menyangkut di depan net memutar keberuntungan menjadi milik Zhang/Zhao. Reli-reli panjang saling menekan dan mengandalkan pertahanan solid diakhiri dengan bola tanggung Ma Jin di depan net yang di eksekusi dengan sempurna oleh Zhang Nan, 28-26.

XD French 2

XD French 3

XD Winner French 3

Peluang untuk menekan kembali lebih banyak dikoleksi oleh Xu/Ma di gim kedua. Keduanya mampu unggul 8-5 hingga 12-10. Namun keadaan berbalik saat 3 poin beruntun diraih Zhang/Zhao sehingga membuat mereka memimpin 13-12. Terus meluncur dengan 16-13 hingga 19-16 dari kesalahan antisipasi Ma Jin dan bola tanggung Ma yang dibloking dengan baik oleh Zhao, smash Xu Chen yang sempat menghantam net dan bergulir jatuh ke area Zhang/Zhao mengubah angka menjadi 17-19. Dua pengembalian melebar, Ma Jin dari smash Zhang Nan dan Xu Chen saat mencoba menempatkan bola silang akhirnya memastikan gelar sektor campuran menjadi milik Zhang Nan/Zhao Yunlei (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: