Bulutangkismania's Weblog

Desember 12, 2013

BWF World Superseries Finals 2013 : Tahun Ketidakberuntungan Saina Nehwal

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 9:28 am

2013 SS FinalsSaina Nehwal sempat membukukan prestasi terbaiknya dan bertengger di peringkat 2 dunia hingga pertengahan tahun 2013. Namun memudarnya kiprah pemain nomor satu India tersebut kian terasa khususnya di sepanjang tahun ini dimana tidak satupun turnamen Superseries yang mampu dilewatinya hingga babak final.

 

Menambah daftar panjang ketidakberuntungan Saina Nehwal di tahun ini selain belum mampu mengoleksi satupun mahkota Superseries adalah Saina beberapa kali justru tersandung oleh para pemain yang nota bene berperingkat tak lebih baik darinya. Seperti pada tiga turnamen Superseries terakhir yang dijalaninya, Saina langsung tersingkir di babak 16 besar oleh Bae Yeon Ju, Sun Yu dan Porntip Buranaprasertsuk.

 

Tak jauh berbeda, menyambung hasil kurang memuaskan di turnamen sebelumnya, kali ini Saina yang diunggulkan di tempat teratas grup B sudah harus menelan kekalahan dini dalam laga tiga gim saat ditantang oleh pemain yang justru berperingkat paling rendah di grupnya, Minatsu Mitani.

 

Dalam laga berdurasi lebih dari satu jam tersebut, Saina sempat membuka peluang dengan merebut gim pertama, 21-19. Namun paska jeda interval gim kedua saat memimpin 11-7, momentum justru berbalik menjadi milik Mitani yang tampil ulet dengan permainan relinya dan senantiasa mampu memiliki jawaban dari setiap serangan dan penempatan bola yang coba dijejalkan oleh Saina yang dua tahun lalu mampu menjadi runner up turnamen ini.

 

Duel seru dan saling mengejar angka pun tak dapat dielakkan. Saling memimpin dengan selisih 1-2 poin berlanjut hingga skor 19-19. Meskipun sempat tiga kali Saina mampu mematahkan peluang match point Mitani, keberuntungan yang lebih berpihak kepada wakil negeri sakura tersebut membuatnya mampu mengunci Saina, 24-22.

 

Momentum kembali dikantongi oleh Saina saat sukses mendominasi perolehan poin dan serangan di set ketiga. Meluncur dari titik 9-5 hingga 16-12, pintu kemenangan sebenarnya sudah berada di depan Saina. Namun sayangnya kecerobohan kembali dilakukan oleh Saina yang kerap kurang sabar meladeni bola-bola sulit Minatsu. Usai menyamakan kedudukan di angka 17, Minatsu kembali menunjukkan konsistensinya dan balik menekan Saina sehingga sukses memastikan kemenangan 21-19.

 

Namun meskipun kalah di laga pertamanya, peluang Saina tetap terbuka untuk melenggang ke empat besar selama bisa menorehkan hasil yang lebih baik dari dua pesaing lainnya di grup ini, Li Xuerui dan Bae Yeon Ju. Xuerui sendiri memuncaki sementara grup B setelah mencatat kemenangan telak atas Bae, 21-9, 21-7.

 

Sementara itu pada grup lainnya, Wang Shixian masih tetap kokoh di puncak klasemen sementara dengan memetik kemenangan dua gim langsung, 21-16, 23-21 atas Tai Tzu Ying, disusul oleh Sung Ji Hyun yang juga menang atas Porntip Buranaprasertsuk melalui perjuangan rubber game, 21-19, 8-21, 21-16 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: