Bulutangkismania's Weblog

Desember 13, 2013

BWF World Superseries Finals 2013 : Sony dan Tommy Tetap Berpeluang

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 1:13 pm

2013 SS FinalsDua hasil berkebalikan dialami oleh wakil tunggal putra Indonesia di babak penyisihan grup B turnamen BWF World Superseries Finals 2013. Sony Dwi Kuncoro gagal mempertahankan rekor tujuh kali menang tanpa balas atas Kenichi Tago sedangkan Tommy Sugiarto justru meraih kemenangan yang relatif mudah sang lawan, Hu Yun.

 

Menghadapi lawan yang senantiasa mampu ditaklukannya, Kenichi Tago, pemain senior Indonesia Sony Dwi Kuncoro kali ini harus mengakui ketangguhan dan semangat juang sang lawan setelah melewati laga rubber game. Tampil dominan di gim pertama dengan permainan menekan dan pertahanan solid, Sony yang unggul jauh 13-6 mampu menutup dengan kemenangan 21-12.

 

Kembali melanjutkan permainan agresifnya di set kedua, Sony kembali memimpin jauh perolehan angka set kedua hingga 15-7. Namun sayangnya di titik ini Sony tak mampu melanjutkan konsistensinya dan mulai mengendorkan ritme permainan. Berasa mendapatkan ‘angin’, Tago memanfaatkan peluang yang ada dengan 5 poin beruntun sebelum akhirnya menyamakan kedudukan di titik 16 bahkan mampu berbalik unggul 19-16. Meskipun Sony berhasil kembali melevelkan skor, keuletan dan kegigihan Tago akhirnya terbayar saat merebut dua poin beruntun dan memaksakan rubber, 21-19.

 

Anti klimaks di gim ketiga, Sony berbalik justru sering tertinggal dalam perolehan poin. Tago mendapatkan momentumnya saat memetik 4 angka berturut-turut dan menyentuh titik krusial 18-14. Meskipun Sony mencoba untuk mendekat dan mempercepat tempo dengan tampil lebih ngotot, selisih angka yang terlalu jauh memaksa Sony akhirnya menyerah, 17-21.

 

Dengan hasil ini Tago berhasil menggeser posisi Sony sebagai juara grup hari pertama dengan catatan 2 kemenangan tanpa kalah. Harapan Indonesia lainnya, Tommy Sugiarto akan menjadi penantang Tago dan apabila berhasil menang maka penetuan juara grup di lakukan dengan penghitungan jumlah gim yang dimainkan.

 

Tommy sendiri usai menelan kekalahan dari Sony Dwi Kuncoro di laga sebelumnya berhasil menuai kemenangan perdananya atas jagoan Hong Kong, Hu Yun dalam pertandingan yang relatif mudah. Memimpin jauh 13-8, Tommy mengunci Hu Yun 21-9.

 

Tak jauh berbeda dengan gim pertama, Tommy tak menemui banyak kesulitan di set kedua untuk kembali mendominasi pertandingan. Meskipun sempat melakukan beberapa kesalahan sendiri, karena terburu-buru ingin menyelesaikan pertandingan, Tommy akhirnya memperbaiki kesalahannya di paruh akhir gim. Unggul jauh 18-11 Tommy memastikan kemenangannya 21-16 sekaligu membuka peluang untuk melangkah lebih jauh di turnamen ini.

 

“Saya sebetulnya tidak menyangka bisa menang dengan skor yang cukup telak di gim pertama, saya mencoba menerapkan strategi menyerang. Dan di gim pertama ini saya berhasil meraih angka cukup banyak, jadi saya meneruskannya sampai gim pertama selesai,” kata Tommy.

 

“Di gim kedua saya memang sempat terburu-buru untuk menyudahi permainan, tapi akhirnya saya mencoba untuk tetap tenang dan sabar kendati lawan memang tengah mengejar, dan akhirnya saya mencoba untuk sedikit memperlambat tempo permainan,” lanjutnya kemudian.

 

“Peluang untuk bisa lolos dari Grup B ini masih ada, saya harus bisa menang dari Tago jika ingin lolos. Karena Tago satu-satunya pemain di Grup B ini yang belum pernah kalah, besok saya akan berusaha untuk tampil sebaik mungkin dan akan berusaha untuk memenangkan pertandingan,” tutup Tommy.

 

Sementara itu Lee Choong Wei masih perkasa di grup A dengan kembali mengantongi kemenangan straight set atas Boonsak Ponsana, 21-6, 21-8. Kemenangan Jan O Jorgensen atas Wang Zhengming 21-9, 21-10 memastikan tiket semi final menjadi milik mereka dan keduanya hanya akan memperebutkan posisi juara grup A pada laga hari ketiga (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: