Bulutangkismania's Weblog

November 17, 2013

China Open SS Premier 2013 : Chen Long & Zhengming Kokohkan Hegemoni China

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 9:08 am

VICTOR China Open_110101Tak hanya dominan di sektor putri, para pemain tuan rumah juga sukses memonopoli sektor tunggal putra. Tanpa kehadiran Lee Chong Wei, Chong Wei Feng sempat menjadi harapan Malaysia di babak empat besar namun belum cukup mumpuni membendung agresivitas Chen. Sementara itu Zhengming meskipun harus berjibaku 3 gim, akhirnya berhasil menundukkan pemain masa depan Jepang, Kento Momota.

 

Pemain Malaysia, Chong Wei Feng sempat berhasil membendung permainan Chen Long (2) di awal gim pertama dengan mendominasi perolehan poin hingga kedudukan 11-10. Namun paska jeda interval dan mendapatkan nasehat dari sang pelatih, Chen Long baru mengeluarkan ritme permainan yang sebenarnya sehingga mampu berbalik unggul 17-12. Meskipun Chong sempat memperkecil selisih angka dan nayris menyamakan kedudukan 18-19 dengan variasi permainan menyerang dan olahan bola di depan net, Chen mampu memanfaatkan beberapa kesalahan sendiri dari pengembalian tak sempurna Wei Feng untuk merebut gim pertama, 21-18.

 

Antiklimaks permainan Chong di gim kedua membuat kontrol permainan dipegang penuh oleh Chen Long. Tak hanya bermain lebih defensif, Chong juga beberapa kali gagal membendung serangan dan olahan bola Wei Feng di depan net. Meluncur jauh 7-1 hingga 17-3, Chen akhirnya berhasil memastikan tiket ke partai puncak, 21-7.

 

China memastikan gelar tunggal putra tak menjadi milik negara lain setelah pada perseteruan lainnya, Wang Zhengming mampu menjaga konsistensinya atas pemain masa depan negeri sakura yang tahun lalu menjadi kampiun Kejuaraan Dunia Junior 2012, Kento Momota. Permainan agresif dan cepat Kento berhasil membuatnya beberapa kali unggul dalam perolehan poin. Namun pengalaman Zhengming yang saat ini merupakan tunggal ke-3 China mampu membendung serangan sang pemain kidal tersebut khususnya di poin-poin krusial.

 

Setelah memetik kemenangan 22-20 di gim pertama, permainan Zhengming mulai menurun dan lebih banyak bertahan di set kedua. Mengandalkan penempatan bola dan kesalahan sendiri dari Kento, Zhengming sulit untuk mengembangkan permainannya sehingga tak mampu mengejar poin yag dikoleksi Kento. Paska kedudukan 11-8, Kento bahkan mampu meraup 8 angka berturut-turut untuk kembali membuka peluangnya di set ketiga, 21-9.

 

Sayangnya agresivitas Kento tak berlanjut di gim ketiga. Zhengming kembali memegang kendali pertandingan dengan tampil taktis untuk kemudian menyerang di saat yang tepat. Sementara itu Kento juga tak berusaha keluar dari ritme Zhengming sehingga beberapa kali tertekan dengan smash-smash kerasnya. Usai tertinggal 6-12, Kento harus rela mengubur mimpinya untuk melangkah ke babak final superseries perdananya saat Zhengming mampu memetik 9 angka beruntun yang sekaligus memastikan dirinya ke laga pamungkas, 21-6.

 

Kemenangan Chen Long dan Zhengming atas lawan-lawannya kali ini sekaligus mengulang partai final di turnamen ini setahun yang lalu. Kala itu Chen Long berhasil mengungguli Zhengming dua gim langsung, 21-19, 21-18 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: