Bulutangkismania's Weblog

Oktober 28, 2013

French Open SS 2013 : Markis/Markus, Merangkak Menuju Podium Juara

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 11:27 pm

French Open 2013Siapa yang bakal mengira duo Markis Kido/Markus Fernaldi Gideon yang nyaris tersingkir di babak kualifikasi ternyata bisa membalikkan keadaan dan justru mampu bertengger di podium juara. Empat kejutan besar yang mereka bukukan secara beruntun atas pasangan-pasangan kelas elit dunia membuktikan bahwa sepanjang ada tekad dan motivasi kuat untuk menang, tak ada yang tidak mungkin.

 

Tak ada yang menyangkal bahwa kualitas seorang Markis Kido sebagai juara Olimpiade Beijing 2008 memang tidak perlu diragukan lagi. Namun sepanjang perjalanan karir seorang pemain, tak hanya dituntut kualitas tehnik yang prima tapi juga faktor ‘X’ berupa tekad dan motivasi kuat untuk menang yang kadangkala luput dan tidak dimiliki secara konsisten oleh seorang pemain. Di turnamen ini kita melihat bagaimana kiprah duet senior junior, Markis Kido/Markus Fernaldi Gideon yang merangkak dari babak kualifikasi bahkan nyaris tersingkir tapi akhirnya mampu berada di puncak podium.

 

Menghadapi wakil Perancis, Baptiste Careme/Ronan Lobar di laga kualifikasi, butuh 3 gim yang menegangkan bagi Markis/Markus untuk meloloskan diri ke babak utama. Unggul 21-14 di gim pertama, penampilan tak sempurna duo M di set kedua yang banyak melakukan kesalahan sendiri justru menguntungkan pasangan Perancis. Usai menelan kekalahan 15-21, Markis/Markus kembali bangkit dengan pola menekan dan behasil meraih poin demi poin. Namun kembali unforced error membuat Baptiste/Ronan mampu membalikkan keadaan dan memimpin 15-12 hingga 17-16. Beruntung di titik-titik kritis tandem Indonesia mampu bermain lebih tenang untuk memetik kemenangan tipis 21-19.

M2M French 5

KooTan French 2

Setelah sukses melewati tiga unggulan sejak babak enam belas besar turnamen ini mulai dari Hiroyuki/Kenichi (3), Ko/Shin (7), hingga sang kampiun Alll England Open SS Premier 2013 – Liu/Qiu (5) duo merah putih akhirnya berhasil melenggang ke partai puncak untuk menantang jagoan negeri jiran, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong (4). Dalam laga berdurasi 33 menit tersebut, kedua pasangan lebih banyak mengandalkan permainan drive-drive cepat dan bloking di depan net, netting tipis, untuk saling menekan sehingga mendapatkan momentum yang tepat menghujamkan smash keras atau penempatan tak terduga di area baseline.

M2M French 4

KooTan French 1

Kesalahan beruntun Koo/Tan saat mencoba mengembalikan permainan drive-drive, bloking dan netting tipis Markis/Markus di awal gim pertama langsung membuat Indonesia unggul 5-1. Tidak seperti laga sebelumnya dimana tempo permainan berlangsung lebih cepat, kali ini masing-masing pasangan lebih mampu mengantur ritme yang ‘pas’ sehingga merusak pertahanan lawan untuk balik menekan. Koo/Tan sukses menyamakan kedudukan di angka 10 dari beberapa kesalahan sendiri Markis di depan net.

 

Selisih lima angka beruntun yang dikoleksi Indonesia dari olahan bola tipis di depan net berhasil diperkecil oleh Koo/Tan dengan penempatan bola yang akurat sehingga merusak tempo dan pertahanan duo M. Tak mau kalah, Kido pun juga sukses membalas serangan Koo/Tan dengan penempatan akuratnya di area baseline setelah beradu drive. Unggul 19-14 dan 20-15, Markis/Markus yang tampil perkasa di area depan dengan bloking-bloking smashnya sukses menutup gim pertama lebih dulu 21-16.

M2M French 3

Apresiasi besar memang patut diberikan bagi eks Pelatnas Markus Fernaldi Gideon. Tidak hanya sangar dengan smash-smash kerasnya, olahan bola tipis Markus yang juga terampil di depan net beberapa kali efektif menyulitkan pasangan Malaysia. Bahkan jika ditilik dari laga sebelumnya, seorang Liu Xialong juga beberapa kali melakukan kesalahan sendiri karena gagal mengadu netting. Beruntung potensi dari seorang Markus ini mampu dilirik dan akhirnya diangkat oleh Markis Kido.

M2M French 9

M2M French 10

Variasi tempo dan arah serangan Markis di awal gim kedua kembali membuat Indonesia unggul 3-1 hingga 9-6 dengan tetap menekan di area depan net. Koo/Tan sempat membalikkan keadaan 12-10 saat berhasil mendobrak pertahanan Markis Kido dengan penempatan akurat maupun smash-smash keras. Sergapan Markis/Markus di depan net serta penempatan Koo/Tan yang terlalu melebar serta penempatan Markis di sudut tak terjangkau kembali membuat Indonesia unggul 16-14. Antisipasi sempurna Markus yang diselesaikan dengan smash Markis di depan net serta smash beruntun keduanya yang konsisten menekan tandem Malaysia dan mengundang riuh tepuk tangan penonton mengantarkan Indonesia pada titik kritis 19-16.

M2M French 8

Koo/Tan sempat menambah dua angka dari bola tanggung Markis yang dieksekusi dengan smash Tan dan pengembalian Markis yang gagal melewati net membuat pertandingan kian mendebarkan di angka 19-18. Markus lagi-lagi menunjukkan kapabilitasnya saat dalam posisi tak sempurna sekalipun bola yang sudah terlanjur ke belakang masih tetap dapat di bloking dengan smash keras. Akhirnya, reli-reli cepat di depan net yang ditutup dengan penempatan akurat Markis ke area baseline yang kosong memastikan kemenangan sang garuda, 21-18.

MD Winner French 3

MD Winner French 1

M2M French 12

“Kami sangat senang karena memulai dari babak kualifikasi. Saya sempat sedikit grogi karena ini final Superseries pertama saya,” tutur Markus usai sesi penerimaan hadiah.

MD Winner French 5

MD Winner French 4

Duet yang baru dipatenkan paska Kejuaraan Dunia 2013 dan baru megikuti 5 turnamen internasional ini memang sempat membuat kejutan dengan langsung melaju ke delapan besar China Masters SS 2013, namun di turnamen Japan Open SS dan Denmark Open SS Premier 2013 yang lalu, keduanya sudah langsung tumbang di babak pertama dan kedua. Sekali lagi duo M membuktikan bahwa faktor ‘X’ dari seorang pemain mampu mewujudkan suatu hal yang tidak disangka menjadi sebuah kenyataan (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: