Bulutangkismania's Weblog

November 18, 2013

China Open SS Premier 2013 : Mahkota Superseries Kedua Lee/Yoo

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 10:25 am

VICTOR China Open_110101Sukses membuat kejutan atas Ahsan/Hendra di babak final Denmark Open SS Premier 2013 yang lalu, tandem Korea Selatan Lee/Yoo harus rela tersingkir dini di babak delapan besar French Open SS 2012 usai dikandaskan duet Malaysia, Hoon/Tan. Menghadapi lawan yang sama di laga penentuan, Lee/Yoo berhasil memanfaatkan ‘demam panggung’ pasangan negeri jiran untuk merebut gelar Superseries kedua mereka.

 

Tampil percaya diri sejak awal gim pertama, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong  yang di turnamen ini kembali membuat kejutan atas unggulan teratas, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sudah langsung menekan pertahanan ganda Malaysia, Hoon Thien How/Tan Wee Kiong.

 

Permainan depan pasangan Korea yang agresif dengan bloking dan sergapan drive-drive cepatnya beberapa kali gagal diantisipasi oleh Hoon/Tan. Sebaliknya, duet negeri jiran lebih banyak memaksakan bola untuk menekan meskipun dalam posisi yang kurang menguntungkan sehingga justru melakukan kesalahan sendiri di depan net.

MD CHN Open 1

MD CHN Open 4

MD CHN Open 6

Memimpin paruh awal gim pertama 11-5, Lee/Yoo kian berani dalam mengolah bola dan terus mengincar titik lemah wakil Malaysia dengan variasi serangan dan tekanan di area depan. Meskipun pertahanan Hoon/Tan cukup baik namun karena secara bertubu mendapatkan serangan, akhirnya jebol juga dan memberikan keuntungan bagi Lee/Yoo.

MD CHN Open 5

MD CHN Open 2

MD CHN Open 3

MD CHN Open 7

Lee Yong Dae yang mendominasi bola di depan net beberapa kali tampil cerdik mendorong bola ke belakang sehingga tidak memberikan kesempatan bagi Hoon/Tan untuk maju dan menekan di area depan dengan bola-bola flat yang membuat mereka dominan hingga mampu meloloskan diri ke babak final. Tertinggal jauh 7-16, ganda Malaysia khususnya Tan Wee Kiong terlihat frustasi dan justru banyak melakukan kesalahan sendiri.

MD CHN Open 8

MD CHN Open 10

MD CHN Open 11

Demam panggung yang menimpa kubu Malaysia khususnya Tan Wee Kiong tak hanya membuatnya banyak melakukan kesalahan antisipasi di depan net maupun servis tapi juga pengembalian ke area baseline yang terlalu melebar. Setelah tertinggal 11-19, Hoon/Tan sempat menambah dua poin terakhir sebelum akhirnya Lee/Yoo merebut gim pertama dari serapan Tan yang gagal melewati net dan pengembalian Tan yang keluar, 21-13.

MD CHN Open 9

Kontrol pengembalian bola setelah melakukan servis serta variasi serangan selain tetap konsisten agresif dengan serobotan dan drive-drive cepat di depan net menjadi kunci kemenangan Lee/Yoo di set kedua. Penempatan bola pasangan Korea yang juga tak diduga oleh Hoon/Tan usai memimpin jauh 9-1 kian menyiratkan betapa percaya dirinya Lee/Yoo untuk meraih kemenangan. Tak mampu keluar dari tekanan, pasangan Malaysia khususnya Tan Wee Kiong kembali menjadi titik lemah dan melakukan kesalahan beruntun di depan net maupun pengembalian yang tanggung.

 

Lee/Yoo tak tanggung-tanggung untuk memanfaatkan momentum ini dengan terus meluncur hingga 19-6. Hoon/Tan sempat menambah 6 angka dari kesalahan sendiri yang dilakukan Lee/Yoo di poin-poin krusial serta penempatan Hoon/Tan di sudut-sudut tak terjangkau. Namun selisih poin yang terlalu jauh memaksa tandem Malaysia untuk memupuskan harapan mereka meraih gelar perdana Superseries, 12-21.

MD CHN Open 13

MD CHN Open 12

MD CHN Open 16

“Saya sangat senang dengan kemenangan ini meskipun masih terlalu dini untuk menilai performa kami. Kami masih membutuhkan waktu setahun untuk hal tersebut,” ujar Lee paska kemenangannya.

MD CHN Open 17

MD CHN Open 15

Sementara itu Tan sendiri mengaku antisipasi bola yang terlalu lambat di beberapa poin tertentu menjadi penyebab kekalahan mereka.

MD CHN Open 18

MD CHN Open 21

“Berada di final merupakan suatu terobosan besar dalam perjalanan karir kami. Kami tidak pernah bisa mencapainya sebelumnya. Walaupun kalah, menjadi runner up merupakan hasil bagus buat kami. Pasangan Korea lebih berpengalaman dan di beberapa poin tertentu antisipasi kami terlalu lambat,” ungkap Tan.

MD CHN Open 19

MD CHN Open 20

Meskipun baru bertanding di empat turnamen internasional, prestasi Lee/Yoo cukup sensasional. Gelar Superseries ini merupakan mahkota kedua bagi Lee/Yoo setelah sebelumnya naik podium tertinggi di turnamen Denmark Open SS Premier 2013. Dua event lainnnya, Lee/Yoo kandas di delapan besar oleh Hoon/Tan di turnamen Franch Open SS 2013 dan kompatriotnya Kim Ki Jung/Kim Sa Rang di Korea Open GP Gold 2013 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: