Bulutangkismania's Weblog

November 21, 2013

Hong Kong Open SS 2013 : Dua Wakil Campuran Melaju

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 10:07 am

Hong Kong 2013Di sektor campuran wakil Indonesia yang menempati unggulan ke-7 dan ke-8 sama-sama kompak melaju ke babak 16 besar. Sayangnya langkah mereka tak diikuti oleh sang junior, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja.

 

Unggulan ke-7 kolaborasi senior-junior yang sempat tampil dibawah performa terbaiknya pada turnamen sebelumnya kali ini berhasil melewati hadangan sang penantang dan meloloskan diri ke babak kedua. Menghadapi wakil India, Tarun  Kona/Ashwini Ponnappa, Praveen/Vita harus berjuang 3 gim sebelum memetik kemenangan 21-19, 19-21 21-17.

 

Langkah Praveen/Vita juga diikuti oleh unggulan lainnya, Markis Kido/Pia Zebadiah (8) yang meraih kemenangan tanpa bertanding atas wakil tuan rumah, Man Tang Chun/Yun Ng Win. Man/Yun mengundurkan diri karena cedera dari turnamen ini.

 

Langkah kedua pasangan Indonesia ini tidak diikuti oleh junior mereka, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja. Menantang wakil Singapura Hee Terry/Fu Mingtian yang berperingkat jauh di bawah mereka (226 dunia), Edi/Gloria tampil underperformed dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Keduanya menyerah dua gim langsung, 17-21, 25-21.

 

“Edi/Gloria sepertinya tegang, karena ranking mereka memang lebih di atas lawannya. Karena kurang tenang, jadi banyak tertekan. Kalau lawan lebih di bawah mereka, malah tegang, terlihat dari gerakan kaki mereka yang tidak bisa tenang. Pada turnamen ini dan sebelumnya di China Open Super Series Premier 2013, mereka tampil under performed,” jelas Nova seperti yang diungkap situs PBSI.

 

“Edi masih banyak membuang poin dari servis dan bola-bola panjang. Seharusnya Edi bisa lebih tenang, sehingga bisa melakukan servis dengan baik. Sementara di saat-saat genting, permainan Gloria masih kurang maksa,” lanjut Nova.

 

Seperti Edi mengeluhkan permasalahan servis yang masih seringkali ragu-ragu dilakukannya. Padahal servis merupakan modal awal yang paling pentinf dari seorang pemain.

 

“Soal servis ini memang mesti saya perbaiki lagi. Saya sering tidak yakin dan tidak ketemu feel-nya, kadang di latihan juga seperti ini. Padahal sebetulnya bisa, tetapi karena ragu-ragu, jadi takut tanggung atau menyangkut di net,” kata Edi.

 

“Sebagai evaluasi untuk ke depannya, saya harus lebih percaya diri saat melakukan servis, harus lebih tenang. Saya dan Gloria juga mesti lebih maksa dan mengeluarkan semua kemampuan. Pokoknya jangan setengah-setengah,” pungkasnya kemudian.

Kegagalan juga dialami oleh pasangan Indonesia lainnya, Markus Gideon Fernaldi/Rizki Amelia Pradipta. Menjajal keslidan unggulan ke-5 asal negeri jiran, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, Markus/Rizki sebenarnya sempat memberikan perlawanan dan nyaris menciptakan kejutan. Sayangnya di set kedua dan ketiga mereka belum cukup konsisten dan terbawa dalam ritme pasangan Malaysia. Markus/Rizki akhirnya menyerah 21-19, 12-21, 16-21.

 

Unggulan yang sudah harus angkat koper lebih dini di turnamen ini adalah pasangan Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam (6). Berduel dengan duo Denmark, Anders Kristiansen/Julie Houmann, Sudket/Saralee menyerah dua gim langsung, 16-21, 15-21. Selain itu, Ma Jin yang masih belum sembuh dari cedera dan bersama Xu Chen menempati unggulan ke-3 juga menarik diri dari turnamen ini sehingga menyerahkan kemenangan untuk wakil tuan rumah, Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: