Bulutangkismania's Weblog

November 17, 2013

China Open SS Premier 2013 : Putri China Pastikan Dua Gelar

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 9:10 am

VICTOR China Open_110101Meskipun dua pemain utamanya di sektor ganda, Ma Jin dan Zhao Yunlei harus mundur karena cedera serta kekalahan tak terduga Wang Yihan (3) di nomor tunggal, para srikandi negeri tirai bambu pada akhirnya tetap mendominasi dan menyingkirkan wakil Thailand yang tersisa di empat besar untuk memastikan dua gelar menjadi milk sang tuan rumah.

 

Wang Shixian (7)  di sektor tunggal untuk kedua kalinya memastikan gelar sektor tunggal putri menjadi milik China setelah di turnamen sebelumnya juga menjadi tumpuan sang negeri panda untuk meraih gelar di Perancis. Menghadapi wakil Thailand, Porntip Buranaprasertsuk yang di babak sebelumnya mencatat kejutan besar dengan menumbangkan unggulan tuan rumah, Wang Yihan (3), Shixian tampil lebih sabar dengan reli-reli lob serang sambil menunggu peluang untuk melancarkan agresivitasnya.

 

Strategi ini ternyata efektif membendung permainan powerfull yang dimiliki oleh Porntip sehingga sukses membuat kejutan di laga sebelumnya. Beberapa kali penempatan bola lambung Shixian di area baseline gagal diantisipai oleh Porntip. Enam angka beruntun langsung dikoleksi oleh mantan peringkat 1 dunia tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu, Porntip akhirnya mampu beradaptasi dan membedakan pengembalian lob Shixian saat masuk maupun melebar. Sebuah drop shot backhand silang tak terduga Porntip sempat memperkecil selisih angkanya dengan Shixian, 9-7.

 

Kesalahan beruntun yang dilakukan Porntip seperti pengembalian yang melebar, smash yang gagal melewati net serta drop shot yang terlalu lemah dan tak mampu melewati area lawan kembali membuat Shixian unggul  jauh 17-7. Porntip sempat mencoba bangkit dan bermain lebih fokus dengan beberapa kali melancarkan smash silang overhead serta memanfaatkan beberapa kesalahan sendiri Shixian. Namun selisih angka yang terlalu jauh membuatnya harus menyerah di gim pertama, 13-21.

 

Porntip sempat mencoba mengubah pola permainannya dengan lebih agresif menyerang dan meningkatkan variasi pukulan. Namun pertahanan Shixian yang lebih baik membuatnya senantiasa mampu mengembalikan bola-bola Porntip dengan baik. Beberapa kali menyerang tak mendapatakan hasil membuat penampilan Porntip justru menjadi anti klimaks. Kesalahan beruntun yang dilakukan oleh tunggal nomor dua Thailand ini membuat Shixian langsung memimpin jauh 11-2.

 

Shixian kembali mengumpulkan delapan angka beruntun dari smash-smash Porntip yang melebar ataupun gagal melewati net sehingga mengantarkannya pada ambang kemenangan 19-3. Porntip sempat menambah dua angka dari pengembalian tak terduga berupa backhand silang namun selisih angka yang terlalu jauh akhirnya ditutup oleh Shixian dengan smash silangnya untuk memastikan gelar sektor tunggal menjadi China, 21-5.

 

Selanjutnya Shixian akan menjajal kompatriotnya yang berperingkat lebih baik, Li Xuerui (1). Xuerui melaju usai memetik kemenangan atas tunggal China lainnya, Han Li dua gim langsung, 21-12, 21-19. Meskipun Han Li sempat bangkit di gim kedua dan nyaris memaksa rubber game dengan unggul 17-12 dan 19-17, kematangan seorang Xuerui dalam mengolah pertandingan terlihat jelas dengan tetap tampil konsisten dan tenang meladeni permainan juniornya untuk kemudian melancarkan serangan di saat yang tepat.

 

Bao Zhong Tantang Wang/Yu

 

Selain mengamankan mahkota tunggal putri, anak-anak asuhan Li Yongbo juga sukses memastikan gelar sektor ganda putri menjadi milik China. Duet Bao Yixin/Zhong Qianxin (8) yang sebelumnya membuat kejutan dengan menyingkirkan unggulan ke-2 asal Denmark, Christinna/Kamilla kembali sukses menyingkirkan wakil non China lainnya, Duanganong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchaikul.

 

Dalam laga dua gim berdurasi 33 menit tersebut, pasangan Thailand lebih banyak bermain taktis dengan reli-reli dan penempatan bola-bola di sudut lapangan. Namun pertahanan yang baik dimiliki oleh Bao/Zhong membuat mereka senantiasa mampu menjawab tantangan Duanganong/Kunchala bahkan berbalik terus menekan saat pengembalian ganda Thailand tak begitu sempurna.

 

Sempat unggul 9-5 di paruh awal gim pertama, Duanganong/Kunchala mulai kerepotan dengan ritme permainan Bao/Zhong yang beberapa kali unggul di area depan. Memimpin jauh 19-13, Bao/Zhong tanpa kesulitan menyudahi perlawanan tandem Thailand, 21-15.

 

Mengoleksi 14 poin beruntun saat kedudukan 4-5 di gim kedua dari permainan menekan dan kesalahan sendiri yang dilakukan oleh pasangan Thailand kembali membuat Bao/Zhong kembali berada di atas angin. Duanganong/Kunchala hanya mampu menambah dua angka sebelum akhirnya menyerah 7-21.

 

Kemenangan ini mengantarkan Bao/Zhong ke babak final untuk menantang unggulan teratas sekaligus senior mereka, Wang Xiaoli/Yu Yang. Wang/Yu meraih kemenangan tanpa tanding atas kompatiotnya, Tian Qing/Zhao Yunlei (5) yang mundur karena cedera yang dialami Zhao (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: