Bulutangkismania's Weblog

Desember 12, 2013

BWF World Superseries Finals 2013 : Baru Pulih Cedera, Tommy Tampil Kurang Meyakinkan

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 9:29 am

2013 SS FinalsDua pemain tunggal putra Indonesia yang sama-sama berada di grup B, memulai laga perdana mereka dengan saling ‘membunuh’ satu sama lain. Sony Dwi Kuncoro yang pekan lalu menjadi runner up Hong Kong Open SS 2013, mengulang dominasinya atas Tommy Sugiarto melalui pertarungan dua gim.

 

Sony Dwi Kuncoro yang secara pengalaman dan kematangan memang lebih baik dari Tommy Sugiarto sukses merebut kemenangan pertamanya di turnamen ini. Unggul dalam variasi serangan yang dikombinasikan dengan penempatan bola di titik-titik tak terjaga, Sony langsung tancap gas di gim pertama 5-1 hingga 11-6 saat jeda interval. Meskipun Tommy sempat mengejar dan menyamakan kedudukan di angka 19, Sony tetap mampu tampil tenang dengan ritmenya sendiri dan terus fokus sembari menunggu momentum yang tepat untuk mengeksekusi serangan. Tommy yang justru balik tertekan harus rela kehilangan set pertama, 19-21.

 

Anti klimaks justru dialami oleh Tommy pada set kedua. Banyaknya kesalahan sendiri yang dilakukan oleh putra dari Icuk Sugiarto tersebut kian memberikan peluang bagi Sony untuk terus mendominasi dan mengontrol pertandingan. Memimpin jauh 18-4, Sony tanpa kesulitan menyudahi perlawanan Tommy, 21-10.

 

“Di pertandingan tadi saya bermain normal. Saya berusaha untuk menikmati pertandingan, rileks dan terus fokus. Hanya saya lihat memang justru Tommy sendiri yang banyak melakukan kesalahan sendiri, apalagi di gim kedua,” komentar Sony.

 

Tommy sendiri mengakui faktor cedera yang dialaminya beberapa waktu yang lalu membuatnya tak mampu bermain maksimal.

 

“Saya baru pulih dari cedera, dan baru berlatih satu minggu jelang pertandingan ini. Di lapangan tadi pun saya pun masih agak trauma dengan cedera, jadi banyak melakukan kesalahan sendiri karena memang jadinya kurang yakin,” ujar Tommy.

 

Kemenangan Sony membuatnya sukses bertengger di peringkat teratas sementara grup B dan selanjutnya akan menghadapi wakil Jepang, Kenichi Tago. Tago sendiri juga berhasil memetik kemenangan atas jagoan Hong Kong, Hu Yun melalui pertarungan rubber game ketat, 20-22, 24-22, 21-17. Meskipun mencatat kemenangan sempurna 7 kali dari 7 pertemuan, Sony mengaku tak terlalu memikirkan rekor tersebut dan memilih untuk tetap fokus pada pertandingannya.

 

“Melawan Tago saya sudah sering bertemu, tapi saya tidak memikirkan apakah saya akan menang atau kalah, saya lebih menitikberatkan untuk terus berkonsentrasi, rileks, dan menikmati pertandingan yang saya jalani,” ungkap Sony.

 

Meskipun kalah, Tommy masih tetap berpeluang melaju ke semi final apabila mampu memetik kemenangan di dua laga berikutnya atas Hu Yun dan Kenichi Tago.

 

Sementara itu pada grup yang berbeda, andalan tuan rumah Lee Chong Wei masih belum menemui hambatan berarti dari lawan-lawannya. Menghadapi pemain muda China, Wang Zhengming, Lee menang dua set langsung, 21-10, 21-18.

 

Duel seru justru dilakoni oleh penghuni grup A lainnya, Jan O Jorgensen dan Boonsak Ponsana. Meskipun senantiasa tertinggal dalam perolehan poin, Boonsak tak lantas menyerah mudah dan mampu menyamakan kedudukan hingga angka krusial 19-19. Sayangnya dua pengembalian yang kurang sempurna membuatnya harus rela menyerahkan set pertama untuk sang lawan, 21-19.

 

Perkasa di gim kedua dengan memanfaatkan banyak peluang yang diberikan dengan mudah oleh Jorgensen membuat Boonsak unggul 21-13 sekaligus memaksakan laga rubber game. Sayangnya peluang di gim penentuan tak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Boonsak yang kerap melakukan kesalahan sendiri dan memberikan kesempatan Jorgensen untuk menekan pertahanannya. Tunggal Thailand tersebut akhirnya dipaksa menyerah, 11-21 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: