Bulutangkismania's Weblog

November 14, 2013

China Open SS Premier 2013 : China Berjaya, Linda Tersingkir

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 10:24 am

VICTOR China Open_110101Diantara 12 wakil tunggal putri China yang berhasil meloloskan diri ke babak utama, delapan diantaranya berhasil memastikan diri ke babak 16 besar. Xue Yao bahkanberhasil membuat kejutan dengan mengalahkan pemain senior asal jerman, Juliane Schenk (5). Indonesia sendiri harus mengubur peluangnya di sektor ini usai kekalahan dua gim langsung yang dialami oleh Lindaweni Fanetri.

 

Anak-anak asuhan Zhang Ning kembali membuktikan dominasi mereka di kandang sendiri dengan sukses menguasai 8 dari 16 tempat di babak kedua turnamen China Open SS Premier 2013. Minus Wang Xin dan Liu Xin yang mundur karena cedera, sang negeri tirai bambu turun dengan kekuatan terbaiknya.

 

Kejutan terbesar dibukukan oleh Xue Yao saat menjajal pemain Jerman, Juliane Schenk (5) yang masih berusaha menemukan ritme terbaik permainannya. Xue yang berpostur tinggi ini tak menemui banyak kesulitan untuk menundukkan Juliane yang biasanya terkenal dengan smash-smash kerasnya namun kali ini lebih banyak bermain defenseif. Dalam tempo kurang dari 30 menit, Xue unggul 21-7, 21-11 untuk menantang kompatriotnya, Han Li.

 

Meskipun menundukkan bukan unggulan, prestasi Han Li juga tak bisa dipandang sebelah mata, Bae Yeon Ju yang lebih kaya pengalaman dan acapkali menjadi kuda hitam bagi para pemain China berhasil dibungkamnya dengan dua gim langsung, 21-12, 21-15. Ikut menyusul kemenangan Xue Yao dan Han Li adalaha Li Xuerui (1), He Bing Jiao, Sun Yu, Wang Yihan (3), Hui Xirui dan Wang Shixian (7).

 

Wang Shixian sendiri menyudahi perlawanan satu-satunya wakil merah putih di sektor ini, Lindaweni Fanetri. Shixian yang unggul dalam permainan reli dan bola depan seolah-olah mempunya jawaban atas setiap serangan yang coba dijejalkan oleh Linda. Bahkan saat berbalik terserang khususnya dengan drop shot atau penempatan di depan net, Linda beberapa kali justru tidak siap. Beberapa kesalahan sendiri seperti lob yang terlalu melebar, antisipasi bola yang salah dan pengamatan kurang cermat di area baseline juga memembuat permainan Linda sulit untuk berkembang.

 

Xuan Deng dan Suo Di sebenarnya berpeluang untuk menyusul rekan-rekannya dan memetik kemenangan setelah berjuang tiga gim dengan dukungan para penonton yang memadati Yuan Shen Gymnasium, Shanghai. Menghadapi unggulan ke-4, Sung Ji Hyun, Suo Di yang menang 21-14 di gim pertama dan berbalik tertinggal 17-21 di set kedua sempat membuka kesempatan di gim ketiga saat unggul 14-10. Sayangnya di titik-titik akhir konsistensi Suo Di memudar dan tak mampu ulet meladeni bola-bola Sung. Suo Di akhirnya menyerah 16-21.

 

Ikut menelan pil pahit atas kekalahan menyesakkan juga dialami oleh Xuan Deng saat menjajal tunggal nomor satu Jepang, Sayaka Takahashi. Dalam laga 3 gim, 13-21, 21-16, 20-22, Xuan Deng akhirnya harus rela menyerahkan tiket babak kedua kepada sang lawan.

 

Chen Xiao Jia yang hampir setahun absen di kancah internasional karena cedera, sempat memberikan perlawanan kepada sang juara dunia, Ratchanok Intanon (2) dalam laga tiga gim sebelum menyerah 16-21, 21-14, 21-8.

 

Selain tumbangnya Juliane Schenk, unggulan lainnya yang ikut tersingkir dini adalah wakil Taiwan, Tai Tzu Ying (8) yang sampai saat ini masih berusaha untuk mengais momen-momen terbaik yang sempat diukirnya pada tahun lalu. Menjajal Porntip Buranaprasertsuk yang tetap tampil konsisten, Tai kandas 2 gim langsung, 18-21, 10-21. Sementara itu Eriko Hirose justru mengalami antiklimaks saat berhadapan dengan Arundhati Pantawane asal india. Setelah pada tur Eropa sebelumnya mampu memoloskan diri hingga minimal babak perempat final, kali ini Eriko justru tak terduga takluk 14-21. 18-21 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: