Bulutangkismania's Weblog

November 24, 2013

Hong Kong Open SS 2013 : Chris/Gabby Taklukkan Juara Olimpiade

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 8:14 am

Hong Kong 2013Perebut medali emas Olimpiade London 2012, Zhang Nan/Zhao Yunlei (1) yang juga merupakan satu-satunya juara bertahan yang tersisa di turnamen ini akhirnya harus menelan pil pahit disingkirkan oleh ganda Inggris, Chris/Gabby dalam pertandingan dua gim. Kemenangan tandem Inggris ini sekaligus membalas tiga kekalahan beruntun yang dialami mereka pada turnamen-turnamen sebelumnya.

 

Chris Adcock/Gabrielle White yang memang tampil percaya diri sejak paruh awal gim pertama langsung menekan pertahanan Zhang Nan/Zhao Yunlei (1) dengan merebut 6 poin beruntun sehingga membalikkan keadaan, 7-3. Pengembalian bola pasangan Inggris yang bervariasi arah dan intensitasnya, kolaborasi penempatan di depan net serta bola-bola panjang ke area baseline beberapa kali gagal diantisipasi oleh duo Z.

 

Zhao Yunlei yang biasanya agresif di depan net kali ini lebih banyak bermain setengah lapangan dan seringkali tidak siap menerima tekananan Chris/Gabby. Pengembalian tak sempurna pasangan China terus membuat pasangan Inggris hingga 15-6. Zhang/Zhao sempat meperkecil selisih angka 11-16 ketika sukses mempercepat tempo dan menekan di area depan. Namun Chris/Gabby kembali memanfaatkan bola-bola unik dan kejelian menempatkan pengembalian di sudut-sudut tak terjangkau. Kembali unggul 19-11, Chris/Gabby segera menutup gim pertama, 21-12.

 ZhangZhao

Masih dengan pola lambat dan antisipasi yang tak sigap, Zhang/Zhao kembali tertinggal 2-6 di pembukaan set kedua. Agresivitas dalam membloking bola di depan net juga lebih sering diinisiatifkan oleh pasangan Inggris. Lebih banyak bermain defensif dan mengangkat bola, duet China terus tertinggal hingga kedudukan 10-14.

ChrisGabby1

ChrisGabby

Pengalaman sebagai juara Olimpiade membuat pasangan China kembali membuka harapan saat sukses menuai 3 poin beruntun untuk membalikkan keadaan 16-15 dengan penempatan bola-bola sulitnya. Sayangnya di titik ini Zhang/Zhao kembali pada ritme lama mereka seperti gim pertama dengan banyak membuat kesalahan sendiri dan pengembalian tanggung, antisipasi yang lambat, serta counter attack yang kurang solid. Enam angka beruntun yang diraih Chris/Gabby mengantarkan mereka pada laga final Superseries perdana, 21-16.

 

Meskipun gagal meloloskan wakil terbaiknya, peluang China di sektor campuran masih terbuka setalah pada laga empat besar lainnya, Juara Dunia Junior 2010, Liu Cheng/Bao Yixin berhasil memupus harapan terakhir tuan rumah, Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah. Duel yang berdurasi selama hampir 1 jam ini berlangsung seru dan ketat. Setelah menang 21-17 di set pertama dan kandas 10-21 di set berikutnya, Lee/Chau secara dramatis pada gim ketiga mampu merebut 4 poin beruntun untuk menyamakan kedudukan di angka 20 bahkan berbalik unggul 21-20. Sayangnya keberuntungan masih menjadi milik Liu/Bao sehingga lebih dulu menamatkan set ketiga, 23-21 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: