Bulutangkismania's Weblog

November 16, 2013

China Open SS Premier 2013 : Putri Thailand Dikeroyok Para Pemain China

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 9:13 am

VICTOR China Open_110101Dominasi para pemain putri China kian menuju partai puncak menjadi semakin tak terbantahkan. Empat posisi yang ada di sektor tunggal maupun ganda, tiga diantaranya diisi oleh sang tuan rumah. Kejutan yang diukir Porntip Buranaprasertsuk memastikan China tak langsung meraih gelar di nomor tunggal sedangkan cedera yang dialami Ma Jin membuat Duanganong/Kunchala melenggang ke semi final tanpa perlu berkeringat.

 

Permainan powerfull yang diperagakan oleh Porntip Buranaprasertsuk membuat sang unggulan tuan rumah, Wang Yihan (3) beberapa kali terlihat putus asa. Bahkan di gim ke-3 Yihan sempat memukul raketnya ke lantai karena gagal mengembalikan bola Porntip dan menyerahkan bola jauh dari jangkaun Porntip setelah gagal mengantisipasi pukulan Ponrtip sehingga mendapatkan teguran dari wasit.

 

Langsung menekan sejak awal gim pertama dengan serangan-serangan kerasnya dan permainan cepat di depan net, Porntip yang terkenal dengan senjata ‘jumping smash’ nya ini memimpin perolehan poin hingga kedudukan 15-13. Meskipun Yihan sempat membalikkan keadaan 16-15, ena angka beruntun yang dikoleksi Porntip dari permainan agresif dan penempatan bolanya menutup gim pertama untuk Thailand, 21-16.

 

Tak hanya unggul dalam serangan, pemain nomor 2 Thailand ini biasanya juga memiliki pertahanan yang solid dan ulet. Namun di gim kedua, Porntip justru lebih banyak melakukan kesalahan sendiri khususnya saat menempatkan bola di depan net maupun pengembalian lob di area baseline. Yihan mampu menggunakan peluang ini dengan memimpin jauh 9-2 hingga 15-10. Meskipun Porntip sempat mengejar hingga 18-19, Yihan lebih dulu menamatkan gim kedua, 21-18 untuk memperpanjang peluangnya.

 

Pertandingan kembali berlangsung alot dan ketat seperti pada set pertama di gim ketiga. Kedua pemain saling bergantian menyerang dan memanfaatkan kesalahan sendiri yang dilakukan oleh lawan hingga kedudukan 15-15. Di titik ini momentum berpihak kepada Porntip saat pertahanannya mampu membendung bola-bola sergapan Yihan bahkan balik menyerang dengan smash-smash nya yang powerfull ke arah badan Yihan. Beberapa kali Yihan juga terlihat frustasi sehingga banyak membuang bola keluar lapangan atau gagal melewati net. Porntip yang berada di atas angin 18-16 tanpa ragu terus menekan Yihan sehingga kembali memetik kemenangan 21-16.

 

Di lapangan yang berbeda dalam waktu pertandingan yang nyaris bersamaan, andalan sang gajah putih lainnya, Ratchanok Intanon (2) kembali harus menelan pil pahit setelah pada turnamen French Open SS 2013 yang lalu juga kalah dini atas Wang Shixian (7). Menghadapi lawan yang sama, Intanon sebenarnya sempat membuka peluang di gim pertama setelah berjibaku ketat dan alot. Kedua pemain yang sama-sama menunjukkan level pertandingan kelas dunia, tidak hanya menampilkan serangan demi serangan yang variatif tapi juga pertahanan yang luar biasa saat mengembalikan bola-bola sulit.

 

Momentum untuk memenangkan gim pertama sebenarnya sudah dimiliki Intanon setalah berhasil unggul lebih dulu 20-18 setelah masing-masing berjibaku satu demi satu poin. Sayangnya kesalalan sendiri di depan net mengubur peluang Intanon setelah Shixian akhirnya mampu menyamakan kedudukan bahkan kemudian dua kali mematahkan kesempatan game point yang lebih dulu dibukukan Intanon. Perang mental akhirnya dimenangkan oleh Shixian setelah 3 pengembalian tak sempurna Intanon menutup set pertama, 22-24.

 

Antiklimaks Intanon usai bermain ketat di gim pertama membuat pertandingan lebih mudah didominasi oleh Shixian. Banyaknya kesalahan sendiri yang dilakukan oleh peringkat 2 dunia tersebut langsung membuat Shixian meluncur dari angka 4-0 hingga 18-6. Intanon sempat memanfaatkan sindrom angka kritis yang dialami Shixian dengan merebut 4 poin namun selisih skor yang terlalu jauh memudahkan Shixian untuk merebut kemenangan 21-10.

 

Dengan kemenangan ini Shixian akan kembali menjadi penentu untuk menyelamatkan gelar sektor tunggal putri dari negara lain setelah di turnamen sebelumnya menjadi satu-satunya pemain putri China yang lolos ke babak semi final French Open SS 2013. Jika Shixian mampu menumbangkan Porntip maka China akan memastikan gelar sektor ini menjadi miliknya karena pada pool yang berbeda, dua pemain sang negeri tirai bambu akan saling memperebutkan satu tiket final.

 

Li Xuerui (1) menundukkan komaptriotnya Sun Yu, 21-16, 21-18 padahal sebelumnya Sun mampu membuat kejutan atas Saina Nehwal (6). Sementara itu Han Li berhasil melumpuhkan unggulan asal Korea Selatan, Sung JI Hyun (4), 21-13, 21-15. Meskipun para pemain muda China belum tampil begitu konsisten namun kiprah mereka di turnamen ini cukup signifikan. Han Li sendiri sebelum membukukan kejutan atas Sung, mampu melibas Bae Yeon Ju di babak pertama. Sedangkan Xue Yao dan Sun Yu masing-masing memenangi duel dengan unggulan lainnya, Juliane Schenk (5) dan Saina Nehwal (6).

 

Duananong/Kunchala Menang Tanpa Tanding

 

Tak hanya digjaya di sektor tunggal, para pemain putri China juga menunjukkan taringnya dengan menempatkan 3 pasangan di semi final. Wang Xiaoli/Yu Yang (1) yang pekan lalu dihempaskan oleh Greysia/Nitya kali ini tak memberikan banyak kesempatan kepada pasangan Taiwan, Cheng Wen Hsing/Hsieh Pei Chen untuk mengembangkan permainan dan mencatat kemenangan telak 21-5, 21-6 hanya dalam tempo 18 menit. Sedangkan Tian Qing/Zhao Yunlei (5) harus memeras keringat dalam laga tiga gim untuk mengehentikan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (4), 16-21, 21-16, 21-8.

 

Bao Yixin/Zhong Qianxin (8) melengkapi kegemilangan para pemain China dengan membuat kejutan atas wakil Denmark, Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl (2). Setelah bertarung selama hampir satu jam, Bao/Zhong berhasil melibas Christinna/Kamilla,  16-21, 21-7, 21-12. Satu slot semi final yang tersisa menjadi milik pasangan Thailand, Duanganong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchaikul setelah memetik kemenangan tanpa tanding atas pasangan China lainnya, Ma Jin/Tang Jinhua (3) karena cedera yang dialami oleh Ma Jin (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: