Bulutangkismania's Weblog

November 24, 2013

Hong Kong Open SS 2013 : Hendra, “Kami Terburu-buru, Banyak Mati Sendiri”

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 8:15 am

Hong Kong 2013Tiga kali kekalahan beruntun yang dialami oleh Lee Yong Dae atas Ahsan/Hendra saat masih bersama partner lamanya Ko Sung Hyun di turnamen Malaysia Open SS 2013, Indonesia Open SS Premier 2013 dan Singapore Open SS 2012 langsung dibayar ‘tunai’ oleh Lee saat menggandengan Yoo Yeon Seong dengan 3 kemenangan berturut-turut.

 

Meskipun sudah terdapat perubahan signifikan dari strategi dan pola permainan yang dilakoni oleh Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (1) saat menjajal sang nemesis, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong dibandingkan dengan dua laga sebelumnya, faktor non teknis yaitu banyaknya kesalahan sendiri membuat posisi mereka yang sudah unggul berbalik menjadi tidak menguntungkan khususnya di poin-poin krusial.

 

Tampil menekan dengan serangan drive-drive cepat, bola-bola flick, pengembalian yang memanjang yang dipadu dengan variasi serangan dan pertahanan yang solid di depan net membuat Ahsan/Hendra sebenarnya lebih unggul dibandingkan sang penantang, Ko Sung Hyun/Lee Yong Dae. Meskipun hanya selisih 1-2 angka dan kembali disamakan oleh Lee/Yoo, poin pasangan Korea Selatan lebih banyak diraih dari kesalahan sendiri yang dilakukan oleh Ahsan/Hendra dengan mengembalikan bola teruru-buru sehingga membentur net, melebar keluar lapangan atau terlalu mengambang di atas bibir net.

 

Usai ketinggalan 20-22 di gim pertama, peluang Ahsan/Hendra untuk memperpanjang nafas ke gim ketiga kembali terbuka saat mereka mampu menerapkan strategi yang sama dan konsisten untuk tetap solid melakukan serangan ke area pertahanan Lee/Yoo. Paska jeda interval, Ahsan/Hendra yang merebut 4 poin beruntun terus memimpin perolehan angka hingga kedudukan 19-17. Reli-reli dan permainan cepat serta akurasi pertahanan yang disajikan oleh kedua pasangan juga mengundang decak kagum dan tepuk tangan para penonton.

 

Sayangnya momentum di titik krusial ini tak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Ahsan/Hendra yang kembali pada kebiasaan buruknya seperti pada set pertama. Kesalahan depan net saat gagal menyebrangkan bola serta serta pengembalian yang melebar dari arena pertandingan kembali membuat Lee/Yoo bangkit dan menyamakan angka di titik 19. Game point lebih dulu dikantongi oleh Ahsan/Hendra namun 3 poin beruntun yang di raih tandem sang negeri ginseng menutup peluang Indonesia untuk melakukan revans, 20-22.

 

“Ahsan/Hendra sudah menemukan pola pas untuk meredam Lee/Yoo, tadi sudah diterapkan Ahsan/Hendra dan berhasil. Hanya, Ahsan/Hendra kurang beruntung, di gim pertama dan kedua sudah unggul tapi membuat kesalahan sendiri,” kata Herry IP seperti yang ditulis situs badmintonindonesia.org.

 

Hal senada juga diungkapkan oleh Hendra dan Ahsan. Banyaknya kesalahan sendiri karena terburu-buru di saat unggul di gim pertama dan kedua membuat posisi berbalik menguntungkan pasangan Korea.

 

“Kami terlalu terburu-buru, sehingga banyak mati-mati sendiri. Tetapi seperti yang disebutkan pelatih, kami sudah menemukan cara bermain yang pas untuk melawan mereka. Soal stamina juga tidak ada masalah, walaupun di perempat final bermain ketat,” papar Hendra.

 

“Setelah ini kami mesti latihan lebih keras lagi. Hari ini kami masih belum bisa menembus Lee/Yoo, mereka tidak mudah dimatikan dan jarang membuat kesalahan sendiri. Tapi kami tak cuma mau fokus pada Lee/Yoo saja, masih banyak lawan lain yang juga berbahaya, pokoknya akan dievaluasi semua,” timpal Ahsan.

 

Kemengan ini memupuskan harapan Indonesia untuk meloloskan wakil dari sektor ganda ke babak final sekaligus memastikan gelar ganda putra menjadi milik sang negeri ginseng setelah pada laga semi final lainnya, Kim Ki Jung/Kim Sa Rang (4) membukukan kemenangan dari pasangan Inggris, Chris Adcock/Andrew Ellis, 21-13, 21-14 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: