Bulutangkismania's Weblog

November 24, 2013

Hong Kong Open SS 2013 : Langkahi Tommy, Sony Tantang Chong Wei

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 8:14 am

Hong Kong 2013Pada turnamen Malaysia Open SS 2013 yang lalu saat ditundukkan Lee Chong Wei dengan skor telak 7-21, 8-21 menjadi kekalahan terburuk yang dialami oleh Sony atas Lee dalam perjalanan karirnya. Kali ini Sony kembali berpeluang memperbaiki rekor 8 kali kalah dari pertemuan sebelumnya atas Lee usai memetik kemenangan atas kompatiotnya, Tommy Sugiarto (5).

 

Lee Chong Wei lebih dulu memastikan dirinya ke partai puncak setelah memetik kemenangan atas jagoan Thailand, Boonsak Ponsana (8). Unggul dalam pertahanan sertai pandai mengatur tempo serangan, Lee mendominasi jalannya pertandingan dengan olahan bola di depan net serta smash-smash kerasnya. Dalam laga berdurasi 33 menit tersebut, Lee menyudahi perlawanan Boonsak, 21-12, 21-7.

 

Sementara itu duel yang tersaji antara sesama pemain Indonesia harus terhenti di set kedua karena cedera kuku kaki jempol kanan yang dialami oleh Tommy. Sony yang mendominasi serangan dan penempatan bola, masih mengandalkan permainan taktisnya dengan reli-reli sembari mencari momentum untuk lencarkan serangan. Menghadapi Tommy yang lebih bermain defensif, Sony memetik kemenangan 21-14 di gim pertama.

 

Saat kedudukan 8-3 untuk keunggulan Sony di set kedua, Tommy akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri karena sudah tidak mampu menahan sakit pada kuku kaki jempol kanannya. Kondisi yang membuat Tommy kesulitan untuk berjalan ini memaksanya harus mengundurkan diri dari pertandingan dan menyerahkan kemenangan untuk Sony.

 

“Masalah ini sebetulnya sudah lama saya alami, kadang muncul kadang hilang. Tadi rasanya sakit sekali, sudah tidak bisa saya tahan lagi. Kalau kesentuh ujung sepatu saja sakit, apalagi kalau berjalan atau berlari,” papar Tommy seperti yang dilansir situs PBSI.

 

“Karena cedera ini, saya merasa tidak tampil maksimal, harusnya bisa lebih baik lagi. Terlepas dari itu, mas Sony juga tampil bagus, dia kelihatan makin percaya diri setelah bangkit dari cederanya,” sambung Tommy.

 

Sony sendiri mengakui bahwa bertanding dengan rekan sesama Pelatnas membuatnya lebih kenal dengan kelemahan dan keunggulan sang lawan.

 

“Melawan teman sendiri, saya sudah tahu kelemahan dan kekuatannya di mana. Saya juga mainnya tenang dan tidak buru-buru. Di turnamen ini saya tampil rileks, nothing to lose tapi tetap yakin dan fokus,” tutur Sony.

 

“Saya memang diuntungkan dengan mundurnya Tommy, karena saya hanya bermain satu setengah game. Semoga kondisi Tommy cepat pulih dan bisa bertanding lagi,” lanjutnya kemudian.

 

Mengenai lawannya di partai final, Lee Chong Wei, yang sempat menundukkannya dengan skor telak pada awal tahun ini, Sony ternyata memiliki keyakinan sendiri.

 

“Yang terpenting adalah kesiapan dari diri saya, mau lawan siapa pun tidak masalah asalkan saya punya persiapan baik. Saya ingin memperbaiki penampilan saya yang sempat menurun,” papar  Sony.

 

“Di final bertemu Chong Wei, ya dihadapi saja. Tiap pemain pasti punya keinginan untuk menang, termasuk saya yang juga ingin menang atas Chong Wei. Peluang saya untuk menang tetap terbuka,” pungkasnya kemudian.

 

Hal senada juga diungkapkan oleh sang pelatih, Joko Suprianto. Joko juga menegaskan bahwa Sony harus mampu meredam permainan depan yang diperagakan oleh Lee.

 

“Peluang Sony untuk menang tetap ada. Sony harus bisa meredam permainan depan, jangan terpancing bola-bola datar,” urai Joko (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

